5 Cara Management Cash Flow Bisnis Anda Supaya Sehat

Management cash flow bisnis Anda – Dalam menjalankan bisnis, Anda sebagai pebisnis selalu dituntut untuk bisa memiliki manajemen yang mumpuni dan bisa dijalankan secara efektif. Manajemen ini menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis. Jangan pernah mengharapkan bisnis menjadi sukses jika manajemennya saja belum bagus dan tidak tertata dengan rapi. Salah satu manajemen yang harus dicermati adalah cash flow.

Cash flow ini menjadi poin penting dalam manajemen bisnis Anda. Jika manajemennya saja salah maka berbagai macam masalah keuangan maupun pengelolaan lainnya akan muncul dan yang sering terjadi adalah masalah ketersediaan kas di dalam bisnis. Supaya hal tersebut tidak terjadi penting untuk memahami bagaimana mengelola cash flow yang tepat.  Berikut ini ada beberapa tips management cash flow bisnis Anda yang penting diketahui:

Membuat Perencanaan

Bisnis tanpa perencanaan bagaikan seperti kapal yang berjalan di tengah laut tanpa nakhoda yang tidak memiliki tujuan. Oleh sebab itulah perencanaan ini sangat dibutuhkan dalam bisnis. Perencanaan yang penting dilakukan adalah modalnya sebab kekurangan modal akan menyebabkan bisnis bisa berhenti di tengah jalan. Saat merencanakan berapa modal yang dibutuhkan Anda juga harus menghitung berbagai macam jenis biaya lainnya yang harus dikeluarkan misalnya biaya gaji, biaya pajak, gaji karyawan jika memperkerjakan karyawan, dan masih banyak lagi lainnya.

Menguasai Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Supaya bisa memanajemen cash flow, Anda juga harus menguasai manajemen keuangan. Dengan begitu Anda akan tahu mana arus kas yang tidak sehat dan mana yang sehat sehingga arus kas tersebut akan selalu terpantau dengan baik. Selain itu Anda juga harus tahu seperti apa laporan keuangan yang baik dan benar sehingga ketika ada kejanggalan bisa segera mengetahuinya dan menindaklanjuti.

Membatasi Pengeluaran yang Bernilai Besar

pengeluaran uang

pengeluaran uang

Cara mengelola cash flow yang dimiliki adalah membatasi pengeluaran yang tidak masuk akal atau terlalu besar.  Pengeluaran yang terlalu besar akan menyebabkan kas menjadi kebobolan. Tidak hanya itu saja supaya management cash flow bisnis Anda lebih baik sebaiknya mengurangi atau menghilangkan biaya yang tidak menunjang bisnis. Cobalah berhemat dengan mengurangi pengeluaran biaya tersebut. Hindari menghamburkan pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya tidak penting meski saat itu saldo di kas sedang berlebih. Hal ini juga harus Anda terapkan ketika akan berbelanja untuk modal usaha, pertimbangan dengan saksama apakah modal tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak, bisa meningkatkan penjualan atau tidak dan lain sebagainya.

Cermati Arus

Sebagai pebisnis Anda harus bisa mencermati setiap arus kas yang masuk dan keluar.  Saat bisnis sedang beroperasional maka arus kas ini juga akan terus berputar. Supaya kas bisa mencukupi semua kegiatan operasional bisnis sistem dari penjualan ini juga harus baik, jika sistem penjualannya melemah maka kas tidak akan bisa mencukupi semua biaya operasional. Jika keuntungan yang didapatkan dari penjualan produk sedikit namun mampu menjual banyak produk arus kas ini akan lancar dan bisa mencukupi biaya operasional bisnis. Bahkan orang cina pun banyak yang sukses karena mereka memiliki arus kas yang lancar dimana mengambil keuntungan sedikit namun bisa menjual banyak produk. Dengan mencermati arus kas secara rutin ini Anda akan bisa mengetahui seperti apa rincian stok barang yang bisa dijual ke konsumen, mengecek tagihan untuk para supplier, dan juga piutang yang dimiliki para pembeli. Pengecekan ini penting supaya tidak ada tagihan yang macet atau pembayaran yang terdobel.

Tepat Waktu

tepat waktu

tepat waktu

Cara management cash flow bisnis yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah tepat waktu dalam menagih pelanggan. Mengirimkan fraktur pembayaran yang tepat waktu membuat Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan sehingga arus kas yang masuk bisa dipercepat. Anda bisa memberikan fraktur ke pelanggan setelah transaksi pembelian supaya mereka bisa segera membayar secepatnya. Sayangnya tidak semua pelanggan bisa membayar tepat waktu. Jika sudah begini Anda bisa  memberikan potongan penjualan supaya pelanggan bisa membayarnya setelah beberapa hari pembelian.

Manfaat Management Cash Flow

Setelah tahu bagaimana cara memanagement cash flow bisnis Anda, akan ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika manajemen tersebut berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Manfaat yang pertama adalah Anda bisa melihat dan memperhitungkan dengan baik bagian mana dana yang mengalami kemacetan sehingga tindakan perbaikan pada titi-titik kemacetan tersebut bisa segera diatasi. Manfaat selanjutnya adalah Anda bisa menetapkan beberapa kebijakan baru yang ada di dalam bisnis salah satunya terkait dengan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan atau klien Anda. Sedangkan manfaat yang terakhir adalah Anda bisa melihat seberapa banyak bisnis mengalami peningkatan. Dengan peningkatan tersebut Anda bisa mengaplikasikannya ke dalam berbagai macam komponen investasi maupun simpanan yang lainnya dimana bisa digunakan jika nantinya bisnis sedang mengalami masalah keuangan yang serius.

Cash flow ini sangat penting bagi bisnis karena dampaknya sangat menyeluruh. Dengan memahami dan melakukan management cash flow bisnis Anda diharapkan bisnis memiliki arus kas yang sehat sehingga terhindar dari berbagai macam masalah keuangan ke depannya.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara management uang bisnis -

Tags: bagaimana Management cash flow bisnis Anda Management cash flow bisnis Management cash flow bisnis Anda tips Management cash flow bisnis

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Cara Management Cash Flow Bisnis Anda Supaya Sehat"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan