Mana yang Lebih Sukses, Youtuber atau Blogger? Ini Perbandingannya

Youtube dan blog adalah media online yang banyak diandalkan untuk menambang pundi rupiah. Uang yang didapatkan dari youtube dan blog tergolong banyak dan menguntungkan. Jumlahnya bahkan tak terbatas, tergantung dari banyaknya view yang didapat. Jika konten yang dibuat berkualitas maka lebih banyak pengingklan yang siap memberikan uang kepada Anda.

Blog dan youtube sama-sama berbasis online di internet. Keduanya bisa dijangkau oleh siapa pun tanpa mengenal identitas dan usia. Lantas, jika dijadikan sebagai sumber penghasilan, mana yang lebih sukses, youtuber atau blogger? Untuk mengetahui jawabannya cobalah menyimak penjelasan berikut ini:

Perbandingan Modal Menjadi Youtuber dan Blogger

youtuber atau blogger

Sebelum memilih jadi youtuber atau blogger, Anda perlu gambaran seputar budget atau biaya yang dibutuhkan. Berkarir di youtube atau blog tentu membutuhkan modal yang berbeda. Setidaknya ada 3 hal utama yang berpengaruh, seperti:

1.      Tools

Tools atau peralatan adalah hal pertama yang membedakan antara blogger dan youtuber. Blog adalah media yang didominasi oleh konten berupa tulisan-tulisan, sehingga modal utamanya cenderung kecil. Secara teori, Anda hanya membutuhkan sebuah laptop saja untuk media menulis.

Di sisi lain, youtube adalah platform yang berisi konten-konten berbasis video. Karena itu, untuk berkarier di sini ada banyak peralatan yang harus disiapkan. Minimal Anda harus memiliki sebuah kamera sebagai alat untuk merekam video. Jadi, lebih banyak uang yang harus disiapkan jika ingin menjadi youtuber.

2.      Editing

Dari segi editing, youtube juga cenderung lebih rumit dibandingkan blog. Proses editing video membutuhkan sotware tertentu yang harus dibeli terlebih dahulu. Kemudian, jika skill editing Anda kurang, maka harus memikirkan dana untuk menyewa editor.

Sementara untuk blog, proses editing cenderung lebih mudah dan murah. Anda bisa mengedit konten tulisan sendiri tanpa menggunakan software tertentu atau menyewa seorang editor. Hanya saja, meng-upgrade tampilan website perlu dilakukan sesekali agar tidak terlihat membosankan. Nah di sinilah uang harus dikeluarkan untuk menyewa jasa orang lain.

3.      Tim

Youtuber dan Blogger juga punya  formasi tim yang sedikit berbeda. Di youtube Anda membutuhkan kameramen, editor, tim kreatif dan lain-lain. Sementara untuk blog, Anda bisa menjalankan semuanya tanpa bantuan orang lain. Sebab, sistem kerja seorang blogger memang lebih praktis dan fleksibel.

Persaingan di Youtube Lebih Kompetitif

Jika bertanya mana yang lebih sukses, youtuber atau blogger, maka perlu juga melihat kondisi di lapangan. Dari segi persaingan, youtube dianggap lebih kompetitif dan lebih kompleks. Di sini Anda akan bersaing dengan jutaan conten creator untuk adu kreatifitas dalam membuat konten. Untuk mencapai titik sukses memang butuh perjuangan yang lumayan berat. Namun, ketika sudah berhasil maka uang bisa didapatkan dengan nominal yang tidak terbatas.

Blog bukannya tidak ada saingan seperti youtube. Di sini Anda akan beradu kata antar sesama blogger, mencari tema yang sekiranya disukai oleh pembaca. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Sehingga, secara tidak langsung hal ini akan mengurangi saingan Anda nanti.

AdSense Youtube dan Blog, Mana yang Lebih Menghasilkan?

Secara hitung-hitungan, blog punya sistem bagi hasil yang lebih menguntungkan. Pembagian keuntungan dari blog kurang lebih adalah 68% dan 32%. Sementara youtube pembagian keuntungannya adalah 55% dan 45%.

Namun, fakta di lapangan menunjukkan kalau lebih banyak youtuber yang sukses menjadi miliarder. Youtube memang menjadi platform populer yang banyak mendatangkan penonton. Berbeda dengan blog yang daya jangkaunya  kecil dan tidak terlalu luas. Apalagi, tidak semua orang suka membaca sehingga mempengaruhi jumlah view seorang blogger.

Kesimpulannya, Jadi Youtuber atau Blogger?

Kesimpulannya, mana yang lebih sukses, youtuber atau blogger? Ada beberapa pertimbangan sebelum menentukan pilihan menjadi blogger atau youtuber, seperti:

Blogger untuk Anda yang Hobi Menulis

Blogging membutuhkan skill yang berkaitan dengan kepenulisan, bahasa, dan jurnalistik. Jika Anda menguasai beberapa hal-hal tersebut maka bisa memilih menjadi seorang blogger. Kemudian pastikan juga kalau Anda memiliki passion besar di bidang kepenulisan.

Youtube untuk Si Kreatif yang Hobi Ngonten

Bagi tipikal orang kreatif dan senang eksis, sebaiknya pilihlah platform youtube untuk berkarir. Bila Anda menikmati proses pembuatan sebuah konten seperti menciptakan ide, editing dan sebagainya, maka youtube adalah pilihan yang tepat. Apalagi, tidak semua orang bisa menulis sehingga blogging cocok hanya untuk orang-orang tertentu saja.

Baca juga : 7 Cara Dapat Uang dari YouTube untuk Pemula

Pertimbangkan Ketersediaan Budget

Lalu bagaimana jika Anda hobi ngonten tetapi juga senang menulis? Nah cobalah untuk menghitung dulu budget yang Anda miliki. Jika budget yang dimiliki banyak, kami menyarankan untuk memilih platform youtube saja. Namun jika dana yang dimiliki terbatas, mencoba menjadi blogger pun tidak menjadi masalah.

Jadi, mana yang lebih sukses, youtuber atau blogger? Semuanya tergantung passion dan pilihan masing-masing.

Tags: mana yang lebih sukses youtuber atau blogger pilih mana youtuber atau blogger youtuber atau blogger

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar