7 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan PNS yang Layak Dicoba

Bisnis sampingan untuk pensiunan PNS – Tak dapat dipungkiri bahwa masa pensiunan adalah masa dimana seseorang mengalami kebingungan dalam memanfaatkan sisa usia. Ada pensiunan yang memilih bersantai sembari menghabiskan masa tua, ada juga yang masih giat mencari bisnis sampingan demi menyokong kehidupan ekonomi baik untuk dirinya sendiri ataupun keluarga.

Ketika masih menjabat sebagai PNS, mungkin saja kehidupan seseorang masih terjamin. Namun saat pensiun, berbagai masalah ekonomi terkadang mulai bermunculan. Untuk itu, tak ada salahnya bagi Anda merencanakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan di hari tua. Pertanyaannya, bisnis sampingan seperti apa yang dapat dilakukan? Daripada penarasan, simak ulasan berikut.

Bisnis Toko Sembako

Toko Sembako

Ini adalah jenis bisnis yang dilakukan oleh sebagian besar pensiunan PNS. Mengapa? Alasannya karena bisnis toko sembako tak membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankannya. Seorang pensiunan pun hanya perlu menjaga toko dan menunggu ada konsumen yang membeli sembako. Lantas mengapa harus memilih bisnis toko sembako? Hal ini karena toko sembako menjual berbagai kebutuhan harian masyarakat sehingga tak perlu takut jika sepi pengunjung.

Bisnis di Bidang Peternakan

Bidang Peternakan

Bidang Peternakan

Contoh bisnis sampingan untuk pensiunan PNS yang selanjutnya adalah dengan menjalankan bisnis di bidang peternakan. Dalam bisnis ini, Anda dapat memilih untuk mengelola banyak sektor peternakan mulai dari pembesaran ayam negeri, ayam potong, ayam petelor, sapi, kambing, hingga bisnis burung kicau untuk lomba. Namun perlu diingat, dibutuhkan pertimbangan yang matang demi memperoleh keuntungan maksimal dari bisnis yang satu ini.

Alasan lain mengapa bisnis peternakan cocok untuk pensiunan adalah karena waktu dan tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Dengan bantuan tenaga karyawan yang lain, Anda dapat mengelola bisnis peternakan secara maksimal.

Bisnis di Bidang Agrobisnis

Tak berbeda jauh dengan bisnis di bidang pertanian, pensiunan PNS pun dapat menjalankan bisnis di bidang agrobisnis. Alasannya, para pensiunan memiliki banyak waktu luang sehingga dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk bercocok tanam. Bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan untuk pensiunan yang suka dengan tanaman. Contohnya adalah menanam palawija seperti tomat, cabe, mentimun, terong, dan lain sebagainya di lahan yang Anda miliki sendiri. Selain itu, Anda pun dapat mengambangkan hobi cinta tanaman dengan membuka bisnis tanaman hias.

Bisnis Rumah Kontrakan atau Kosan

Bisnis Rumah Kontrakan

Ide bisnis sampingan untuk pensiunan PNS yang menawarkan peluang sangat menggiurkan adalah bisnis rumah kosan atau kontrakan. Bisnis ini cocok dilakukan oleh pensiunan yang ingin menghabiskan waktu dengan bersantai namun tetap mendapatkan penghasilan setiap bulan. Jika Anda termasuk dalam tipe ini, maka sebelum menghadapi masa pensiun, sebaiknya mulai siapkan modal dan tabungan untuk mendirikan bisnis rumah kontrakan atau kosan.

Usaha yang satu ini memang membutuhkan modal yang tak sedikit. Namun dengan uang tabungan serta pesangon dari pensiunan PNS, sepertinya bukan hal yang mustahil jika Anda menjalankan bisnis ini. Meski demikian, ketika Anda menjalankan bisnis rumah kontrakan atau kosan, sebaiknya lakukan pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Misalnya mencari tempat yang strategis seperti di daerah kampus, perkantoran, sekolah, dan sebagainya agar bisnis Anda tetap ramai.

Bisnis Bimbingan Belajar

Bisnis Bimbingan Belajar

Usaha bimbel atau bimbingan belajar memang sangat cocok dilakukan untuk pensiunan PNS, terutama PNS guru. Bisnis yang satu ini memang membutuhkan keahlian khusus untuk mengajar dan menyampaikan semua materi terhadap anak didik. Contoh bisnis bimbingan belajar adalah memberikan materi pelajaran sekolah, mengajar IT, hingga menjadi seorang pakar di bidang keilmuan tertentu. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda dapat mulai mengumpulkan karyawan atau mitra dan membentuk lembaga usaha berbadan hukum sehingga bisnis Anda sah di mata negara.

Merintis Bisnis Properti

Bisnis Property

Selain bisnis rumah kontrakan, bisnis properti juga terkenal sebagai jenis bisnis yang membutuhkan modal besar. Meski demikian, kemungkinan mendapatkan untung dari bisnis ini pun sangat besar. Hal ini dipengaruhi oleh mulai sedikitnya lahan untuk bangunan sehingga membuat banyak orang mencari properti baik berupa rumah ataupun tanah. Namun perlu diperhatikan, dalam bisnis properti, Anda harus benar-benar cermat untuk mengambil langkah. Pasalnya tak sedikit pensiunan yang akhirnya tertipu oleh developer abal-abal dalam bisnis yang satu ini.

Bisnis Rumah Makan

Bisnis rumah makan

Contoh ide bisnis lain yang cocok dilakukan untuk seorang pensiunan PNS adalah bisnis rumah makan. Saat menjalankan bisnis ini, Anda dapat mengajak rekan sesama PNS untuk mendukung bisnis Anda tersebut. Promosikan pada mereka tempat makan Anda. Tawarkan makanan enak dengan konsep unik sehingga para pelanggan pun akan betah membeli makanan di rumah makan tersebut. Selain itu, Anda juga harus terus berinovasi terkait menu-menu makanan yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar Anda tetap mampu bersaing dengan banyaknya kompetitor di bidang kuliner.

Itulah beberapa contoh konsep ide bisnis yang cocok dijalankan untuk seorang pensiunan PNS. Dengan begitu, meskipun sudah tidak menjabat sebagai PNS, Anda tetap dapat memperoleh penghasilan untuk perekonomian yang stabil. Semoga ulasan mengenai bisnis sampingan untuk pensiunan PNS di atas bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis pensiunan pns -bisnis sampingan setelah pensiu -bisnis yg cocok untuk pns menjelang pensiun -cth usaha sampingan stelah pensiun -peluang usaha utk wanita pensiunan -

Tags: bisnis sampingan untuk pensiunan PNS bisnis sampingan untuk pensiunan PNS 2018 bisnis sampingan untuk pensiunan PNS terbaik daftar bisnis sampingan untuk pensiunan PNS

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan PNS yang Layak Dicoba"

    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
    Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019 Tanpa Modal
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Tanpa Modal
    Peluang usaha lulusan teknik informatika tanpa modal
    5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Tanpa Modal
    Cara mendapatkan uang dari Facebook tanpa modal

    Tinggalkan pesan "7 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan PNS yang Layak Dicoba"