5 Ide Bisnis untuk Lulusan SMK Sesuai Jurusan

Ide bisnis untuk lulusan SMK – SMK memang dipersiapkan untuk masuk ke dalam lapangan kerja sesuai dengan keahlian dan jurusannya masing-masing. Meski begitu bagi lulusan SMK yang tidak ingin terikat jam dan tidak ingin menjadi karyawan bisa membuka bisnis. Peluang bisnis untuk SMK ini sangat terbuka lebar terutama jika berhubungan dengan jurusan yang digelutinya selama di bangku sekolah. Selama di bangku SMK, memang kebanyakan praktik sesuai kejuruan dengan persentase hampir 70% sedangkan sisanya adalah teori. Tujuannya agar lulusan SMK menjadi tenaga yang terampil dan juga berkompeten di bidangnya. Adanya mata pelajaran kewirausahaan membuat lulusan SMK semakin tertantang untuk menggeluti bisnis.  Simak beberapa ide bisnis untuk lulusan SMK yang menarik berikut ini:

Membuka Jahitan

Membuka kursus Jahitan

Membuka kursus Jahitan

Ide bisnis untuk lulusan SMK yang pertama adalah membuka jahitan. Pada saat-saat tertentu banyak yang membutuhkan jasa jahit pakaian ini terutama saat masuk sekolah, oleh sebab itu lulusan SMK bisa mencoba bisnis ini. Tentunya agar menarik minat tidak boleh asal menjahit, jahitlah dengan rapi dan halus. Jangan asal cepat dalam menjahit namun hasilkanlah jahitan yang berkualitas. Selain menjahit pakaian, juga bisa memberikan pelayanan permak pakaian misalnya mengecilkan pakaian yang terlalu kedodoran, menjahit bagian pakaian yang robek dan lain sebagainya. Yang bisa menekuni usaha ini adalah lulusan SMK dengan jurusan tata busana.

Pastry dan Bakery

Pastry dan Bakery

Pastry dan Bakery

Bisnis untuk lulusan SMK yang bisa dijalani adalah usaha pastry dan bakery yang berkutat pada pembuatan kue basah maupun kue kering. Untuk bisa menggeluti bisnis ini tidak harus mendirikan toko nyata namun bisa dengan cara membuka toko online atau memasarkannya menggunakan sosial media. Saat ini memang pemasaran lebih efektif jika dilakukan melalui sosial media mengingat Indonesia ini adalah salah satu negara dengan pengguna sosial media terbanyak. Agar bisa menarik konsumen buatlah roti dan cookies yang menarik dan memiliki cita rasa yang lezat. Memang pebisnis yang menggeluti usaha ini sudah banyak, namun jika memiliki strategi yang bagus dan citarasanya enak maka bisnis yang digeluti akan tetap bisa bersaing. Yang bisa menggeluti bisnis ini adalah lulusan SMK jurusan tata boga atau patiseri.

Katering Makanan

Katering Makanan

Katering Makanan

Untuk lulusan SMK jurusan tata boga selain membuat kue dan roti, bisa membuka bisnis katering makanan. Usaha katering ini bisa melayani berupa nasi box, snack untuk berbagai macam acara, katering rumahan setiap hari dan lain sebagainya. Banyak yang tidak sempat untuk memasak makanan terutama saat pagi hari dikarenakan kesibukan dan mobilisasi yang tinggi sehingga katering rumahan ini menjadi ide bisnis yang tepat untuk lulusan SMK. Agar bisa sukses menggeluti bisnis ini harus menyediakan menu yang beragam dan juga citarasa yang enak. Selain itu berikanlah menu yang variatif dan juga harga yang kompetitif. Konsumen juga suka dengan menu berupa paket makanan sehingga akan lebih hemat dibandingkan dengan memesan menu secara sendiri-sendiri.

Laundry

usaha Laundry

usaha Laundry

Ide bisnis untuk lulusan SMK yang bisa digeluti adalah membuka bisnis laundry. Bisnis ini sangat potensial untuk digeluti dikarenakan banyak peminat. Alasan kesibukan dan lifestyle masyarakat yang berubah membuat peluang ini terbuka lebar. Yang bisa menggeluti bisnis ini adalah lulusan SMK jurusan akomodasi perhotelan. Saat di bangku sekolah jurusan ini pernah diajarkan bagaimana menangani linen tamu dan juga linen hotel dengan baik dan benar. Dengan skill tersebut lulusan SMK bisa memberikan pelayanan laundry sekelas dengan hotel berbintang sehingga akan banyak masyarakat yang menggunakan jasanya karena hasil laundry tidak hanya wangi dan rapi tapi juga bersih.

Usaha Bengkel

Bisnis yang bisa digeluti oleh jurusan SMK selanjutnya adalah membuka bengkel. Hal ini berlaku bagi cowok lulusan otomotif. Saat ini peluang bisnis bengkel ini sangat besar mengingat kepemilikan kendaraan bermotor semakin meningkat. Hal tersebut terlihat dengan tingkat kemacetan yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan lain sebagainya. Dengan menggeluti bisnis ini ilmu yang didapatkan selama di bangku SMK bisa berkembang.

Usaha Bengkel

Usaha Bengkel

Jangan minder atau rendah diri jika hanya lulusan SMK. Anak SMK sudah memiliki skill yang mumpuni untuk bersaing di dunia kerja, tidak hanya itu saja dengan keterampilan yang dimilikinya bisa membuka bisnis dan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Kebanyakan ide bisnis untuk lulusan SMK tersebut sesuai dengan jurusan agar ilmu yang didapatkan di bangku sekolah tidak hilang dengan sia-sia.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Jelaskan oleh anda peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus dari SMK -peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus smk -Jelaskan peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus SMK -usaha setelah lulus smk -peluang usaha setelah lulus smk -peluang usaha untuk lulusan smk akuntansi -Peluang usaha yang bisa di kembangkan setelah lulus smk -peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus dari SMK -peluang usaha yang dapat dikembangkan setelah lulus smk -jelaskan peluang usaha yang bisa dikembangkan setelah lulus dari smk -

Tags: Ide bisnis untuk lulusan SMK Ide bisnis untuk lulusan SMK 2018 Ide bisnis untuk lulusan SMK terbaik Ide bisnis untuk lulusan SMK terbaru trik Ide bisnis untuk lulusan SMK

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Ide Bisnis untuk Lulusan SMK Sesuai Jurusan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan