Jangan Panik Dulu! Inilah 6 Cara Cepat Bayar Hutang Bank

Cara cepat bayar hutang bank – Urusan utang piutang sering kali menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Memang di tengah semua kebutuhan hidup yang terus naik setiap hari, berhutang adalah alternatif terakhir untuk tetap bisa masuk dalam lingkaran roda kehidupan sehari-hari. Ada banyak alasan kenapa orang memilih jalan hutang untuk mencukupi kebutuhannya. Ada yang memang membutuhkan uang untuk membangun usahanya sendiri. namun ada juga yang rela menghutang hanya untuk menutupi hutang sebelumnya yang belum terbayar. Kemungkinan kedua tersebut biasanya berakhir dengan hutang yang menumpuk bahkan mustahil untuk dilunasi.

Sebenarnya tidak ada masalah jika anda hanya berhutang dengan saudara anda atau teman dekat anda yang memang benar-benar memahami kondisi anda. Namun bagaimana jika anda lebih memilih berurusan dengan bank untuk meminjam hutang? Tentu urusannya tidak sesederhana itu lagi. Anda akan terus dibayang-bayangi tagihan akhir bulan yang harus anda bayarkan.

Nah, jika anda sedang mencari cara cepat bayar hutang bank, maka di bawah ini adalah beberapa caranya.

Jadikan Hutang Anda Prioritas

 Hutang Bank sebagai prioritas Anda

Hutang Bank sebagai prioritas Anda

Hutang di bank tidak seperti hutang kepada teman atau saudara dekat anda. Hutang yang lama di biarkan di bank akan terus tumbuh bunganya. Jadi semakin lama anda membayarnya, semakin besar hutang yang harus anda kembalikan. Anda tentu tidak mau jika seumur hidup harus hidup untuk membayar hutang-hutang anda kan? Nah, langkah pertama yang perlu anda ambil adalah membuat hutang anda di bank sebagai prioritas. Maksudnya, anda harus memberikan perhatian lebih dan memasukkan angsuran bulanan bank ke dalam daftar teratas kebutuhan bulanan anda. Jangan sampai angsuran bulanan bank tergusur oleh keperluan yang tidak penting atau hanya sekedar menuruti keinginan sesaat saja. Tanamkan dalam pikiran bahwa semakin di undur angsuran yang anda bayar, maka semakin besar utang yang harus dikembalikan.

Hutang adalah Motivasi dalam Bekerja

Bekerja Keras

Bekerja Keras

Memang terkadang dalam bekerja, anda akan merasakan kejenuhan yang luar biasa. Biasanya anda akan kehilangan fokus dan menjadi malas-malasan. Nah, sifat seperti sebaiknya anda hindari. Jika anda memang mengambil hutang untuk membuka sendiri usaha anda, tentunya usaha anda juga tidak bisa berkembang jika anda hanya bermalas-malasan. Maka sebaiknya anda membuat hutang anda motivasi dalam melakukan pekerjaan anda. Bagaimanapun, hutang tidak akan terbayar jika pemasukan dari kerja anda tidak pernah sepadan. Kalau perlu, gunakan inovasi-inovasi terbaru untuk terus meningkatkan pemasukan dari pekerjaan anda. Dengan begitu, di satu sisi usaha berkembang, di sisi lain, pemasukan untuk membayar angsuran juga tercukupi.

Tenangkan Diri

Cara cepat bayar hutang bank selanjutnya adalah dengan tetap menguasai pikiran dan hati. Anda tidak bisa terus-terusan panik memikirkan hutang anda yang menumpuk. Efek yang paling buruk adalah justru anda menjadi semakin tidak produktif atau malah anda sakit karena beban pikiran anda sendiri. Jika sudah seperti itu, lalu siapa yang akan membayar hutang anda? Makanya, meskipun kondisi anda sedang terlilit sekarang, anda perlu untuk tetap berpikir jernih. Tata emosi dan hati anda supaya jalan keluar terlihat lebih jelas bagi anda.

Bicaralah dengan Pihak Bank

Bicara dengan pihak bank

Bicara dengan pihak bank

Langkah selanjutnya adalah dengan berbicara dengan pihak bank. Anda bisa melakukan negosiasi jika di rasa hutang yang anda punyai terlalu berat untuk di bayar. Anda bisa menceritakan pekerjaan yang anda geluti, penghasilan, bahkan jumlah keluarga kepada pihak bank untuk mendapatkan keringanan dalam pembayaran hutang. Jika anda cukup beruntung, pihak bank akan memberikan beberapa keringanan seperti penurunan bunga pinjaman, penambahan masa pengembalian, dan beberapa kebijakan bank lainnya.

Manajemen Keuangan Pribadi

Nah, ini juga poin penting. Saat bertekad membayar hutang bank dengan tepat waktu, maka anda harus mengatur siklus keuangan anda sendiri. Anda tidak bisa mengeluarkan uang untuk keperluan-keperluan yang tidak terlalu penting dan spontan. Jika memang ada keperluan yang mendadak dan penting, berarti anda harus memangkas anggaran lain dalam daftar belanja bulanan anda. Catat setiap pengeluaran harian anda entah dalam usaha ataupun rumah tangga. Meski sederhana, dari situ anda bisa melihat mana yang membutuhkan banyak pengeluaran ekstra dan mana yang tidak perlu.

Buat Inovasi

Cara selanjutnya adalah dengan membuat inovasi yang sekiranya bisa menambah penghasilan anda dalam sebulan. Anda juga bisa mencari pekerjaan sampingan atau membuat produk-produk sederhana yang bisa terus memberikan anda masukan meski sedikit. Dengan begitu, mungkin saja anda bisa menutup hutang anda ke bank tanpa anda sadari lagi.

Nah, itulah beberapa cara cepat bayar hutang bank yang bisa anda coba. Melunasi hutang memang bukan urusan mudah. Selalu ada kendala di dalamnya. Namun semua kembali kepada seberapa kuat tekad anda untuk terbebas dari hutang bank tersebut selama-lamanya.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Cepat Bayar Hutang Bank Cara Cepat Bayar Hutang Bank

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Jangan Panik Dulu! Inilah 6 Cara Cepat Bayar Hutang Bank"

    Inilah Situs Tempat Beli Paket Data Termurah dan Terpercaya
    Situs tempat beli paket data termurah –
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal
    5 Peran Digital Marketing untuk Bisnis di Indonesia
    Peran digital marketing untuk bisnis di Indonesia
    5 Pendiri Startup Paling Sukses di Indonesia
    Pendiri startup paling sukses di Indonesia –

    Tinggalkan Balasan