Apa Saja Kiat-Kiat Agar Terbebas Dari Pinjol? Simak Penjelasannya!

Kiat-kiat agar terbebas dari pinjol sangat penting untuk diketahui. Hal itu karena pinjol atau pinjaman online bukanlah hal yang awam lagi. Di era digital seperti saat ini pinjaman online begitu menjamur sehingga seseorang bisa mendapatkan pinjaman lebih cepat dan mudah. Yang harus diketahui adalah meminjam online ini memiliki risiko dan harus segera dilunasi karena pinjol bukanlah uang kaget.

pinjaman online

pinjaman online

Penting sekali bagi masyarakat yang ingin meminjam di pinjaman online ini harus memperhatikan beberapa hal, yang pertama adalah apakah Anda membutuhkan pinjaman tersebut dan yang kedua adalah Anda harus melihat kondisi keuangan saat akan melakukan pembayaran utang. Namun jika Anda membutuhkan dana segar berikut ini adalah kiat-kiat agar terbebas dari pinjol yang bisa Anda perhatikan:

Pinjam ke Kerabat

Kiat-kiat agar terbebas dari pinjol yang pertama adalah Anda bisa meminjam ke kerabat.  Orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya bisa mudah untuk meminjam ke kerabat.  Cara ini termasuk rendah resiko jika Anda mengalami gagal bayar. Kecil kemungkinan kerabat Anda akan mengejar-ngejar si peminjam secara agresif seperti pinjol itu.  Minusnya adalah kemungkinan tidak mendapatkan pinjaman ini besar dan jumlahnya tidak sebesar dengan yang Anda butuhkan.

Kredit ke Bank

Dibandingkan dengan pinjol atau pinjaman online akan lebih baik jika Anda mengajukan kredit ke bank.  Kredit ke bank ini memang membutuhkan jaminan sama seperti dengan gadai barang. Selain itu prosesnya ini membutuhkan waktu lama dan dibutuhkan persetujuan.

Kredit ke bank ini jauh lebih disarankan karena bunganya yang lebih kecil dibandingkan dengan pinjaman online. Jika Anda memiliki kartu kredit maka besar kemungkinan jika ia akan mendapatkan dana segar dengan cara tarik tunai dari kartu kredit.

Cari Pinjol yang Legal

Untuk menghindari dikejar oleh debt collector Anda bisa mencari pinjol yang legal.  Pinjol legal ini sudah terdaftar di OJK. Anda bisa mencari di situs resminya OJK untuk mengetahui pinjol apa saja yang sudah mendapatkan izin resmi. Kelebihannya adalah Anda akan mendapatkan pinjol yang tidak akan bertindak sewenang-wenang jika tidak memiliki kemampuan dalam membayar.

Pahami cara kerja mereka, cara pembayaran dan juga bunga yang harus Anda tanggung setiap harinya. Jika kredit di bank ini bunganya setiap bulan pinjol ini akan membebankan bunga setiap hari sehingga akan terus berkembang dan juga menumpuk jika Anda tidak segera melunasinya.  Jika Anda ingin menutup hutang dengan menggunakan pinjol sebaiknya dipikirkan sekali lagi karena bunganya yang tinggi dan pikirkan pula bagaimana kemampuan dalam membayar.

Pinjam ke Koperasi

Kiat-kiat agar terbebas dari pinjol selanjutnya adalah Anda bisa meminjam ke koperasi. Koperasi ini memberikan bunga yang lebih ringan dibandingkan dengan pinjol. Selain itu jika jatuh tempo masih ada keringanan untuk membayar hutang yang sudah jatuh tempo tersebut.

Gadai Barang

Alternatif yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari pinjol adalah Anda bisa gadai barang atau menggadaikan aset yang sudah Anda miliki. Memang resiko kehilangan barang ini besar terlebih jika gagal bayar. Namun yang menjadi poin plusnya adalah pembiayaan melalui gadai ini lebih murah jika dibandingkan dengan pinjol. Yang paling ringan dalam hal konsekuensi dan juga dikejar-kejar orang adalah dengan menjual atau juga menggadaikan aset atau barang yang Anda miliki. Bunga yang dibebankan oleh pegadaian pun tidak sebesar dengan pinjaman online.

Jika Sudah Terjerat Pinjaman Online

Cara diatas bisa dilakukan oleh Anda yang belum terjerat oleh pinjol namun bagi Anda yang sudah terjerat, tentunya membutuhkan kiat atau cara agar Anda bisa segera bebas dari hutang pinjol tersebut. Melihat banyaknya kasus orang yang gagal bayar pinjol, Anda harus berhati-hati jika akan melakukan pinjaman.

Lalu bagaimana jika sudah terjerat dan terus ditagih? Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat list berisi kiat apa saja yang bisa Anda lakukan untuk melunasinya. Anda bisa memasukkan resources atau sumber dana apa saja yang bisa Anda berikan untuk membayarkan. Resources ini bisa berupa tabungan atau aset lainnya yang bentuknya adalah fisik seperti motor yang bisa dijual dan sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan membayar yang cukup, hal yang bisa Anda lakukan adalah ajukan restrukturisasi pinjaman dengan meminta perpanjangan waktu untuk membayar cicilan. Bisa juga Anda meminta untuk menunda pembayaran sementara. Pihak pinjol tidak akan mudah untuk menyetujuinya namun Anda bisa melakukan negosiasi sehingga jatuh tempo pembayaran hutang Anda bisa diperpanjang sesuai dengan kesepakatan bersama.

Baca juga : Ikuti 7 Cara Agar Lolos Pinjaman Online Anti Gagal

Jika memang sudah mendesak dan meresahkan Anda bisa hutang ke kerabat, namun tentu saja Anda harus bersikap rasional dan mengembalikan pinjaman sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui dengan kerabat Anda. Jadilah orang yang dipercaya karena kepercayaan itu mahal harganya. Pilih pinjaman yang tidak memberikan bunga seperti hutang ke kerabat supaya pinjaman tidak bertambah besar.

Jangan sampai terjebak pinjol, lakukan kiat-kiat agar terbebas dari pinjol diatas untuk membuat hidup Anda lebih tenang dan damai.

Tags: cara agar terbebas dari pinjol Kiat-kiat agar terbebas dari pinjol

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar