Cara Menghitung Dana Pensiun Supaya Aman di Masa Tua

Cara menghitung dana pensiun bisa membantu anda untuk merencanakan masa tua anda dengan baik. Tentu tidak ada satu pun yang ingin masa tuanya sengsara. Karena itu semua harus dipersiapkan dari sekarang. Apabila saat ini anda sedang berusia 30 tahun, maka anda harus cemas. Kenapa? Karena 25 tahun lagi usia anda akan menginjak 55 tahun.

Dimana dalam usia tersebut adalah rata-rata kebanyakan orang pensiun dari pekerjaanya. Pertanyaanya adalah apakah anda sudah memiliki dana pensiun tersebut? Kalau belum, anda harus memutar otak mencari caranya.  Perlukah anda menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempersiapkan dana di masa tua? Jawabannya adalah YA PERLU!

Panduan Menghitung Dana Pensiun

cara menghitung dana pensiun

cara menghitung dana pensiun

Perlu diketahui dalam cara menghitung dana pensiun ini bahwa penerapannya berbeda-beda untuk setiap orang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari gaya hidup yang diinginkan, jumlah orang yang ditanggung, penyakit yang diderita, tunggakan yang harus dibayarkan dan lain sebagainya. Dengan penerapan sebagai berikut maka akan membantu anda mengkalkulasikan dana yang diinginkan untuk pensiun itu sendiri:

1. Matangkan Rencana Anda

Anggap saja saat ini anda sedang berusia 25 tahun dengan gaji sebesar Rp 8 juta per bulan. Anda ingin menikmati masa tua dengan travelling dan menggeluti berbagai hobi yang diinginkan. Anda juga ingin di masa pensiun nanti tidak punya cicilan utang, tanggungan pendidikan anak dan lain sebagainya. Untuk bisa memenuhi itu semua, anda pun memperkirakan butuh sekitar Rp 6 juta per bulan untuk memenuhi semua keinginan tersebut.

2. Gunakan Rumus Ini

Kini anda bisa menyusun bagian terpentingnya, yakni menyusun Present Value, Rate Per Period dan Of Period. Apa saja artinya?

  • Present Value adalah uang yang rencananya akan anda tabungkan yaitu Rp 6 juta
  • Rate Per Period adalah perkiraan kenaikan inflasi sebesar 5 persen, yang kemudian dibagi 12 bulan. Dari sini ditemukan bahwa Rate Per Period untuk inflasi 5 persen adalah 0.416 persen.
  • Of Period adalah total tahun x 12 bulan. Misal anda hendak mengumpulkan uang Rp 6 juta rutin per bulan selama 30 tahun. Maka hasilnya adalah 30 tahun x 12 bulan = 360.

Dari rumus cara menghitung dana pensiun di atas, ditemukan bahwa anda tidak bisa begitu saja menabung Rp 6 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan pensiun 30 tahun di masa depan. Jika mempertimbangkan inflasi dan lain sebagainya, maka alih-alih menabung Rp 6 juta per bulan, anda harus menabung Rp 26.7 juta per bulan untuk mencapai financial freedom saat pensiun kelak.

Anggaplah masa pensiun anda adalah 13 tahun (156 bulan). Maka setidaknya dana yang anda butuhkan adalah Rp 26.7 juta x 156 = Rp 4.1 Miliar. Jumlah yang tentunya sangat besar dan akhirnya menimbulkan pertanyaan baru. Dari mana bisa dapat uang sebanyak itu?

3. Siapkan Dana Pensiun Dengan Cara Ini

Selanjutnya, anda juga harus memiliki strategi tepat dalam menyiapkan dana pensiun itu sendiri. Dana tersebut setidaknya harus anda penuhi ketika sedang berada pada usia yang produktif. Jawaban terbaik untuk mempersiapkannya adalah dengan mencicil uang pensiun sejak dini. Tapi kemana? Jawabannya adalah ke produk investasi. Nah, dari sinilah selain pemahaman tentang cara menghitung dana pensiun, anda juga harus merencanakan dengan baik kemana nantinya anda akan menginvestasikan uang yang dimiliki.

Ada banyak instrumen investasi yang tentu bisa anda pergunakan. Anda bisa memilih saham, reksadana, dan lain sebagainya. Dimana dengan memanfaatkan instrumen tersebut anda akan bisa berpeluang memperoleh imbal hasil 10 sampai dengan 15 persen. Yang jelas, pilihlah instrumen investasi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Lalu pastikan bahwa imbal hasil yang diperoleh pun juga sesuai dengan kebutuhan.

Kapan ini sebaiknya anda persapkan? Secepatnya! Bahkan ketika anda berusia 25 tahun sekalipun, anda bisa mencicil tabungan untuk masa tua anda.

Bersiap Sejak Dini, Masa Depan Akan Aman Sentosa

Beberapa hal dalam mempersiapkan masa tua memang terlihat begitu rumit untuk diaplikasikan. Nyatanya, anda harus benar-benar memikirkan hal ini sekarang sebelum nantinya semua sudah terlambat di masa mendatang.

Jangan sampai di masa tua anda sengsara dan tidak punya pegangan penghasilan sama sekali. Buat masa tua anda semakin nyaman dengan memiliki dana yang cukup untuk digunakan. Yang jelas, anda sebaiknya menghilangkan semua keraguan tersebut sejak dini. Jangan takut untuk berinvestasi di instrumen yang tepat. Masa tua yang bahagia itu dirancan sejak awal. Bukan tiba-tiba kekayaan datang begitu saja.

Anda tidak bisa selamanya terus-menerus bekerja dan mencari uang. Ada kalanya anda harus memikirkan beberapa hal lainnya. Jangan sampai ketika masa tua nanti datang, anda malah menggantungkan diri pada pemberian orang tua. Terapkan cara menghitung dana pensiun yang tepat dan ciptakan masa tua yang sejahtera penuh kebahagiaan.

 

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Menghitung Dana Pensiun Cara Menghitung Dana Pensiun Tips Menghitung Dana Pensiun

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar