Franchise atau Usaha Sendiri, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Memilih franchise atau usaha sendiri? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang dimiliki oleh setiap pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis. Bagaimana tidak? Tujuan keduanya, baik franchise ataupun usaha sendiri, adalah sama yakni mendapatkan keuntungan serta menambah kekayaan pelaku usaha. Selain itu, terdapat pertimbangan-pertimbangan yang saling mempengaruhi antara dua pilihan tersebut sehingga membuat calon pelaku usaha cukup bingung untuk memilih mana yang lebih menguntungkan.

Sebenarnya baik franchise ataupun usaha sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua itu yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum menentukan langkah dalam dunia bisnis. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dijabarkan mengenai apa saja yang kelebihan serta kekurangan dari franchise serta usaha sendiri sehingga Anda dapat mengambil keputusan secara tepat.

Berbagai Pertimbangan Jika Memilih Bisnis Franchise atau Waralaba

Bisnis Franchise

Sekedar informasi, franchise atau waralaba merupakan kerjasama yang dilakukan oleh pemilik usaha dan pelaku usaha dengan system bagi hasil berdasarkan perjanjian yang telah disepakai oleh kedua belah pihak. Dalam hal ini, perusahaan franchise telah memiliki sistem bisnis yang teruji sehingga potensi memperoleh keuntungan pun semakin besar.

Kelebihan Bisnis Franchise

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjalankan bisnis waralaba. Di antaranya  adalah sebagai berikut:

  1. Brand dan Merek Dagang Sudah Diakui

Menjadi pelaku bisnis franchise berarti Anda dapat menggunakan merek dagang dan brand perusahaan waralaba. Ini adalah keuntungan yang sangat besar mengingat untuk membangun sebuah bisnis dari nol bukanlah hal yang mudah.

  1. Popularitas Produk

Produk yang Anda jual dalam bisnis franchise tentunya sudah dikenal oleh masyarakat luas sehingga Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk mempromosikan produk tersebut.

  1. Pemilihan Lokasi Strategis

Dalam dunia bisnis, pemilihan lokasi strategis mempunyai andil yang sangat besar untuk menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Untuk itu, dalam bisnis waralaba, perusahaan akan membantu memilihkan lokasi yang strategis bagi Anda untuk menjalankan bisnis tersebut.

  1. Promosi Bersama

Jika memang nantinya bisnis waralaba membutuhkan promosi, maka pewaralaba tak perlu repot karena langkah promosi akan dilakukan bersama dengan perusahaan waralaba.

Kekurangan Bisnis Franchise

Sebelum menentukan apakah Anda harus memilih franchise atau usaha sendiri, Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari sistem bisnis yang satu ini. Di antaranya adalah:

  1. Terlalu Terpaku pada Konsep

Pada dasarnya, pelaku bisnis waralaba merupakan cabang dari perusahaan pusat. Dengan kata lain, ada konsep, mekanisme, serta sistem yang harus diikuti sesuai prosedur. Bagi pebisnis yang memiliki jiwa kreatif, tentu saja ini akan sangat mengganggu.

  1. Biaya Royalti Mahal

Sekedar informasi, besaran royalty yang dibayarkan oleh pelaku franchise kepada perusahaan tidaklah murah. Umumnya Anda harus mempersiapkan modal yang cukup besar demi memperoleh izin usaha.

  1. Taruhan Reputasi

Apabila nantinya terdapat outlet lain yang melakukan kesalahan sehingga menyebabkan nama baik merek dagang waralaba, maka otomatis usaha Anda juga akan tercoreng namanya.

  1. Kepemilikan yang Terbatas

Setiap pelaku usaha waralaba harus terikat perjanjian dengan perusahaan waralaba. Dalam perjanjian tersebut, penyewa merek dagang waralaba tidak diperbolehkan menjual bisnisnya untuk orang lain.

  1. Supplier yang Terbatas

Dalam setiap bisnis waralaba, perusahaan telah menentukan tiap supplier yang bertugas untuk memberikan stok barang. Pelaku usaha jgua tidak diperkenankan membeli bahan atau barang dagangan dari pihak ketiga.

Pertimbangan Jika Anda Memilih Menjalankan Usaha Sendiri

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba, Anda juga harus mempertimbangkan apa saja kekurangan dan kelebihan ketika menjalankan bisnis sendiri. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah harus bergabung dengan franchise atau usaha sendiri.

Kelebihan Usaha Sendiri

  1. Memiliki Merek Dagang Sendiri

Ketika membangun bisnis sendiri, Anda memiliki kebebasan mutlak untuk menentukan segala hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Mulai dari produk yang akan dijual, target pasar, hingga mekanisme penjualan.

  1. Lokasi

Selain itu, setiap lokasi yang menurut Anda cukup strategis dapat dipilih dengan mudah tanpa harus mengikuti standar serta prosedur persyaratan yang ribet.

  1. Keuntungan yang Tak Terbatas

Berbeda dengan bisnis waralaba yang mengharuskan pelaku bisnis memberikan royalti, Anda dapat memperoleh semua keuntungan 100 persen ketika menjalankan bisnis sendiri.

  1. Bebas Memilih Supplier

Pelaku usaha mandiri pun bebas memilih siapa saja yang dapat menjadi supplier untuk menyokong kebutuhan barang pada usaha mereka. Dengan begitu, Anda dapat memilih tiap supplier yang lebih menguntungkan untuk bisnis.

  1. Kepemilikan Penuh

Jika nantinya Anda merasa bahwa usaha yang dijalankan tak lagi memberikan keuntungan, Anda dapat dengan bebas menjual atau berpindah bisnis. Ini karena semua bisnis tersebut merupakan milik Anda sepenuhnya.

Kekurangan Bisnis Sendiri

Adapun kekurangan dari bisnis sendiri adalah:

  1. Risiko Tinggi

Seperti yang dijelaskan di atas, membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudha. Ini karena pelaku bisnis harus melakukan riset pasar dan semua hal yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

  1. Strategi Bisnis yang Belum Teruji

Berbeda dengan bisnis waralaba, usaha mandiri memiliki strategi bisnis yang masih belum teruji potensi keuntugannya. Dengan begitu, Anda harus membangun dan mencari strategi seperti apa yang tepat untuk bisnis itu.

  1. Promosi Terbatas

Kekurangan lainnya adalah promosi yang Anda lakukan terbatas pada outlet yang Anda miliki. Jika nantinya Anda ingin memperluas target dan jangkauan promosi, maka dibutuhkan modal yang tak sedikit untuk hal tersebut.

Memilih Bisnis yang Tepat untuk Dijalankan

Anda telah mengetahui masing-masing keuntungan dari bisnis waralaba dan usaha sendiri. Tugas Anda adalah mencermati setiap peluang serta risiko bisnis tersebut. Selain itu, pertimbangkan juga bisnis mana yang lebih sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah harus menjalankankan bisnis franchise atau usaha sendiri.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara membangun brand franchise sendiri -contoh merk dari usaha sendiri dan usaha bersama -usaha franchise -

Tags: franchise atau usaha sendiri memilih franchise atau usaha sendiri pilih mana franchise atau usaha sendiri

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Franchise atau Usaha Sendiri, Mana yang Lebih Menguntungkan?"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    1. author

      Rizaldy Siddiq Panggabean5 bulan agoBalas

      Untuk memulai sebuah bisnis Kuliner, tanpa Franchice… Perlu mengadakan “Survey Pasar”.

      Bagai mana cara kerja Survey Pasar tersebut. Terimakasih.

      • author

        carainvestasibisnis5 bulan agoBalas

        Untuk survey pasar bisa dimulai dr lokasi tempat usaha yg akan didirikan, misalnya apa yg blm ada di radius 500m-1km? Apa produk yg sedang digemari saat ini? Atau konsep bisnis apa yg sedang hits? Tempat makan mana yg selalu ramai pembeli? Ini bisa dijadikan contoh nantinya. Anda jg bisa melakukan “wawancara” pada keluarga, saudara, teman & tetangga mengenai produk yg menarik buat mereka. Mungkin itu beberapa ide yg dapat Anda kembangkan lebih luas lagi. Semoga bermanfaat .. salam sukses!

    Tinggalkan Balasan