7 Cara Bisnis Ekspor Paling Jitu

Cara Bisnis Ekspor – Setelah beberapa saat lalu dibahas tentang jenis bisnis eksportir yang tidak terpengaruh dengan rupiah yang melemah. Kali ini akan dibahas tentang bagaimana berbisnis ekspor yang menguntungkan. Bisnis ini berbeda dengan jenis bisnis yang lainnya karena menyangkut antar negara. Peluang bisnis ekspor ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan peluang bisnis yang menggiurkan. Meski rupiah melemah Anda akan tetap diuntungkan dengan bisnis ekspor ini. Banyak sekali produk yang bisa diekspor ke luar negeri dimana harga jualnya bernilai tinggi. Terutama bagi Anda yang dekat dengan daerah-daerah penghasil produk ekspor tentunya sangat menguntungkan sekali karena bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Ada beberapa cara bisnis ekspor yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Memilih dan Menetapkan Produk Ekspor

 Produk Ekspor

Produk Ekspor

Cara bisnis ekspor yang pertama adalah tetapkan produk yang akan di ekspor. Selain itu pilihlah negara tujuan yang akan menjadi sasaran ekspor Anda. dalam menetapkan produk dan juga negara ini Anda harus mengetahui kondisi suatu negara tersebut dan apa yang menjadi komoditas favorit di negara tersebut. Hal ini bertujuan supaya produk yang Anda ekspor tersebut tepat sasaran. Anda bisa browsing di internet, mengikuti forum atau seminar bisnis, bertanya kepada pengusaha ekspor atau apapun bisa Anda lakukan. Akan lebih mudah lagi jika Anda memiliki channel teman atau saudara di negara tersebut.

Legalitas

Legalitas

Legalitas

Yang tidak boleh dilupakan adalah menyiapkan legalitas. Bisnis yang legal adalah yang memiliki surat izin lengkap dari pemerintah. Syarat untuk bisa menjadi bisnis yang legal adalah harus memiliki badan hukum baik itu CV, Firma, PT dan lain sebagainya. Memiliki NPWP, memiliki izin yang dikeluarkan oleh pemerintah baik itu SIUP dari Dinas Perdagangan atau surat izin industri yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian. Izin Usaha Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN, penanaman modal asing atau PMA yang mana dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Menyiapkan Perlengkapan dan Biaya

ekspor ikan hias

ekspor ikan hias

Setelah melengkapi legalitas cara selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan dan juga biayanya. Hal ini akan bisa Anda lakukan jika sudah tahu produk apa yang akan di ekspor dan di negara mana Anda akan menjualnya. Perlengkapan dan biaya ini tidak hanya berlaku untuk di Indonesia saja namun juga di luar negeri yang menjadi sasaran ekspor. Misalnya Anda ingin berbisnis ekspor ikan hias dengan negara tujuan Singapura. Supaya bisa berjalan dengan lancar Anda harus mempersiapkan biaya dan peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan ekspor tersebut. Misalnya saja untuk sewa lahan di sana dan biaya-biaya perizinan lainnya.

Promosi Melalui Website

Cara bisnis ekspor selanjutnya adalah promosikan melalui website. Dalam website tersebut Anda bisa menyediakan katalog atau etalase online. Selain itu buatlah website yang memiliki navigasi dan user friendly sehingga bisa digunakan oleh semua orang. Hal yang harus diperhatikan dalam website tersebut adalah upload lah produk yang menarik, keunggulan produk tersebut, membuat deskripsi yang jelas dan singkat, harganya, dan bagaimana menghubungi atau memesan produk tersebut. Dengan informasi yang jelas tersebut diharapkan kredibilitas Anda sebagai eksportir bisa diterima oleh calon pembeli.

Portal Bisnis Internasional

Exportir Bisnis

Exportir Bisnis

Jika target konsumen Anda adalah orang luar negeri maka website tersebut portalnya tidak boleh di Indonesia. Tapi daftarkanlah website tersebut dengan portal luar negeri atau internasional. Hal yang penting diperhatikan adalah ubahlah bahasa Indonesia ke dalam bahasa inggris dengan begitu orang luar tahu apa yang sedang Anda tulis di website tersebut. Tentunya kemampuan dalam bahasa inggris ini sangat diperhatikan. Jika Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris yang bagus dalam writing, listening, maupun reading maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi Anda.

SEO

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah SEO atau optimisasi. Setelah Anda membuat website cara selanjutnya adalah memperhatikan SEO. SEO ini sangat penting dalam bisnis dikarenakan pebisnis yang menggunakan website semakin banyak, dengan diberikan SEO diharapkan alamat website Anda ini bisa menduduki di halaman pertama pencarian. Karena visitor hanya menyasar pada halaman pertama mesin pencarian saja. Mesin pencarian yang diutamakan adalah Google, namun bisa juga ditemukan dengan mesin pencarian lainnya seperti Bing, yahoo dan lain sebagainya.

Rajin Mengikuti Pameran

Rajin Mengikuti Pameran

Rajin Mengikuti Pameran

Cara terakhir adalah rajinlah dalam mengikuti pameran produk. Pameran ini sangat penting untuk mengenalkan bisnis Anda ke masyarakat luas. Pameran di luar negeri ini sangat membantu bisnis Anda karena jika  bisnis Anda potensial akan banyak di lirik oleh konsumen dan juga orang yang mencari partner dalam berbisnis. Pameran di luar negeri ini menjadi cara yang paling banyak dilakukan pebisnis untuk mengenalkan bisnisnya kepada masyarakat di luar negeri.

Peluang bisnis eksportir ini masih menggiurkan untuk digeluti asalkan Anda tahu produk strategi dan caranya. Lakukanlah cara bisnis ekspor yang sudah dijelaskan di atas supaya Anda sukses dengan bisnis eksportir ini.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis ekspor yang menjanjikan -bisnis ekspor -cara bisnis ekspor -bisnis ekspor yang menguntungkan -apa saja ekspor indonesia yg sangat menguntungkan -bisnis ekspor menjanjikan -bagaimana cara bisnis rumahan bisa ekspor -Bisnis ekspor yang -Usaha ekspor & impor -bisnis ekspor yg menguntungkan -

Tags: Cara Bisnis Ekspor Cara Bisnis Ekspor barang Cara Bisnis Ekspor buah Cara Bisnis Ekspor impor Cara Bisnis Ekspor paling jitu Cara Bisnis Ekspor terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Bisnis Ekspor Paling Jitu"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan