7 Tips Berbisnis Makanan Instan Agar Tidak Rugi

Tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi – Makanan instan disebut juga dengan makanan cepat saji. Disebut seperti itu dikarenakan untuk menyajikannya tidak membutuhkan waktu lama seperti dengan makanan pada umumnya. Bisnis ini banyak digeluti dikarenakan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Yang harus digaris bawahi di sini adalah makanan cepat saji ini berbeda dengan junk food, yang mana tidak memiliki kandungan gizi di dalamnya. Makanan instan cepat saji tersebut masih memiliki kandungan gizi di dalamnya sehingga meskipun praktis tetap memiliki nilai gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memulai Bisnis Makanan Instan Cepat Saji

Makanan Instan Cepat Saji

Bagi Anda yang berniat untuk menggeluti bisnis makanan cepat saji bisnis ini masih sangat terbuka dengan lebar. Selama masyarakat masih menyukai kepraktisan namun tetap menyehatkan bisnis ini akan tetap potensial digeluti. Supaya mendapatkan profit di sini dibutuhkan strategi yang tepat. Ada beberapa tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi, yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

1. Survey permintaan pasar

Tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi pertama yang bisa Anda lakukan untuk menggeluti bisnis makanan instan cepat saji adalah survey permintaan pasar terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tidak semua makanan cepat saji atau instan diminati. Lihatlah selera pasar seperti apa karena tidak semua memiliki selera yang sama sehingga Anda perlu memperhatikan hal ini.

2. Target konsumen

Langkah selanjutnya adalah siapa yang akan menjadi target konsumen Anda. Orang yang membutuhkan makanan instan cepat saji ini adalah anak kos sehingga Anda bisa mendatangi anak kos dekat kampus atau sekolah untuk tahu jenis makanan cepat saji apa yang dibutuhkannya dan diinginkannya. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan menemukan jenis makanan cepat saji seperti apa yang diharapkan oleh mereka.

3. Buat produk

Ada strategi bisnis yang membuat produk terlebih dahulu namun ada juga yang melakukan riset dan survey terlebih dahulu sebelum membuat produk makanan cepat saji. Langkah ini menjadi salah satu tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi paling efektif. Mengapa membuat produk setelah melakukan survey ini lebih efektif?, hal itu dikarenakan Anda sudah mendengar sendiri dari target konsumen tentang jenis makanan cepat saji seperti apa yang diinginkan. Berbeda dengan membuat produk makanan cepat saji terlebih dahulu baru mencari target konsumen. Hal tersebut bisa menyebabkan produk yang dibuat tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Langkah ini pun juga dilakukan oleh perusahaan besar yang mana mereka melakukan survey berbayar untuk masyarakat sebelum meluncurkan produk terbarunya. Tujuannya agar produk tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

4. Bagikan tester

Tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah bagikan tester. Banyak yang tertarik membeli setelah mereka mencoba tester yang diberikan. Yakinkan konsumen bahwa rasa di tester dengan produk ini sama sehingga tidak aka mengecewakan. Untuk memikat hati masyarakat Anda bisa juga memberikan bonus kepada beberapa pembeli yang menjadi konsumen pertama anda karena hal ini akan menyenangkan mereka.

5. Made by order

Supaya menekan biaya produksi dan tidak menimbulkan kerugian yang terlalu banyak Anda bisa membuatnya setelah ada order. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis makanan instan namun menghindari kerugian. Membuat produk dengan sistem made by order pun akan membuat cita rasa produk menjadi lebih fresh dan terjamin mutunya. Produk rumahan biasanya tidak bisa bertahan lama, jika ada stock produk yang tidak laku kemudian basi hal tersebut justru akan menimbulkan kerugian. Boleh saja membuat sampel namun sedikit saja jangan dalam skala besar.

6. Kemasan ergonomis

Meskipun Anda memuai bisnis makanan instan dengan skala rumahan, tetap saja tidak boleh mengesampingkan kemasan produk Anda. Kemasan ini juga menjadi daya jual yang menarik dikarenakan jika dari luarnya saja tidak menarik akan menyebabkan masyarakat menjadi enggan untuk membeli produk Anda. Selain itu pastikan kemasannya ergonomis yang mana memudahkan konsumen untuk menikmati dan membawa produk anda.

7. Promosi

Bisnis tanpa promosi bagaikan sayur tanpa garam. Oleh sebab itu Anda harus bisa melakukan promosi dengan cara baik dan benar. Anda bisa melakukannya dengan cara offline atau online. Untuk offline bisa dengan membagikan tester dan brosur, sedangkan cara online ada beragam cara yang bisa dilakukan mulai dari promosi menggunakan media sosial baik gratisan maupun berbayar. Untuk promosi gratisan Anda bisa mengandalkan diri sendiri untuk promosi, sedangkan untuk promosi berbayar bisa menggunakan jasa orang lain atau social media buzzer untuk mempromosikan produk Anda. Anda bisa menemui social media buzzer ini di instagram.

Jenis Makanan Instan Paling Banyak Diminati

sambal botol aneka rasa

Survey yang dilakukan di lapangan selama ini menunjukkan ada beberapa makanan instan cepat saji yang banyak diminati, Anda bisa berinovasi dengan jenis makanan yang banyak diminati tersebut. Contoh makanan cepat saji yang banyak diminati adalah sambal botol aneka rasa, gudeg kalengan, rendang atau daging instan kalengan, dan lain sebagainya.

Demikianlah tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Tips berbisnis makanan instan Tips berbisnis makanan instan agar tidak rugi Tips berbisnis makanan instan sukses

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Tips Berbisnis Makanan Instan Agar Tidak Rugi"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan