7 Bisnis Sampingan Modal Kecil Paling Menguntungkan

Bisnis sampingan modal kecil patut dipertimbangkan bagi yang menginginkan penghasilan tambahan.  Beberapa karyawan mengeluhkan  gajinya yang kecil sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dimana harga kebutuhan pokok dari hari ke hari semakin melonjak tinggi. Sebenarnya gaji yang kecil akan membuat karyawan lebih kreatif bagaimana caranya agar bisa mendapatkan uang tambahan dengan halal di sela-sela waktunya bekerja.

Jam kerja di Indonesia selama 8 jam, di luar 8 jam tersebut bisa dimanfaatkan untuk bisnis sampingan. Sayangnya tidak semua karyawan memiliki pemikiran yang sama, mereka tidak memanfaatkan waktu mereka secara maksimal sehingga tidak ada lagi uang pemasukan selain dari gaji menjadi karyawan tersebut. Tidak hanya itu saja, ketika ditawarkan dengan bisnis sampingan banyak yang mengaku belum memiliki modal untuk memulainya. Asalkan ada niat pasti akan ada jalannya sebab ada beberapa jenis bisnis sampingan modal kecil yang bisa dijalankan untuk menambah penghasilan. Berikut ini adalah contohnya:

Laundry Kiloan

bisnis laundry

bisnis laundry

Lihatlah saat ini, banyak sekali orang yang menawarkan jasa laundry dengan harga yang murah karena dihitung per kilogramnya. Dulu sebelum laundry kiloan ada, harga laundry sangat mahal sebab dihitung per pieces. Coba dibayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk beberapa helai pakaian saja. Namun seiring berjalannya waktu jasa laundry semakin murah yaitu dengan menghitung per kilogram. Meskipun saat ini sudah banyak yang membuka bisnis laundry tidak ada salahnya jika memulai usaha ini. Asalkan pandai mencari celah pasti usaha ini akan sukses.

Salah satu celah yang bisa dimanfaatkan adalah membuka usaha laundry di dekat kampus atau di dekat kantor. Biasanya di tempat-tempat seperti itu karyawan dan mahasiswa menjadi sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian. Selain itu tawarkanlah service yang menarik misalnya mencuci 10 kali gratis satu kali dengan ketentuan berlaku, berikanlah harga yang bersaing serta memberikan jasa yang berkualitas. Jangan hanya mengandalkan harga murah saja namun kualitas jasanya juga harus bagus. Hindari beberapa hal yang bisa membuat konsumen kabur seperti sering menghilangkan pakaian konsumen, membuat pakaian terkena noda luntur, setrikaan tidak rapi dan lain-lainnya. Untuk membuka usaha ini hanya dibutuhkan modal 7,5 juta saja untuk membeli mesin cuci, mesin pengering dan barang lainnya yang dibutuhkan.

Jasa Cuci Motor atau Mobil

Selain jasa laundry, bisnis jasa pencucian motor dan mobil tidak akan pernah sepi pelanggan. Banyak orang yang rela menunggu lama untuk bisa mencucikan kendaraan bermotor kesayangan mereka. Biasanya pemilik kendaraan merasa malas untuk mencuci kendaraannya sendiri sebab harus mengeluarkan tenaga yang besar. Selain harus mengeluarkan tenaga yang besar, pemilik kendaraan bermotor memilih menyucikannya di jasa profesional karena harga yang lumayan murah dan berkualitas. Kendaraan kotor dan berdebu akan mencerminkan kepribadian pemiliknya yang malas untuk membersihkan kendaraannya sendiri dan kendaraan tersebut akan kurang enak dilihat.

Jasa Cuci Motor

Jasa Cuci Motor

Bagi yang ingin membuka bisnis sampingan modal kecil bisa memilih usaha ini. Ada pencucian motor yang juga disertai dengan pencucian mobil. Namun jika baru memulai sebaiknya membuka usaha cuci motor dulu saja sebab alat yang digunakan tidak terlalu banyak  sehingga modalnya juga tidak terlalu banyak. Jika nanti sudah berkembang barulah bisa membuka usaha cuci mobil. Modal yang diperlukan 2 juta rupiah sampai dengan 10 juta rupiah, modal tersebut digunakan untuk membeli pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor dan berbagai peralatan untuk semir ban motor.

Desain Grafis

Bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh desainer grafis adalah membuka jasa desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama yang dilakukan, desainer grafis bisa menawarkan jasa desain kepada teman atau menawarkannya di marketplace. Saat ini banyak yang membutuhkan jasa desain grafis profesional seperti pembuatan kartu nama, pembuatan logo perusahaan, maskot, poster dan lain sebagainya.

Desain Grafis

Desain Grafis

Semakin banyak menangani klien bisa membuat kemampuan akan semakin berkembang menjadi lebih baik, selain itu pengalaman yang didapatkan pun semakin banyak. Untuk memulai bisnis ini modal yang dibutuhkan adalah laptop dengan spesifikasi khusus grafis bukan khusus office, koneksi internet dan skill yang mumpuni. Biasanya desainer grafis harus memiliki kemampuan mengoperasikan Photoshop dan CorelDraw serta memahami fitur-fiturnya dengan baik.

Tempat Les

Bisnis sampingan modal kecil yang patut dicoba adalah membuka tempat les. Saat ini kesadaran orang tua untuk mengeleskan anaknya semakin tinggi karena pelajaran yang semakin sulit, sehingga membuka tempat les ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Untuk bisa mengembangkan tempat les adalah memberikan jasa dengan sebaik-baiknya. Jangan merekrut banyak murid terlebih dahulu namun rekrut murid sesuai dengan kemampuan dan pastikan murid tersebut bisa menangkap penjelasan dengan baik. Perhatikan murid satu persatu sebab ada murid yang malu bertanya, jika tidak didekati mereka cenderung diam padahal penjelasan belum sepenuhnya dimengerti.

bisnis les privat

bisnis les privat

Selain membuka tempat les khusus kelompok, bisa juga membuka bisnis les privat. Saat ini les privat banyak diminati akibat kesibukan orang tua yang tidak memiliki waktu untuk mengantarkan anaknya ke tempat les sehingga harus mendatangi rumah mereka satu persatu. Untuk membuka tempat les secara kelompok, modal yang dibutuhkan hanya 1 juta rupiah saja dimana digunakan untuk membeli papan tulis belajar, meja, kursi, spidol dan lain sebagainya.

Rental Komputer

rental komputer

rental komputer

Usaha rental komputer memiliki modal yang tidak terlalu besar, dengan beberapa buah komputer, printer dan kertas HVS saja sudah bisa untuk membuka usaha ini. Biasanya banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa ini untuk mengetik tugas-tugasnya. Untuk biaya bisa dihitung per lembar ditambah dengan kalkulasi dari jam penggunaan komputer tersebut.

Penerjemah

peluang.usaha_.jasa_.terjemahan

peluang.usaha_.jasa_.terjemahan

Bisnis sampingan modal kecil lainnya yang bisa dicoba adalah menjadi penerjemah. Penerjemah dibagi menjadi dua macam yaitu penerjemah profesional dengan yang pemula. Meski sudah profesional mereka juga pernah mengalami menjadi penerjemah pemula, tidak ada yang didapatkan dengan hasil yang instan. Untuk mulai bisnis ini bisa dengan menerjemahkan dokumen, artikel, makalah dan lain sebagainya. Tarifnya dihitung per kata dan modal yang dikeluarkan tidak banyak hanya laptop dengan koneksi internet. Jika membutuhkan hard copy maka dibutuhkan modal printer untuk mencetaknya.

Makelar

Bisnis sampingan yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil adalah menjadi makelar. Bisnis makelar yang menguntungkan adalah properti. Properti merupakan aset yang harganya selalu naik seperti dengan harga emas. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin investasi di bidang properti ini. Untuk membuka bisnis ini bisa dimulai dengan menawarkan properti yang ingin dijual misalnya tanah, rumah maupun apartemen. Jika harga sudah mencapai kesepakatan makelar akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan dengan si pemilik properti tersebut.

jasa makelar

jasa makelar

Dibutuhkan usaha dan niat yang sungguh-sungguh ketika memutuskan untuk berbisnis. Jangan menjalaninya dengan setengah hati sebab segala sesuatunya yang dikerjakan dengan setengah hati hasilnya pun tidak akan maksimal. Untuk mendapatkan uang tambahan tidak ada salahnya membuka bisnis sampingan modal kecil yang telah disebutkan diatas dengan sungguh-sungguh.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis sampingan yang menguntungkan -bisnis paling menguntungkan -bisnis sampingan language:id -investasi bisnis sampingan -bisnis sampingan -usaha sam -kerja sampingan yang menguntungkan -BISNIS YANG MENGUNTUNGKAN BAGI KARYAWAN -https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1883 _xOhm3CVTwcs4_A2gzgzhnnZtQ_43bUaWllmdaM-Dj7Ek8JrxdWOqsaAACoU5Xjk 814020e64bb1a5f65eefb8ffdd547c7531bdb6f2&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme -usaha smpingan yg mengutungkan -

Tags: apa saja Bisnis sampingan modal kecil Bisnis sampingan modal kecil cara memulai Bisnis sampingan modal kecil jenis Bisnis sampingan modal kecil plus minus Bisnis sampingan modal kecil review Bisnis sampingan modal kecil

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Bisnis Sampingan Modal Kecil Paling Menguntungkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan