6 Cara Jitu Terbebas dari Hutang Pinjol Paling Ampuh

Ingin tahu bagaimana cara terbebas dari hutang pinjol? Saat ini sering terdengar banyak korban yang terjerat hutang pinjaman online dan tidak sanggup melunasinya hingga tagihan terus membengkak puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Pinjaman online sendiri memang dikenal sebagai penyedia jasa pembiayaan dengan syarat yang sangat mudah dan prosesnya pun sangat cepat.

Sekilas Tentang Pinjaman Online

Hutang Pinjol

Hutang Pinjol

Sebelum membahas tentang cara keluar dari pinjaman online, alangkah baiknya jika Anda pahami dulu apa itu pinjaman online dan bagaimana sistemnya.

Pinjaman online merupakan salah satu wujud dari perusahaan fintech peer to peer atau P2P lending. P2P lending sendiri merupakan sebuah sistem yang bertugas mempertemukan calon peminjam dana atau borrower dan pemberi pinjaman atau lender melalui sebuah platform aplikasi online.

Sistem dari P2P ini adalah, investor yang merupakan lender bertugas menyediakan dana yang nantinya akan dipinjam oleh borrower. Lender akan mendapatkan keuntungan berupa bunga dari pinjaman yang diberikan pada borrower. Dengan kata lain, peminjam dana harus mengembalikan dana pinjaman pokok beserta bunga dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Syarat untuk pengajuan pinjaman online ini sangat mudah dan cepat. Anda cukup melakukan pendaftaran, mengunggah KTP, KK atau kartu identitas lainnya. Proses pengajuan sendiri biasanya hanya berlangsung beberapa menit hingga jam. Meski begitu, ada resiko dari kemudahan proses yang diberikan yaitu bunga yang cukup besar. Hal inilah yang kemudian membuat peminjam kesulitan membayar hingga akhirnya tagihan justru semakin membengkak.

Cara Terbebas dari Hutang Pinjol

Jika Anda sudah terlanjur meminjam dana dari pinjaman online dan kesulitan untuk membayarnya, coba ikuti beberapa cara terbebas dari hutang pinjol berikut ini.

1.      Berpikir Tenang dan Ceritakan pada Keluarga

Salah satu cara terbebas dari hutang pinjol adalah dengan tetap berpikir tenang sembari mencari solusi, lalu jangan lupa juga untuk tetap menceritakan pada anggota keluarga yang lain. Berpikir tenang sangat penting, agar Anda tidak panik yang justru akan mendorong Anda melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Seperti banyak kasus terjadi, banyak orang yang kemudian bunuh diri  akibat lilitan hutang pinjol.

Menceritakan pada keluarga bertujuan agar masalah hutang Anda diketahui anggota keluarga lain. Meski mungkin keluarga tidak bisa membantu melunasi, setidaknya mereka bisa membantu mencarikan jalan keluar.

2.      Menunjukkan Itikad Baik pada Pemberi Pinjaman 

Kabur dari hutang pinjaman online  bukanlah solusi yang baik dan tepat. Akan lebih baik, cobalah untuk menemui si pemberi pinjaman dan tunjukan itikad baik bahwa Anda akan membayar hutang tersebut. Cobalah untuk meminta keringanan, misalnya potongan bunga atau perpanjang masa pembayaran.

Jika sudah dibicarakan dengan baik dan sudah disepakati jalan tengahnya, maka Anda juga harus bertanggung jawab untuk melakukan kesepakatan tersebut.

3.      Kerja Keras, Kumpulkan Dana

Cara terbebas dari hutang pinjol yang selanjutnya yaitu bekerja keras untuk mengumpulkan dana guna membayar hutang. Apabila memungkinkan, ambillah jam kerja lembur agar binus yang didapat bisa bertambah. Mulailah untuk mengatur keuangan dengan lebih bijak, dan hidup dengan lebih hemat.

Jika Anda memiliki beberapa aset yang bisa dijual, maka sebaiknya jual terlebih dahulu aset tersebut untuk menutup hutang yang ada. akan lebih baik kehilangan set sementara namun hutang terlunasi.

4.      Hindari Berhutang untuk Menutup Hutang

Banyak orang berpikir bahwa  cara keluar dari pinjaman online adalah dengan mengambil hutang baru untuk menutup hutang yang lama. Sekilas mungkin memang ini bisa jadi solusi paling cepat, akan tetapi tidak mengubah apapun dan mungkin akan membawa masalah baru bagi Anda. Untuk itu sebisa mungkin hindari mengambil hutang baru untuk membayar hutang yang lama.

5.      Buat Catatan Rincian Hutan Anda

Cara terbebas dari hutang pinjol yang selanjutnya adalah dengan membuat catatan mengenai rincian hutang yang Anda miliki. Catat semua informasi mengenai besar hutang pokok, besar bunga pinjaman, berapa yang belum dibayar, berapa yang sudah dibayar, masih berapa kali lagi harus dicicil, serta berapa besar pembayaran dalam setiap kali cicilan.

Baca juga : Apa Saja Kiat-Kiat Agar Terbebas Dari Pinjol? Simak Penjelasannya!

Jika Anda memiliki hutang lebih dari satu, maka sebaiknya urutkan juga dari hutang yang pokok dan bunganya paling besar. Hutang inilah yang kemudian harus Anda selesaikan lebih dulu, sebab semakin besar bunga jika semakin menunggak akan semakin besar pula tagihannya.

6.      Selesaikan dan Ambil Pelajaran

Selesaikanlah apa yang sudah Anda mulai, dan jangan kabur begitu saja sebab ini tak akan menyelesaikan apapun. Bertanggung jawab adalah sikap yang harus dimiliki, apapun cara yang harus dilakukan.

Jika Anda sudah berhasil lepas dari permasalahan pinjaman online, maka jadikan ini sebagai pelajaran ke depan. Pelajaran agar lebih bijak dalam mengatur keuangan utamanya dalam mengajukan pinjaman. Berhutang boleh saja, asal Anda tahu batasannya, tahu kemampuan bayar, dan pastinya jumlah cicilan tidak boleh lebih besar dari kebutuhan pokok bulanan Anda.

Semoga beberapa cara terbebas dari hutang pinjol di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang tengah terlilit masalah hutang dengan vendor pinjol.

 

Tags: bagaimana Cara Jitu Terbebas dari Hutang Pinjol Cara Jitu Terbebas dari Hutang Pinjol

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar