5 Jenis Investasi Untuk Masa Pensiun Wajib Dicoba

Jenis investasi untuk masa pensiun adalah sebuah informasi wajib yang harus Anda ketahui. Untuk hidup dengan lebih nyaman dan tenang saat masa tua nanti, seseorang memang membutuhkan persiapan secara finansial. Bagaimanapun, ketika masuk masa pensiun nanti, Anda sudah tidak produktif untuk menghasilkan uang. Satu-satunya yang bisa Anda harapkan adalah dari tabungan atau mungkin investasi saat masih muda dulu.

Dalam rangka membuat persiapan finansial yang baik untuk masa tua nanti, Anda bisa melakukan investasi. Ada beberapa investasi yang sangat cocok untuk mendukung masa pensiun nanti. Simak informasi lengkapnya berikut.

Investasi Saham

Investasi Saham IHSG

Jenis investasi untuk masa pensiun yang harus dimiliki kaum muda adalah investasi saham. Mengapa? Karena investasi ini bisa membuat Anda mendapat keuntungan tanpa harus menjalankan sebuah bisnis. Sebagai investor, Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil pembagian laba atau yang sering disebut dividen. Selain itu, keuntungan juga bisa didapatkan melalui kenaikan harga saham atau dalam istilahnya disebut dengan capital gain.

Dua pendapatan yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi sumber pendapatan ketika Anda masuk ke usia pensiun. Apalagi, nilai dividen yang Anda dapatkan biasanya akan selalu naik tiap tahunnya. Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati ketika terjun dalam dunia investasi saham. Semakin besar dividen yang Anda dapatkan, akan semakin besar pula risiko yang Anda tanggung. Oleh karena itu, Anda harus lebih banyak membaca buku-buku tentang investasi saham sebelum pada akhirnya terjun ke bisnis ini.

Deposito Berjangka

Deposito Berjangka

Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah masih masuk dalam salah satu jenis investasi untuk masa pensiun yang memiliki risiko sangat rendah dan aman terhadap naik turunnya suku bunga. Jika Anda memilih mengambil program deposito berjangka, semua uang yang Anda depositokan ke bank akan sepenuhnya terleindungi. Tak hanya itu, suku bunga yang ditawarkan oleh pihak bank umumnya juga tinggi. Besaran suku bunga ini bergantung pada berapa lama deposito berjangka yang Anda ambil.

Jika Anda memilih persiapan finansial yang ini, Anda bisa menggunakan fitur automatic roll over yang banyak ditawarkan oleh paihak bank. Jadi, deposito bisa langsung diperpanjang otomatis jika sudah masuk jatuh tempo pencairan uang, tetapi Anda masih belum ingin mencairkannya. Jika sudah begini, uang deposito Anda akan terus berkembang jumlahnya tanpa Anda sadari.

Investasi Reksadana

Reksadana juga banyak dipilih masyarakat untuk investasi. Sama seperti jenis investasi deposito berjangka, reksadana juga menjadi salah satu bisnis investasi yang aman dan mudah. Reksadana ini dikelola oleh manajer investasi. Yang perlu Anda lakukan hanya menyetor dana ke perusahan ke manager investasi, kemudian manager investasi tersebut akan mengelola uang Anda dan bertanggung jawan untuk mendapatkan pengembalian setinggi mungkin.

Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

Tugas utama manager investasi ini adalah mencari intrumen reksadana yang bisa menguntungkan. Salah satu jenis reksadana yang mempunyai risiko paling rendah adalah reksadana pasar uang. Mengapa? Karena reksadana ini juga mempunyai deposito berjangka dan juga obligasi jatuh tempat kurang dari satu tahun. Dengan begitu, reksadana pasang uang ini bisa dikatakan paling aman.

Anda juga harus tahu bahwa investasi reksadana tidak mengharuskan Anda untuk menanam modal hingga jutaan rupian. Ada juga manager investasi yang mengijinkan Anda untuk berinvestasi dengan modal ratusan ribu saja.

Investasi Emas Batangan

Investasi emas juga menjadi salah satu jenis investasi untuk masa pensiun yang paling diminati masyarakat. Mengapa? Karena investasi ini jelas akan menguntungkan. Anda tentu sudah paham bahwa nilai jual emas selalu naik tiap tahunnya. Dengan berinvestasi sejumlah emas batangan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan di masa tua nanti.

investasi emas

investasi emas

Untuk mencoba investasi emas, sebaiknya beli secara tunai. Jangan melalui kredit. Ini penting demi memaksimalkan keuntungan. Jika membeli emas batangan dengan cara kredit, risiko yang mungkin terjadi adalah gagal bayar. Jadi, jika memang Anda belum bisa mengambil investasi emas, sebaiknya pilih investasi lain yang lebih ringan. Jangan memaksakan diri untuk investasi emas meski investasi ini sangat menguntungkan.

BPJS Ketenagakerjaan

Ini adalah salah satu produk asuransi dari pemerintah yang hampir dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Program ini memberikan jaminan hari tua yang dapat dijadikan bekal ketika masa pensiun tiba. Untuk Anda yang saat ini bekerja sebagai karyawan, iuran BPJS ketenagakerjaan ini dibayarkan oleh pihak perusahaan dari potongan penghasilan Anda. Meski dipotong dari penghasilan bulanan, iuran BPJS ini tidak terlalu terasa. Tiba-tiba, saat tua nanti, uang yang Anda kumpulkan sudah banyak dan bisa jadi persiapan finansial yang baik.

Nah, itu dia beberapa jenis investasi untuk masa pensiun yang bisa Anda pilih untuk mempersiapkan masa pensiun Anda nanti. Kita tentu tidak tahu apa yang terjadi ke depannya. Melakukan persiapan adalah hal yang bisa kita lakukan saat ini.

Загрузка...

Tags: apa saja Jenis investasi untuk masa pensiun Jenis investasi untuk masa pensiun macam investasi untuk masa pensiun

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar