5 Ide Kerja Sampingan di Masa Pandemi yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selama pandemi Covid-19, kebanyakan orang melakukan pekerjaan secara online atau daring. Para pekerja tidak lagi harus selalu berangkat ke kantor setiap hari seperti biasanya. Sebab, sebagian aktivitas akan dilakukan dari rumah atau work from home.

Selama WFH, masyarakat memiliki waktu luang yang lebih banyak dari sebelumnya. Aktivitas yang tadinya tersusun dan terjadwal, kini menjadi fleksibel dan dapat diatur sesuai kebutuhan.  Nah, hal inilah yang memungkinkan siapa saja untuk memiliki pekerjaan sampingan di rumah masing-masing.

Kerja sampingan di masa pandemi

Kerja sampingan di masa pandemi bisa memberikan keuntungan tersendiri. Bagaimana tidak, Anda bisa mendapatkan double income atau pendapatan ganda tanpa harus bekerja di dua perusahaan. Cukup menjalankan bisnis dari rumah, maka pendapatan bulanan Akan terus bertambah. Selain itu, menjalankan bisnis sampingan di rumah juga bisa membuang perasaan jenuh atau bosan. Ada banyak ide bisnis sampingan yang mungkin cocok untuk dijalankan, seperti di antaranya:

Bisnis Dropship yang Nyaris Tanpa Modal

Menjadi dropshipper adalah pilihan pertama yang patut dicoba. Bisnis ini memungkinkan Anda untuk punya usaha sendiri tanpa membutuhkan modal banyak. Anda hanya perlu menjual barang atau produk kepada konsumen tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Sebab, supplier lah yang akan mengirimkan barang, namun tetap atas nama kita.

Ada banyak pilihan barang yang bisa dipasarkan ke konsumen. Namun, ada baiknya agar tetap memilih produk yang sesuai dengan passion Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memahami kondisi pasar dan mengerti dengan target yang dituju. Sehingga, proses promosi dan pemasaran pun menjadi semakin mudah. Selain itu, bisnis yang dijalankan atas dasar hobi tidak akan terasa begitu berat.

Intinya, kendala modal bukan menjadi masalah untuk menjalankan bisnis. Selama punya keinginan yang kuat maka bisnis apa pun bisa dijalankan. Salah satunya adalah dengan melakukan bisnis dropshipping ini.

Daftarkan Diri di Situs Freelance

Mendaftarkan diri di situs Freelance juga patut untuk dicoba. Banyak pilihan pekerjaan yang bisa dikerjakan, seperti salah satunya adalah penerjemah. Bila Anda memiliki skill bahasa asing yang baik, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk menambah penghasilan bulanan.

Pekerjaan lainnya yang tersedia di situs Freelance adalah transcriber. Menjadi seorang transcriber patut diperhitungkan sebab punya prospek dan gaji yang lumayan. Dalam satu jamnya, seorang transcriber bisa memperoleh hingga 200 ribuan, tergantung dengan projek yang sedang dikerjakan. Cara kerjanya cukup mudah, di mana Anda hanya perlu menyalin ucapan yang dikatakan ke dalam bentuk tulisan.

Di situs Freelance juga tersedia berbagai pilihan pekerjaan lainnya seperti judging, survey, data collecting dan sebagainya. Nah kalau Anda punya waktu luang yang ingin dimanfaatkan, maka tak ada salahnya untuk mendaftarkan diri.

Menjadi Penulis Harian Lepas

Kerja sampingan di masa pandemi lainnya adalah menjadi penulis harian lepas. Bagi yang mempunyai hobi menulis atau mengarang, maka dapat mengirimkan hasil tulisannya di website tertentu agar dibayar. Cukup banyak jenis tulisan yang dibutuhkan di internet, mulai dari cerita fiksi, non-fiksi, artikel, berita, dan lain sebagainya. Intinya, kebutuhan akan penulis di internet akan selalu ada dan tersedia. Jadi, pilihan pekerjaan menjadi penulis juga patut diperhitungkan jika ingin memperoleh penghasilan tambahan.

Menjual Hasil Jepretan Kamera

Menjual hasil jepretan  ke internet juga dapat memberikan penghasilan yang lumayan. Apalagi untuk foto yang kualitasnya baik dan dengan momen yang pas, maka harga jualnya bisa tinggi. Beberapa foto bahkan punya harga jual hingga jutaan rupiah. Nilai ini tentunya sangat besar dan bisa menambah penghasilan Anda.

Pekerjaan ini sangat cocok dipilih oleh mereka yang memang punya hobi fotografi. Namun, patut juga dicoba oleh mereka yang mencari peruntungan. Kesempatan mendapatkan uang bisa didapat hanya bermodalkan kamera saja. Nah, jika Anda memiliki koleksi foto yang menganggur, maka tak ada salahnya untuk mem-posting­ pada website yang mau membayar foto Anda.

Bisnis Budidaya Ikan

Ide bisnis terakhir yang patut dicoba adalah beternak ikan atau budidaya ikan. Bisnis ini menjadi pilihan yang cukup populer karena dianggap mudah dan menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk membuat kolam tempat ternak ikan. Biaya membuat kolam tidak selalu mahal dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Baca juga : Kenali Bagaimana Cara Budidaya Ikan Mas Dengan Benar

Dalam proses budidaya ikan, Anda tidak harus selalu mengurus kolam setiap saat. Cukup memberikan makan secara teratur, membersihkan kolam saat kotor, dan memanennya ketika sudah waktunya.  Biasanya, ternak ikan hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulanan saja untuk panen. Omsetnya pun sangat lumayan, bahkan bisa melebihi gaji utama Anda.

Itulah penjelasan tentang kerja sampingan di masa pandemi yang bisa dilakukan di rumah. Semoga penjelasan kami informatif dan bisa memberikan ide pekerjaan untuk Anda.

Tags: daftar Kerja sampingan di masa pandemi Kerja sampingan di masa pandemi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar