3 Ide Usaha Untuk Single Parent Agar Lebih Mandiri

Ide usaha untuk single parent – Menyandang status single parent atau orang tua tunggal jadi sebuah beban berat karena banyak munculnya ketimpangan. Hal ini berlaku bagi semua orang tua, pria maupun wanita.

Namun di sisi lain, status single parent adalah tantangan. Bagaimana mereka harus keluar dari kesulitan, terutama ketika secara bersamaan harus membesarkan anak sekaligus menjaga roda ekonomi tetap balance.

Tidak ada seorangpun yang punya cita-cita menjadi single parent. Namun persoalannya bukan lagi penyebab mengapa mereka harus menjadi orang tua tunggal. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana mereka bisa membagi waktu untuk tetap dekat dengan buah hati, sekaligus tetap memprioritaskan pekerjaan supaya tetap produktif secara finansial.

Anda tidak perlu cemas meskipun harus menjadi orang tua tunggal. Logikanya sama saja, menjadi orang tua tunggal atau tidak Anda tetap dibekali akal untuk menciptakan ide-ide usaha supaya kondisi ekonomi tetap stabil dan anak bisa tumbuh dewasa tanpa kekurangan kasih sayang sedikitpun.

Nah, jika Anda sosok orang tua mandiri dan pantang menyerah, berikut ini ide usaha untuk single parent yang layak Anda coba.

PR dan Konsultan

PR (public relation) adalah satu dari beberapa peluang usaha untuk single parent yang bisa dicoba. Menjadi entrepreneur tak hanya meng-cover finansial namun juga memberi Anda kebebasan seluas-luasnya dalam hal membagi waktu. Kapan waktu untuk anak, untuk pekerjaan, dan tentunya waktu untuk diri sendiri.

Jika kurang tertarik dengan PR mungkin Anda bisa coba pekerjaan sebagai konsultan. Konsultan apa saja sesuai passion Anda. Mungkin konsultan karir, pernikahan, atau konsultan perencanaan keuangan. Apapun yang penting sesuai dengan pengalaman juga kompetensi yang Anda miliki.

Yang harus digarisbawahi bahwa untuk menjadi PR atau konsultan ‘senjata’ yang harus dipersiapkan adalah mental dan confidence, baru kemudian skill. Intinya dua profesi ini harus benar-benar mengerti keluhan dan kebutuhan klien.

Social Media Influencer

Social Media Influencers

Social Media Influencers

Orang-orang ‘masa lalu’ lebih menganggap sosial media hanya sebatas hiburan, bahkan tak jarang ada yang mengatakan hanya bikin orang malas dan buang-buang waktu. Namun lihatlah sosmed seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan beberapa lainnya kini banyak memunculkan sosial media influencer.

Dengan kreativitas yang dimiliki, para social media inflencer ini menyisipkan produk-produk iklan ditengah aktivitas di sosmed mereka. Dan faktanya, dari situ mereka banyak menghasilkan uang.

Bukan hanya keuntungan finansial namun jenis pekerjaan ini cenderung lebih fleksibel. Artinya tidak ada keterikatan jam kerja sehingga kapan waktu bersama anak dan kapan untuk pekerjaan bisa diatur sendiri. Bisa dikatakan profesi ini termasuk solusi single parent paling rasional.

Intinya Anda bisa bekerja dimana saja selagi masih ada koneksi internet. Tidak melulu dikerjakan di rumah, bisa di jalan atau ketika Anda sedang hang out atau traveling. Tidak perlu berangkat pagi-pagi pulang malam hari seperti pekerja kantoran kebanyakan.

Tipsnya mungkin hanya soal koneksivitas dengan orang lain dan secara intens berinteraksi dengan mereka menggunakan bahasa yang baik. Ketika pergaulan Anda semakin luas, semakin besar peluang bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama untuk mempromosikan produk mereka.

Disini kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar sangat membantu Anda untuk bertahan dan berkembang di bisnis ini. Tentunya tidak sulit terus update mengenai dunia social media karena mau tidak mau Anda harus mempelajari semua hal di sosmed, termasuk cara yang benar berinteraksi secara online.

Produsen Kue Kering dan Catering

Jangan menganggap remeh ide usaha buat wanita single parent yang satu ini sebab faktanya justru ini menjadi profesi favorit single mom. Alasannya tentu saja karena berhubungan dengan dapur. Memasak adalah aktivitas rutin para ibu sehingga membuat kue kering hampir pasti menjadi salah satu hobi mereka.

Bisnis kue kering dan catering bahkan sering dianggap ‘penyelamat’ keuangan keluarga, terutama bagi wanita single parent yang tidak memiliki skill menjadi PR, konsultan, atau profesi lain yang membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu.

Bisnis Kue Kering tahan lama

Bisnis ini juga tidak butuh modal besar. Yang penting ulet, tekun dan disiplin. Sedikit berbeda dari profesi lain mungkin Anda harus bangun lebih awal, mungkin jam 3 pagi sudah harus belanja ke pasar baru kemudian memasak.

Setelah selesai memasak lalu menyiapkan kebutuhan sekolah anak-anak sambil mengantarkan pesanan. Awalnya mungkin sulit namun kedekatan dengan buah hati tanpa mengabaikan pekerjaan tentu menjadi penyemangat tersendiri bagi wanita single parent.

Bahkan dengan semangat tersebut bukan tidak mungkin bisnis kue kering dan catering akan berkembang pesat. Banyak produsen-produsen kue kering yang sukses menjadi pengusaha besar. Dan tak sedikit dari mereka yang berangkat dari single parent.

Menjadi single parent memang berat, namun akan lebih berat lagi jika Anda tidak punya solusi untuk melepaskan beban berat tersebut. Kondisi finansial Anda berantakan dan masa depan anak-anak ikut terancam. Segeralah mencari solusi atau salah satu ide usaha untuk single parent diatas bisa Anda coba.

 

 

 

 

Загрузка...

Tags: Ide Usaha untuk Single Parent peluang usaha untuk Single Parent

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar