Intip 5 Daftar Pekerjaan yang Akan Digantikan Oleh Mesin

Perkembangan teknologi digital pastinya telah membuat berbagai jenis pekerjaan kini bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi, jika dilihat dari sudut pandang lain, kondisi seperti ini justru akan mengancam lapangan kerja manusia karena bisa digantikan oleh mesin. Pasalnya pesatnya perkembangan teknologi dan artificial intelligence (AI) kini sudah berhasil menciptakan sistem kerja baru secara digital.

Ingin tahu apa saja daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin di masa mendatang seiring dengan perkembangan teknologi? Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Sopir

Sopir adalah salah satu dari berbagai jenis pekerjaan yang terancam hilang karena adanya teknologi mobil otonom atau self driving car yang ada saat ini. Mobil tersebut dirancang untuk bisa pergi dan berkendara tanpa harus dikendarai oleh seorang pengemudi. Dengan adanya artificial intelligence (AI), hal tersebut sangat memungkinkan terjadi.

Hal ini terbukti dengan perusahaan teknologi seperti Tesla yang terus mengembangkan mobil otonom. Hal inipun bisa membuat pekerjaan untuk sopir bisa tergantikan oleh AI di masa mendatang. Maka dari itu, kebutuhan untuk memperkerjakan seorang sopir semakin sedikit seiring berjalannya waktu. Semua pengendalian mobil nantinya akan tergantikan oleh AI dengan teknologi self driving car.

2.      Akuntan

Akuntan adalah salah satu jenis pekerjaan dengan lapangan pekerjaan yang luas. Akan tetapi seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, pekerjaan tersebut juga memiliki peluang untuk tergantikan oleh robot. Menteri keuangan, Sri Mulyani bahkan pernah menyebutkan jika dalam beberapa tahun ke depan berbagai jenis profesi seperti akuntansi, jasa penilaian, dan aktuaria akan digantikan oleh robot.

Sri Mulyani juga mengatakan bahwa jasa penilaian, akuntansi, dan aktuaria bisa jadi akan digantikan oleh sistem robot yang bisa menjalankan semua tugasnya. Salah satu contohnya adalah teknologi untuk menggantikan profesi penilai adalah Automated Valuation Model (AVM). Sistem tersebut merupakan salah satu metode penilaian yang menggunakan permodelan matematika dan nantinya akan dikombinasikan dengan database.

Baca juga:  Berbisnis Sesuai Passion Terbukti Sukses, Persiapkan Sembilan Hal Ini

3.      Teller bank

Daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin ketiga adalah Teller Bank. Teller bank sendiri adalah salah satu jenis pekerjaan yang sering dijumpai ketika mengunjungi bank. Tugas teller bank sendiri adalah memberikan layanan penarikan dana, transfer dan penyetoran uang dari konsumen. Selain itu pekerjaan ini juga bertugas untuk memeriksa kas dan menghitung transaksi harian dengan menggunakan komputer, kalkulator, dan mesin penghitung lainnya.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu berbagai tugas tersebut diperkirakan bisa digantikan dengan adanya mesin ATM otomatis dan atificial intelligence (AI) yang bisa mengelola keuangan nasabah dengan bantuan sistem algoritma yang sesuai.  Keberadaan teknologi canggih ini pun membuat profesi teller bank menjadi terancam dengan hadirnya berbagai mesin atau robot tersebut.

4.      Kasir

Kasir adalah jenis lapangan pekerjaan paling luas yang sudah ada sejak dulu. Akan tetapi pekerjaan ini sepertinya akan segera tergantikan oleh robot yang lebih canggih. Pasalnya kini sudah ada berapa minimarket di Korea Selatan yang sudah menggunakan komputer berbasis AI dalam membantu melakukan transaksi, seperti membayar dan memberi kembalian uang. Contoh lainnya adalah Amazon yang saat ini sudah menggunakan mesin pada bagian packaging dan pembayaran.

Dengan demikian, profesi kasir pun kini menjadi daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin dan membuat peluang kerja semakin menurun. Kemajuan teknologi ini juga bisa menjadi masalah karena saat ini banyak kasir yang bekerja di berbagai supermarket dan minimarket. Dalam jangka waktu dekat, mungkin mereka semua akan digantikan oleh robot yang lebih canggih dan tak menimbulkan human error ketika melakukan tugasnya.

5.      Apoteker

Terakhir, orang yang bekerja sebagai seorang apoteker juga terancam digantikan oleh robot atau mesin. Hal ini dikarenakan dengan kemajuan teknologi akan memungkinkan mesin mampu membuat dosis, packaging, menerima dan membuat pesanan sesuai permintaan pelanggan. Mesin-mesin ini tentunya akan memperkecil risiko human error yang sering dilakukan oleh apoteker pada umumnya.

Baca juga:  Tips Membuat Web Toko Online Yang Sukses

Dengan begitu, tidak akan ada lagi kesalahan ketika membuat dan memberikan obat sesuai permintaan konsumen. Seiring berjalannya waktu profesi apoteker akan tergantikan oleh mesin yang didukung dengan AI. Kabar terbaru mengatakan jika saat ini UCSF Medical Center mampu mengoperasikan sistemnya dengan baik dan menghasilkan 350.000 dosis obat tanpa terjadi kesalahan.

Baca juga : 5 Contoh Ide Bisnis Kreatif dalam Bidang Teknologi yang Menjanjikan

Secara keseluruhan, penjelasan di atas adalah 5 daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin. Tak bisa dipungkiri lagi rasanya bila perkembangan teknologi selalu berhasil menghasilkan inovasi baru yang akan memudahkan pekerjaan manusia. Terlebih lagi setelah adanya AI yang mampu bekerja secara otomatis sekaligus juga konsisten. Akan tetapi kemajuan teknologi tersebut mampu mengancam manusia kehilangan pekerjaan mereka. Sebab kini ada berbagai jenis mesin yang mampu menggantikan tugas dan pekerjaan manusia dengan baik dan minim kesalahan.

Tags: daftar pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Tinggalkan pesan "Intip 5 Daftar Pekerjaan yang Akan Digantikan Oleh Mesin"