3 Ide Bisnis Bagi Lulusan Ekonomi yang Patut Dipertimbangkan

Ads

Ide bisnis bagi lulusan ekonomi – Ilmu ekonomis secara garis besar mempelajari bagaimana masyarakat tersebut mengambil, mengelola dan juga mengalokasikan daya yang terbatas. Ilmu ekonomi tersebut dibagi menjadi dua yaitu mikro dan makro, mikro pusat pembelajarannya adalah pasar individu baik itu struktur maupun para pemainnya, sedangkan makro adalah ilmu ekonomi yang lebih besar dimana berhubungan dengan skala nasional maupun dengan internasional. Bisa dikatakan jika jurusan ekonomi adalah salah satu yang paling favorit sebab peluang kerja dari mahasiswa tersebut cukup luas, selain itu bisa juga dengan membuka bisnis yang mana sesuai dengan ilmu yang sudah digelutinya selama di bangku kuliah. Bagi yang tidak ingin terikat jam bisa membuka bisnis. Ada beberapa ide bisnis bagi lulusan ekonomi yang menarik untuk digeluti contohnya seperti berikut ini:

Jasa Analisis Keuangan

Analisis Keuangan

Analisis Keuangan

Ide bisnis bagi lulusan ekonomi yang bisa dilakukan adalah membuka jasa analisis keuangan. Banyak sekali yang membutuhkan jasa ini untuk mengetahui kondisi keuangan yang sedang dialami oleh perusahaannya. Anda bisa menerima data yang diberikan oleh klien kemudian memberikan kesimpulan apakah keuangan yang ada pada perusahaan tersebut sehat atau tidak. Analisis keuangan ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana masa depan perusahaan selanjutnya, selain itu keuangan yang tidak sehat bisa diperbaiki dengan cepat sehingga tidak menimbulkan dampak yang lebih parah lagi.

Jasa Konsultan Manajemen

konsultan manajemen

konsultan manajemen

Peluang bisnis bagi lulusan ekonomi yang bisa dilakukan adalah membuka jasa konsultan manajemen. Konsultan manajemen ini tugasnya adalah sebagai pengatur dari strategi kepegawaian. Tujuan dari manajemen ini untuk membuat pegawai di perusahaan benar-benar efektif dan juga produktif. Ada perusahaan yang justru pegawainya overload sehingga roda operasional perusahaan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Terutama jika banyaknya pegawai tersebut tidak diimbangi dengan pemasukan yang positif bagi perusahaan bisa menyebabkan kerugian. Di sinilah peran sarjana ekonomi diperlukan. Semakin bagus Anda memberikan manajemen tersebut maka semakin terkenal jasa yang diberikan sehingga banyak yang menggunakan jasa Anda tersebut untuk manajemen perusahaannya.

Jasa Akuntan Publik

Jasa Akuntan Publik

Jasa Akuntan Publik

Bisnis yang bisa digeluti oleh lulusan sarjana ekonomi selanjutnya adalah jasa akuntan publik.  Anda bisa membuka bisnis berupa kantor akuntan publik. Untuk bisa menjadi akuntan publik Anda harus mengikuti tes USA atau Ujian Sertifikasi Akuntan Publik. Hanya yang lolos ujian saja yang bisa menjadi seorang akuntan publik. Banyak orang yang sukses dengan bisnis ini, sehingga tidak ada salahnya Anda menggelutinya. Di Jogja sudah ada banyak kantor akuntan publik yang terkenal misalnya saja adalah Kantor Akuntan Publik Drs. Abdul Muntalib, Drs. Hadiono, Akuntan Publik Drs. Henry Susanto dan lain sebagainya. Tugas dari akuntan publik seperti berikut ini:

General Audit Services

Melakukan pemeriksaan yang objektif dimana laporan keuangan disertai dengan pendapat tentang penyajian laporan keuangan tersebut. Untuk ruang lingkupnya disesuaikan dengan jenis auditnya.

Layanan Investigasi

Anda bisa memberikan layanan khusus berupa mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh manajemen sehingga masalah tersebut bisa diatasi dengan baik dan benar.

Representation

Layanan yang bisa diberikan oleh akuntan publik adalah representation yang mana Anda disuruh mewakili atau menjadi kuasa klien dalam mengurus berbagai macam masalah tertentu. Anda bisa menjadi kuasa klien dalam mengurus perpajakan, mengurus pendaftaran efek, perundingan, perburuhan dan lain sebagainya.

Assistance Services

Assistance services tugasnya adalah memberikan layanan atau jasa bermacam-macam, sehingga bisa dikatakan jasa yang bisa diberikan oleh akuntan publik sangat beragam.  Bantuan yang bisa diberikan adalah menyusun sistem yang baru, pembukuan, restitusi pajak dan masih banyak lagi lainnya.

iklan

Sarjana ekonomi memiliki prospek kerja yang bagus, selain itu juga banyak bisnis yang bisa digelutinya yang mana tidak jauh-jauh dari ilmu yang dipelajarinya selama di bangku kuliah.  Selama di bangku kuliah pun mahasiswa ekonomi akan mendapatkan pelatihan yang beragam untuk bisa membuat skill yang mereka miliki semakin terasah. Hampir setiap elemen perusahaan membutuhkan lulusan sarjana ekonomi untuk menganalisa keuangan perusahaan. Namun bagi yang ingin mandiri bisa menggeluti ide bisnis bagi lulusan ekonomi seperti yang telah dijelaskan di atas sesuai dengan skill, minat dan passion yang dimiliki.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

ide bisnis jurusan ekonomi -ide bisnis sarjana ekonomi manajemen -ide usaha untuk sarjana -

Tags: daftar Ide bisnis bagi lulusan ekonomi Ide bisnis bagi lulusan ekonomi Ide bisnis bagi lulusan ekonomi 2017 Ide bisnis bagi lulusan ekonomi 2018 Ide bisnis bagi lulusan ekonomi modal kecil Ide bisnis bagi lulusan ekonomi terbari

Posting Terkait "3 Ide Bisnis Bagi Lulusan Ekonomi yang Patut Dipertimbangkan"

5 Tips Berbisnis Orang Cina Paling Sukses yang Perlu Anda Contoh
Tips berbisnis orang cina paling sukses –
3 Penyebab Usaha Bangkrut dan Cara Mengatasinya Ini Perlu Dipertimbangkan
Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya –
4 Contoh Ide Usaha Pinggir Jalan Paling Laris Manis
Ide usaha pinggir jalan paling laris –
4 Jenis Usaha yang Cocok Untuk Lulusan SMP
Usaha yang cocok untuk lulusan SMP –

Tinggalkan pesan "3 Ide Bisnis Bagi Lulusan Ekonomi yang Patut Dipertimbangkan"