4 Tips Menghindari Investasi Bodong Paling Tepat

Tips menghindari investasi bodong – Pasti Anda pernah mendengar kata investasi bodong, terutama di media televisi topik tersebut pernah hangat dibicarakan. Memang semakin banyaknya masyarakat yang sadar untuk berinvestasi membuat oknum yang tidak bertanggung jawab tega untuk membohongi masyarakat tersebut demi kepentingan dirinya sendiri. Masyarakat diiming-imingi dengan investasi yang keuntungannya menjadi berlipat-lipat, dan jenisnya pun bermacam-macam. Sayangnya investasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Nama bodong sendiri diambil dari gabungan dua kata yaitu si “bodoh” dan si “bohong” sehingga dalam investasi bodong tersebut melibatkan dua orang. Agar tidak menjadi si bodoh atau pihak yang terbodohi akibat investasi tipu-tipu tersebut sebaiknya Anda berhati-hati dengan investasi ini. Simak beberapa tips menghindari investasi bodong berikut ini:

Waspada

investasi bodong

investasi bodong

Tips menghindari investasi bodong yang pertama adalah harus waspada jika ada tawaran investasi yang keuntungannya tidak masuk di akal. Memang setiap investasi menawarkan keuntungan yang beragam namun kerugian juga ada. Sehingga jika ditawari investasi dengan menanam uang di sistem sedangkan hasilnya bisa terlihat selama beberapa bulan saja dan jumlahnya tidak masuk akal perlu waspada. Untuk membuat korban berinvestasi semakin banyak lagi pencarian keuntungan yang pertama akan dicairkan namun setelah invest uang lebih banyak mereka akan kabur membawa uang tersebut.

Sebagai contohnya berinvestasi sebanyak 1 juta rupiah, dalam hitungan 3 bulan uang menjadi 1,4 juta. Korban pun tertarik untuk berinvestasi dengan jumlah uang lebih banyak lagi agar keuntungan yang didapatkan semakin banyak. Sayangnya setelah mendapatkan uang sistem menjadi tidak bisa diakses dan korban kehilangan uang.

Pemeriksaan Izin dan Dokumen

OJK

OJK

Lembaga keuangan atau produk keuangan yang tugasnya menghimpun dana maupun investasi harus memiliki izin secara resmi dari OJK, Departemen Keuangan, Bank Indonesia dan lain sebagainya. Yang harus diwaspadai jika perusahaan tersebut hanya memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. SIUP tersebut gunanya bukan untuk menghimpun dana namun merupakan surat izin untuk mendirikan usaha. Untuk menghimpun dana dan mengelola investasi harus memiliki izin resmi tidak hanya sekadar SIUP.

Lebih Teliti

Meskipun bentuk investasi bodong semakin beragam untuk bisa menghindarinya adalah dengan menanamkan sifat teliti di dalam diri sendiri. Hal-hal yang harus di teliti adalah izin resmi, cara kerjanya bagaimana, cara mendapatkan keuntungannya bagaimana yang harus diatur dengan jelas. Setiap perusahaan memiliki standar operasi yang sudah paten. Perusahaan yang menawarkan investasi bodong tidak memiliki standar baku bagaimana cara untuk menjalankan produk investasi tersebut, tidak ada informasi produk maupun cara berinvestasi secara resmi. Ketika mendapatkan tawaran investasi yang mencurigakan, lakukanlah beberapa hal berikut ini:

investasi bodong

investasi bodong

  1. Hindari penyerahan dana apapun jika belum ada bukti tertulis hitam di atas putih. Bacalah secara teliti sebelum melakukan tanda tangan, kemudian baca secara teliti pasal yang tertulis di dalam surat perjanjian tersebut agar tidak ada salah persepsi. Buatlah perjanjian yang mengikat antara Anda dan perusahaan tersebut.
  2. Tips menghindari investasi bodong yang penting adalah jangan mudah tertarik dengan berbagai macam tawaran yang manis dan muluk-muluk.  Oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut akan terus memaksa sampai Anda mau untuk bergabung.  Carilah latar belakang perusahaan yang menawarkan investasi sebelum memutuskan apakah ingin bergabung atau tidak. Jika perusahaan tersebut sudah pernah melakukan penipuan sebelumnya akan mudah mencari informasinya melalui artikel berita online atau sharing pengalaman pribadi yang biasanya di tulis dalam platform BlogSpot atau WordPress.
  3. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk investasi yang mereka tawarkan. Jika ada yang mengganjal segera tanyakan kepada pihak perusahaan tersebut misalnya tentang bagaimana perusahaan itu menanamkan investasi para nasabahnya, bagaimana perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan dan lain sebagainya. Jika investasi yang ditawarkan kepada Anda memiliki bentuk nyata maka bisa dengan melihat secara langsung produk investasi yang mereka tawarkan.

Crosscheck

Tidak semua investasi yang ditawarkan bersifat bodong namun agar terhindar dari investasi bodong bisa melakukan crosscheck ke OJK, caranya adalah dengan menghubungi call center dengan dial 1500655. Anda bisa menanyakan legalitas perusahaan tersebut, produk yang ditawarkannya dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa tips menghindari investasi bodong yang penting untuk Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bagaimana cara menghindari investasi bodong -Bagaimana menghindari investasi -cara mengatasi inventasi bodomg -cara menghidar dari investasi bodong -menghindari investasi bo -tips menawarkan investasi -

Tags: cara menghindari investasi bodong Tips menghindari investasi bodong Tips menghindari investasi bodong terbaru Tips menghindari penipuan bodong

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Tips Menghindari Investasi Bodong Paling Tepat"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan