6 Kesalahan Manajemen Keuangan Pemilik Bisnis Paling Sering Dilakukan

Kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis – Dalam berbisnis sering kali owner bisnisnya melakukan manajemen keuangan yang salah. Hampir sebagian pebisnis ini melakukan manajemen yang salah ini. Ketika hal tersebut terus dilakukan maka bukan kesejahteraan yang Anda dapat, namun justru akan menimbulkan masalah dalam bisnis tersebut. Perubahan harus segera dilakukan tujuannya agar manajemen keuangan bisnis menjadi semakin baik. Banyak pebisnis yang menjalani bisnis selama 2 sampai 3 tahun yang lalu, masalah yang sering dialaminya adalah sering bokek. Tanggal tua dan minggu di akhir bulan sudah mulai kehabisan uang. Jika Anda pernah merasakan masalah yang sama mulai saat ini ubahlah manajemen keuangan bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis yang sering dilakukan:

Pahami Uang Pribadi dan Bisnis

Uang Pribadi dan Bisnis

Uang Pribadi dan Bisnis

Sebelum Anda mengetahui kesalahan manajemen apa saja yang sering dilakukan, Anda harus tahu perbedaan keuangan pribadi dan perusahaan. Keuangan pribadi adalah penghasilan yang mana bisa Anda gunakan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Uang pribadi ini bisa Anda dapatkan dari gaji, bonus, dan juga tunjangan yang dibayarkan kepada Anda dari bisnis yang digeluti. Jika Anda tidak menggaji diri sendiri maka Anda sudah melakukan kesalahan dalam manajemen. Sedangkan yang dimaksud dengan uang bisnis adalah dihasilkan dari kegiatan bisnis Anda seperti jualan, endorse dan lain sebagainya.

Mencampur Keuangan Pribadi dengan Bisnis

Kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis yang pertama adalah sering mencampur adukkan antara keuangan pribadi dan juga untuk bisnis. Pada dasarnya dalam keuangan bisnis tidak hanya ada dua hal tersebut saja, namun ada juga pengeluaran pribadi dengan pemasukan bisnis, aset pribadi dan pemasukan bisnis dan yang terakhir adalah liabilitas pribadi dengan pemasukan bisnis. Manajemen kesalahan yang fatal jika Anda mencampur adukkan keempat variabel keuangan bisnis tersebut. Solusinya adalah jangan mencampur adukkan keempat variabel tersebut agar bisnis tidak menjadi bangkrut.

Uang Pribadi vs uang Bisnis

Uang Pribadi vs uang Bisnis

Contoh masalah bisnis yang terjadi jika mencampur adukkan keempat variabel tersebut adalah omzet besar tapi uangnya tidak ada. Sehingga Anda pun akan menjadi kerepotan mencari kemana uang tersebut berada apakah berada di barang atau berada di dalam piutang. Pisahkanlah keempat variabel tersebut agar Anda bisa me manajemen keuangan tanpa ribet.

Tidak Digaji

Kesalahan manajemen selanjutnya adalah Anda tidak memiliki gaji. Meskipun menjalankan bisnis Anda pribadi gaji buat diri Anda sendiri harus ada. Akibat tidak menetapkan berapa gaji yang Anda terima alhasil uang pemasukan bisnis pun Anda gunakan sebagai pemasukan pribadi.  Anda pun harus tahu berapa dana yang harus Anda alokasikan dalam membesarkan bisnis. Besarnya gaji ini tidak boleh lebih dari 30% dari laba bisnis Anda sehingga sisanya bisa digunakan untuk membesarkan bisnis.

Tidak Memiliki Rapor Keuangan

Rapor Keuangan

Rapor Keuangan

Kesalahan manajemen keuangan yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis selanjutnya adalah tidak adanya rapor keuangan. Rapor ini perlu dalam manajemen keuangan di dalam bisnis Anda. Jika tidak ada rapor akan sulit untuk tahu apakah performa bisnis menurun atau meningkat.  Buatlah rapor atau laporan keuangan yang berisi laporan keuangan di bisnis Anda dan rapor untuk keuangan pribadi Anda.

Minim Review

Kesalahan manajemen yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis adalah minim review.  Sesibuk apapun Anda dengan kegiatan bisnis, jangan lupa untuk melakukan review terhadap rapor keuangan. Tujuan melakukan review ini adalah Anda akan tahu kondisi keuangan di dalam bisnis Anda. Semakin Anda cepat tahu kondisinya semakin bagus untuk bisnis Anda. Bisnis yang tidak bisa berkembang dengan pesat dikarenakan keterlambatan dalam mengetahui kondisi keuangan sehingga masalah demi masalah sudah menumpuk menjadi satu.

Tidak Memiliki Ilmu Keuangan

Ketika berniat menggeluti bisnis penting bagi Anda untuk selalu update dalam ilmu keuangan bisnis. Banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis dikarenakan kurangnya ilmu dalam berbisnis. Untuk mendapatkan ilmu tentang keuangan bisnis Anda bisa membaca buku tentang bisnis, akan lebih bagus lagi jika Anda mengikut seminar, kuliah mengambil jurusan bisnis, workshop dan lain sebagainya.

 Ilmu Keuangan

Ilmu Keuangan

Bisnis yang digeluti tidak hanya membutuhkan cara atau trik, namun juga membutuhkan ilmu. Setiap pebisnis harus memiliki ilmu atau skill dalam berbisnis. Dengan memiliki ilmu bisnis yang cukup, kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis di atas bisa dihindari.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Kesalahan manajemen peru -kesalahan yang sering terjadi di investasi bank syariah -

Tags: jenis Kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis Kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis model Kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis solusi Kesalahan manajemen keuangan pemilik bisnis

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Kesalahan Manajemen Keuangan Pemilik Bisnis Paling Sering Dilakukan"

    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan
    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.

    Tinggalkan Balasan