3 Jenis Investasi Yang Tidak Terkena Dampak Inflasi

Investasi adalah elemen yang sangat penting di dalam sebuah perencanaan keuangan oleh karena itu pilih jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi. Dengan cara menanamkan modal pada instrumen investasi yang memang tepat, investor tentunya bisa menuai keuntungan yang besar di masa depan. Ada banyak jenis instrumen investasi yang nantinya bisa Anda coba, seperti halnya deposito, investasi tabungan berjangka, investasi saham, investasi reksa dana, obligasi ataupun logam mulia. Biasanya di setiap pergantian tahun banyak bermunculan berbagai prediksi dari para pakar ekonomi tentang jenis investasi apa yang akan menguntungkan dan juga mana yang  sebaiknya harus dihindari. Akan tetapi, apakah semua prediksi tersebut akan selalu akurat? Ada begitu banyak faktor yang akan mempengaruhi suksesnya dalam berinvestasi, di antaranya adalah waktu investasi, besarnya aset untuk alokasi sebuah investasi, dan juga perkiraan laju inflasi. Berikut beberapa jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi yang bisa Anda pilih agar dana investasi aman dan tidak rugi.

Investasi Emas, Lama Namun Jauh Lebih Stabil Daripada Investasi Lainnya

Sejak dahulu, investasi dalam bentuk logam emas memang sudah banyak diminati berebagai kalangan. Di dalam investasi jangka panjang, nilai emas memang cenderung terus naik dan juga jarang terjadi penurunan harga dari nilai emas. Alasan lainnya kenapa banyak orang tertarik pada jenis investasi emas ini dikarenakan sangat mudah diperjualbelikan.

investasi emas

investasi emas

Jika memang tertarik untuk menjalani investasi emas, Anda harus bersabar untuk bisa meraih banyak keuntungan. Sebab jenis investasi ini adalah investasi didalam jangka panjang. Pasalnya, memang harga dari emas selalu cenderung naik. Akan tetapi, kenaikan dari harga emas juga tidak bisa langsung tinggi. Investasi emas tak akan cocok bagi mereka yang sedang menginginkan return didalam waktu singkat.

Namun emas menjadi salah satu jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan sekaligus mengamankan keuangan Anda di masa depan.

Investasi Properti Yang Harganya Naik Terus Sepanjang Tahun

Properti menjadi salah satu pilihan investasi yang memang sangat  menarik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jumlah dari properti yang sudah ada  dengan jumlah para penduduk yang sedang membutuhkannya tidaklah sebanding. Faktanya ialah pertumbuhan jumlah dari para penduduk jauh lebih cepat daripada perkembangan properti.

Sebagai contohnya, kebutuhan akan properti jenis rumah. Jika Anda akan membeli rumah yang jauh dari jalan raya ataupun yang ada di desa, mungkin untuk saat ini memang belum terlalu ramai lantas harganya pun masih relatif murah. Akan tetapi, apakah nanti keadaannya akan bisa tetap sama didalam satu ataupun dua tahun yang akan datang? Tentu saja akan berbeda.

bisnis properti

bisnis properti

Dari harga sebidang tanahnya saja, Anda sudah mampu meraup keuntungan karena memang harga tanah akan cenderung naik di setiap tahunnya. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan dari bangunan yang sudah dimiliki yang nantinya semakin meningkat harganya.

Sayangnya, bisnis properti ini memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan bisnis lainnya, yaitu jika tidak pandai atau tidak memiliki pengetahuan dan juga jaringan yang kuat, akan sangat susah untuk bisa menjualnya kembali. Risiko lainnya dari jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi ini adalah bisa saja bukannya meraih keuntungan dari hasil penjualan, Anda nantinya malah harus mengeluarkan banyak biaya rutin untuk biaya perawatan.

Karena itu, para pemilik properti lebih menyukai menyewakan properti yang dimilikinya daripada didiamkan begitu saja tanpa ada penghuni. Pertimbangannya adalah menyewakan properti cenderung mudah daripada menjualnya.

Investasi Saham Ataupun Reksa Dana, Investasi Yang Sedang Menjadi Tren Untuk Saat Ini

Pesatnya penggunaan teknologi yang sudah terhubung secara online akan membuat investasi yang ada di pasar modal juga semakin mudah untuk dilakukan. Sekarang ini, semakin banyak promosi investasi didalam bentuk reksa dana ataupun juga saham yang tentu bisa dilakukan secara online.

Reksadana

Reksadana

Untuk yang baru saja mulai berinvestasi, reksa dana memang relatif jauh lebih mudah dan juga murah. Sebab inti dari investasi ini, Anda hanya tinggal menaruh uang saja dan juga menunggu dana untuk dikelola oleh manajer investasi agar nantinya mendapatkan imbal balik didalam bentuk return. Sementara investasi dalam bentuk saham walaupun sedikit terlihat agak rumit, tetapi tetap memiliki potensi timbal balik yang jauh lebih besar.

Dalam berinvestasi, kita membutuhkan pengetahuan yang cukup agar nantinya tidak terpeleset ke jurang kerugian. Banyak orang yang sebelumnya berniat untuk memutarkan modal yang dimiliki malah mengalami kerugian karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi dan malah mengambil resiko ke jenis investasi yang lain karena tergiur dengan keuntungannya.

Загрузка...

Tags: jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi jenis-jenis investasi yang tidak terkena dampak inflasi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar