10 Contoh Usaha yang Minim Rugi, Worth It Banget!

Ada beberapa contoh usaha yang minim rugi yang bisa Anda coba. Dengan mencoba menjalankan bisnis yang memiliki resiko kerugian yang kecil, Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga untuk bisa mengembangkan kemampuan dalam berwirausaha. Dalam menekuni bisnis yang punya resiko kerugian yang minim, Anda pun tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi Anda yang belum punya banyak modal untuk menjalankan sebuah usaha. Berikut ini beberapa contoh usaha yang memiliki resiko kerugian yang kecil.

1.     Dropshipper

Menjadi dropshiper kini banyak dipilih oleh orang-orang yang gemar berbisnis online. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak butuh modal untuk mengadakan stok barang. Tugas Anda adalah mencari konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan dan barang tersebut nantinya akan dikirim langsung oleh produsennya.

Bisnis ini memiliki resiko yang sangat kecil atau bahkan tidak ada resikonya sama sekali. Untuk bisa menjalankan bisnis ini, Anda hanya memerlukan gadget dan akses internet. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan tergantung banyaknya konsumen yang berhasil Anda dapatkan.

2.     Jasa Penulisan Artikel

Saat ini banyak pemilik blog yang membutuhkan artikel untuk memperkaya konten. Hal ini bisa menjadi peluang menggiurkan bagi Anda yang gemar menulis artikel. Anda dapat mencoba menawarkan jasa penulisan artikel SEO. Untuk bisa menjalankan bisnis minim resiko ini, Anda hanya perlu mengandalkan pengetahuan yang luas, laptop, dan akses internet.

3.     Jasa Les Private

Bagi Anda yang punya keahlian dalam mengajar, salah satu contoh usaha yang minim rugi yang bisa Anda coba adalah jasa les private. Anda dapat membuka les private tersebut di rumah. Berbagai bidang keahlian yang banyak dibutuhkan antara lain bahasa, pendidikan, perbaikan elektronik, dan lain sebagainya. Pilih salah satu bidang yang menjadi keahlian Anda.

4.     Jasa Penerjemah

Untuk bisa menjadi penerjemah, Anda harus menguasai bahasa asing dengan baik. Dokumen yang dapat Anda terjemahkan antara lain skripsi, artikel, makalah, dan dokumen lainnya. Setelah Anda selesai menerjemahkan dokumen tersebut, Anda dapat menagihkan sejumlah biaya dan menerima penghasilan tambahan.

5.     Agen Gas Elpiji dan Air Minum Galon

Menjual gas elpiji dan air minum galon bisa mendatangkan banyak keuntungan karena hampir semua rumah membutuhkan gas elpiji dan air minum. Dengan begitu, bisnis ini memiliki resiko kerugian yang kecil.

6.     Agen Properti

Agen properti atau biasa disebut juga dengan broker atau makelar merupakan salah satu contoh usaha yang minim rugi. Anda pun akan mendapatkan hasil yang besar ketika Anda menjadi seorang agen properti. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki kemampuan untuk bernegoisasi dan berkomunikasi dengan para klien.

7.     Membuat Blog

Membuat blog bisa jadi bisnis sampingan yang tidak membutuhkan modal yang besar dan juga punya resiko yang kecil. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa mengisi blog dengan konten atau tulisan yang berupa artikel yang informatif atau pengalaman hidup Anda yang bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Saat awal-awal memiliki blog, Anda mungkin akan kesulitan dalam mencari pengunjung. Oleh karena itu, Anda harus bisa mempromosikan blog Anda pada teman-teman melalui media sosial. Seiring berjalannya waktu, blog tersebut akan semakin dikenal banyak orang sehingga Anda dapat memasang iklan dengan melalui Google Adsense. Anda akan mendapatkan uang setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut.

8.     Menjual Foto di Internet

Bagi Anda yang suka fotografi, Anda bisa memanfaatkan internet untuk menjual foto-foto hasil jepretan Anda. Untuk menjual foto di internet, Anda dapat mendaftarkan diri ke website penjualan foto. Melalui situs penjualan foto, Anda dapat mengupload foto-foto Anda dan mendapatkan komisi ketika ada yang tertarik untuk membeli foto tersebut.

Bisnis ini termasuk salah satu contoh usaha yang minim rugi. Untuk bisa berjualan foto di internet, Anda hanya membutuhkan skill fotografi dan memiliki kamera digital ataupun kamera smartphone yang punya kualitas yang memadai. Untuk menarik minat banyak orang untuk membeli foto tersebut, Anda harus memastikan foto-foto tersebut punya kualitas yang baik dan memiliki ciri khas yang unik.

9.     Jasa Pembuatan Website

Bagi Anda yang tertarik dengan bidang IT, menjalankan bisnis jasa pembuatan website bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Saat ini ada banyak orang yang membutuhkan website untuk menjalankan bisnis e-commerce. Karena itulah, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Social Media Manager

Saat ini belum banyak orang yang menjalankan usaha sebagai social media manager. Namun, jika Anda punya skill untuk menganalisis data dan memiliki waktu untuk mengatur sosial media, maka tak ada salahnya untuk menekuni bisnis yang satu ini. Jasa social media manager sangat dibutuhkan oleh social media influencer untuk membuat postingan yang bisa menambah follower dari social media milik mereka.

Itulah beberapa contoh usaha yang minim rugi yang bisa Anda coba. Dengan menjalankan bisnis tersebut, Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga untuk meningkatkan kemampuan di dunia wirausaha.

Загрузка...

Tags: contoh usaha yang minim rugi peluang usaha yang minim rugi

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar