4 Contoh Peluang Usaha yang Minim Pesaing

Contoh peluang usaha yang minim pesaing – Banyak peluang usaha di Indonesia cenderung bersifat musiman. Jika ada makanan atau minuman yang sedang booming, masyarakat pun akan berlomba-lomba untuk membuka usaha kuliner tersebut. Selain kompetitor usaha yang terbilang banyak, usaha musiman umumnya akan mudah tertelan waktu. Jika minat masyarakat sudah menurun dan sudah tergantikan dengan tren baru, perlahan-lahan usaha tersebut pasti akan hilang ditelan waktu. Oleh karena itu, pemilihan jenis usaha dianggap krusial karena dapat berpengaruh pada keberlangsungan usaha di masa mendatang. Jangan hanya sekedar mengikuti tren saja, pilihlah jenis usaha yang minim pesaing serta potensinya menjanjikan baik saat ini maupun di masa mendatang. Lalu apa saja jenis usaha yang minim pesaing?

1. Penyewaan Drone

Dewasa ini, keperluan fotografi maupun shooting tak sebatas hanya menggunakan kamera DSLR saja, karena tak jarang orang-orang membutuhkan drone untuk keperluan pengambilan gambar maupun merekam suatu objek dari ketinggian. Drone sendiri merupakan teknologi canggih berupa pesawat tanpa awak dan dapat dikendalikan menggunakan remote control. Karena harganya yang relatif mahal, banyak orang yang enggan untuk membeli drone jika hanya digunakan untuk satu dua kali pemakaian. Oleh karena itu, Anda dapat mengubah masalah tersebut menjadi ladang bisnis menguntungkan. Tak perlu khawatir tidak balik modal, karena umumnya jasa persewaan drone menyewakan drone per baterai yang dihabiskan. Harga sewanya pun bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per baterai. Belum lagi jika pelanggan menyewa drone beserta pilotnya, tarifnya pun menjadi lebih tinggi.

Tips!

Anda dapat membuka jawa persewaan drone di area sekitar kampus jurusan broadcasting. Karena umumnya mahasiswa broadcasting membutuhkan drone untuk keperluan fotografi maupun shooting. Tugas harian serta tugas akhir pembuatan film mengharuskan mahasiswa untuk menyewa drone demi mendapatkan objek dari ketinggian, karena biasanya pihak kampus tidak memfasilitasi drone untuk dipakai para mahasiswanya.

2. Penyewaan Properti Shooting

Penyewaan properti shooting merupakan contoh peluang usaha yang minim pesaing. Jika jasa persewaan perlengkapan shooting seperti kamera, lensa, filter, tripod, slider dolly, rig, lighting, serta audio sudah mainstream alias sudah umum, Anda dapat beralih ke penyewaan properti untuk keperluan shooting. Apa saja properti yang dapat disewakan? Bermacam-macam, mulai dari meja, kursi, koper, kostum, dan properti lain yang Anda miliki. Bahkan Anda juga dapat menyewakan rumah Anda untuk keperluan shooting. Karena properti dapat berbeda dan beragam menyesuaikan dengan jalan cerita dari film itu sendiri. Selain itu, setiap scene pasti membutuhkan properti yang bervariasi.

Tips!

Tak jauh berbeda dengan penyewaan drone, membuka penyewaan properti shooting di lingkungan kampus jurusan broadcasting terbilang cukup menguntungkan. Tanpa perlu mengeluarkan modal, Anda dapat menyewakan barang-barang yang ada di rumah Anda. Karena biasanya para mahasiswa akan menekan budget untuk keperluan shooting dengan memakai properti yang ada atau mencari sewaan, tanpa harus membeli baru hanya untuk sekali pakai.

3. Penyewaan Studio Dance

Studio Dance

Contoh peluang usaha yang minim pesaing selanjutnya adalah penyewaan studio dance. Karena kini tak sedikit dari generasi milenial yang menyukai K-pop atau Korean Pop. Demam K-pop ini membuat mereka yang dulunya tidak menyukai dance, beralih menjadikan dance sebagai hobi baru. Bahkan tak sedikit yang mengadakan kompetisi cover dance K-pop dengan beragam hadiah menarik. Anda dapat melihat ini sebagai peluang bisnis dengan menyediakan penyewaan studio dance. Anda bisa mematok tarif mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per jam, bergantung pada fasilitas yang Anda suguhkan. Namun pada dasarnya, Anda hanya membutuhkan ruangan berukuran cukup luas dengan penambahan cermin besar serta sound system untuk memutar lagu.

Tips!

Sebagai permulaan, jangan mematok tarif terlalu tinggi karena Anda harus mencari pasaran terlebih dahulu. Sediakan pula kipas angin atau AC jika memungkinkan, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Jika pelanggan merasa senang karena studio Anda bersih dan nyaman, bukan tak mungkin mereka akan kembali menyewa studio dance milik Anda.

4. Kuliner Sehat Cepat Saji

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tak pernah mati. Terlebih dengan gaya hidup masyarakat modern seperti saat ini yang cenderung menyukai produk serba praktis, tak terkecuali makanan cepat saji. Namun bisnis kuliner cepat saji sudah banyak digeluti masyarakat, oleh karena itu Anda harus berani menghadirkan inovasi kuliner yang potensinya menjanjikan namun minim pesaing. Anda bisa mencoba membuka bisnis kuliner sehat cepat saji. Meskipun cepat saji, namun produk buatan Anda tetap menyehatkan dan aman dikonsumsi setiap hari. Salah satu inovasi kuliner sehat cepat saji yaitu dengan menggunakan bahan organik sebagai bahan utama produk Anda. Makanan organik memang memiliki harga jual yang lebih mahal, namun jika dilihat dari peluang pasar konsumen pecinta makanan sehat ataupun orang-orang yang sedang melakukan diet, bisnis yang satu ini termasuk dalam bisnis yang patut Anda coba.

Tips!

Tak harus digoreng, Anda dapat menjual makanan cepat saji menyehatkan dengan teknik memasak lain. Selain itu pilih menu yang banyak digemari masyarakat namun tetap berikan sentuhan organik, misalnya pizza vegetarian, burger vegetarian, kebab ayam sayur, dan lain-lain.

Itulah 4 contoh peluang usaha yang minim pesaing. Anda tertarik untuk mencoba?

Загрузка...

Tags: Contoh peluang usaha yang minim pesaing Contoh peluang usaha yang minim pesaing 2020 Contoh peluang usaha yang minim pesaing terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar