4 Ide Usaha Untuk Fresh Graduate Yang Ditolak Bekerja

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Ide Usaha untuk Fresh Graduate – Setelah lulus kuliah tidak serta merta seseorang langsung mendapat pekerjaan. Status fresh graduate tidak menjamin tersedianya pekerjaan tapi hanya memperbesar peluang mendapat pekerjaan sesuai latar belakang pendidikan.

Wajar jika seseorang mengusung optimisme tinggi mendapatkan pekerjaan pasca lulus kuliah. Tentu saja gelar akademis menjadi ‘senjata’ utama. Namun kadang fakta bicara lain, bahkan banyak sarjana yang harus menunggu bertahun-tahun baru mendapatkan pekerjaan tetap.

Mencari pekerjaan ibarat kompetisi sepak bola. Modal skill tinggi saja tidak cukup namun juga butuh keberuntungan. Demikian juga dengan fresh graduate, ketika kurang beruntung mereka butuh ide usaha supaya tidak di cap sarjana pengangguran.

Bagi teman-teman yang baru lulus kuliah dan masih menunggu panggilan kerja atau bahkan sudah lelah ditolak saat interview, sudah nggak jaman hanya ongkang-ongkang kaki di rumah sambil nonton tivi. Ini ide usaha untuk fresh graduate yang bisa kalian coba.

Tour Guide Paruh Waktu

Bukan kebetulan namun peluang usaha setelah lulus kuliah ini memang pas buat fresh graduate yang hobi traveling. Terlebih jika kalian suka bersosialisasi didukung kemampuan berbahasa asing yang mumpuni.

Sambil menunggu pekerjaan yang kalian mau, tour guide paruh waktu bisa jadi adalah pilihan profesi paling menarik. Kalian bisa jalan-jalan gratis dan berinteraksi dengan banyak orang sekaligus mendapat banyak uang.

Akan lebih bagus lagi jika punya kemampuan berbahasa asing. Kalian akan dipercaya menjadi pendamping setia para wisatawan asing yang sedang berlibur. Selain bahasa asing kalian tidak butuh skill khusus. Yang penting punya kepribadian menarik dan komunikatif.

Di tempat kalian pasti ada beberapa tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Nah, disitu pasti ada agency yang membutuhkan tour guide. Namun jika tidak ada, kalian masih bisa mencarinya di internet atau sosial media.

Penyedia Jasa di Situs Freelancer

Ide usaha untuk fresh graduate yang ini mungkin juga menjadi hobi kalian. Menjadi freelancer atau pekerja lepas memberi banyak manfaat. Bukan hanya masalah keuangan saja yang terpecahkan namun skill kalian juga tetap terasah. Pekerjaan ini juga tidak ada hubungannya dengan gelar pendidikan kalian.

Dalam hal ini skill memang dibutuhkan. Namun di jaman serba digital ini apa saja mudah dipelajari, termasuk skill. Tentu saja jika ada kemauan. Kalian bisa semakin sukses di bisnis ini jika sering mengikuti workshop, atau terjun langsung ke seminar-seminar untuk menambah pengalaman.

Kalian bisa menjadi penyedia jasa di situs freelancer, misalnya menjadi content writer. Jika kalian punya hobi menulis, pekerjaan sampingan ini bisa menjadi ladang uang. Kalian juga tidak perlu kemana-mana. Jika butuh referensi tingga cari di internet. Jika hasil tulisan kalian bagus tentu tidak susah mendapatkan banyak klien.

Yang perlu diperhatikan, kalian harus konsisten dengan pekerjaan ini. Konsisten artinya konten yang dihasilkan harus tetap bagus meski berbeda klien. Mengapa? Karena calon klien baru biasanya akan melihat review dari klien-klien yang sudah menggunakan jasa kalian, bahkan tak jarang mereka juga meminta referensi.

Garis besarnya, portofolio kalian yang semakin baik akan lebih bermanfaat dibanding misalnya kalian menunggu orang lain memberi modal untuk membuka usaha. Toh penghasilan yang kalian dapat dari freelance ini bisa ditabung dan dipakai buat modal jika kelak ingin membuka bisnis.

Guru Les Privat

Ide usaha untuk fresh graduate ini sedikit banyak memang membutuhkan ilmu yang kalian dapat di bangku kuliah. Untuk sekarang memang banyak sekolah-sekolah yang menerapkan sistem belajar full day. Tapi toh masih banyak murid yang keteteran, artinya mereka masih kesulitan menerima dan memahami pelajaran yang mereka dapat di sekolah.

Guru les privat

Nah, ini kesempatan kalian untuk membantu meningkatkan prestasi akademik mereka. Kalian bisa daftar menjadi salah satu pengajar di bimbel, atau masuk agency khusus penyedia jasa les privat. Banyak sekali pilihannya, bahkan kalian bisa langsung menghubungi orang tua yang membutuhkan guru les.

Tidak perlu takut kehilangan waktu nonton tivi, main gadget atau hang out bareng teman-teman. Kalian hanya perlu menyisakan waktu 2-3 jam untuk pekerjaan ini. Jadi jangan takut waktu kalian akan banyak tersita.

Bisnis Online Shop

Dibanding sebelum-sebelumnya mungkin bisnis online shop lebih menjanjikan bagi fresh graduate, termasuk prospek kedepannya. Mengapa? Karena bisnis ini tak lekang jaman, bahkan kalian masih bisa mengelolanya meskipun sudah mendapat pekerjaan tetap.

Sebenarnya bukan hanya fresh graduate saja, siapapun bisa menggeluti bisnis ini termasuk ketika kalian masih berstatus mahasiswa. Bisnis online shop bisa dikendalikan lewat mana saja. Sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Youtube adalah media paling tepat untuk mempromosikan produk yang  kalian jual.

Entah sebagai dropshipper atau punya modal sendiri, bisnis online akan sangat menjanjikan jika kalian mengelolanya dengan benar.

Terlepas pentingnya sebuah pengalaman, freelance atau pekerjaan yang tetap muaranya tetaplah sama yaitu UANG. Jadi selagi membutuhkan uang sementara pekerjaan tetap belum kalian dapat, 4 ide usaha untuk fresh graduate diatas bisa kalian coba.

 

Загрузка...

Tags: ide usaha untuk fresh graduate peluang usaha untuk fresh graduate

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar