9 Tips Menjalankan Bisnis Bersama Teman Agar Tetap Profesional

Merintis usaha seorang diri mungkin memang sesuatu yang luar biasa untuk dilakukan. Akan tetapi, jika Anda memang merasa kesulitan baik dalam hal operasional maupun manajerial, maka tidak ada salahnya juga untuk menggandeng partner. Salah satu yang bisa Anda ajak menjadi partner adalah teman atau sahabat Anda.

Bisnis Bersama Teman Agar Tetap Profesional

Mengajak teman sebagai partner bisnis memang bisa jadi jalan yang baik untuk merintis usaha, asalkan Anda tahu dan paham aturannya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjalankan bisnis bersama teman yang harus selalu Anda perhatikan.

Jeli dalam Memilih Teman

Memilih partner bisnis bukanlah sesuatu hal yang mudah dan sepele, karena pada dasarnya orang tersebutlah yang nantinya akan berjuang bersama dalam membangun dan membesarkan bisnis tersebut. Untuk itu, pastikan bahwa Anda memilih sosok teman yang tepat.

Pilihlah seseorang yang memang memiliki jiwa tulus, mau berjuang bersama dan setia kawan. Sebab loyalitas pertemanan Anda nantinya akan diuji ketika bisnis sedang jatuh. Jadi pastikan, Anda mengenal betul siapa teman yang akan Anda ajak berbisnis bersama.

Pentingnya Kecocokan Karakter

Membangun bisnis bersama berarti membutuhkan sebuah kerjasama yang selaras, itu artinya Anda harus bisa memilih seseorang yang setidaknya memiliki kecocokan karakter dengan Anda. Karakter yang cocok antara kedua pelaku bisnis akan membuat Anda dan rekan Anda lebih mudah membangun chemistry, sehingga harapannya kedepan Anda akan semakin mudah melangkah bersama.

Kecocokan karakter juga bisa membuat Anda dan rekan bisnis semakin mudah dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. Cocok dalam hal ini belum tentu sama, akan  tetapi lebih pada saling melengkapi antara karakter yang satu dan lainnya.

Membangun Komitmen Bersama

Tips menjalankan bisnis bersama teman selanjutnya yaitu membangun komitmen mengenai apa dan bagaimana bisnis yang akan dijalankan. Beberapa dari Anda mungkin sudah menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang akan dijalankan, atau ada juga yang baru mendiskusikannya setelah merasa menemukan partner yang pas.

Tak jadi masalah, selagi Anda dan partner bisa mendiskusikan dan menyetujui langkah ke depan. Dalam membangun komitmen ini penting bagi Anda untuk membahas tentang visi misi bisnis dan juga target yang harus dicapai bersama. ‘

Membuat Surat Kontrak Tertulis

Menulis surat kontrak tertulis yang ditandatangani kedua belah pihak merupakan salah satu tips menjalankan bisnis bersama teman yang wajib dilakukan. Hal ini guna menghindari hal yang tidak diinginkan, misalnya ketika ada salah satu pihak yang tidak amanah. Karena meskipun Anda saling berteman, namun dalam urusan bisnis bisa saja kedepan akan terjadi hal buruk, sehingga dengan adanya surat kontrak tertulis ini dapat meminimalisir masalah yang akan ditimbulkan.

Sebisa mungkin buatlah surat kontrak ini dalam kondisi yang tenang, dan jangan lupa juga untuk membubuhkan tanda tangan bermaterai agar surat kontrak tersebut memiliki kekuatan hukum.

Lakukan Pembagian Tugas yang Jelas

Menjalankan bisnis bersama teman bukan berarti Anda dan partner bisa bebas dalam melakukan segala sesuatunya. Justru dari awal kedua belah pihak harus sudah saling membagi tugas dengan jelas sesuai dengan ranah keahlian atau kemampuan masing-masing. Sehingga pada pelaksanaan operasional bisnis Anda dan partner sudah sama-sama tahu kewajiban masing-masing.

Selain itu, pembagian tugas juga menjaga agar masing-masing pihak bisa bekerja secara profesional. Saat sedang menjalankan bisnis luapkan terlebih dahulu segala hal yang berkaitan dengan persahabatan, namun bekerjalah seolah Anda dan partner adalah rekan bisnis.

Saling Melengkapi

Tips menjalankan bisnis bersama teman yang selanjutnya yaitu mencoba untuk saling melengkapi. Setiap individu pastilah memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing. Jangan jadikan kelemahan menjadi fokus utama, akan tetapi justru pahami kelebihan masing-masing partner, lalu buatlah kelebihan tersebut agar bisa saling melengkapi satu sama lain.

Misalnya saja Anda lemah di bidang manajerial, sedangkan dalam operasional Anda cukup mahir. Di sisi lain partner bisnis Anda justru sebaliknya. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk saling melengkapi satu sama lain.

Buat Perjanjian yang Jelas Tentang Pembagian Hasil

Profit adalah tujuan yang pasti dari sebuah bisnis. Jika Anda menjalankan bisnis bersama teman atau sahabat Anda, maka buatlah perjanjian yang jelas sejak awal. Hal ini akan menghindarkan Anda dari masalah pembagian keuntungan, sebab jika tidak disepakati sejak awal bisa saja menimbulkan rasa iri dan rasa tidak adil.

Pembagian hasil ini bisa juga dibuat berdasarkan besarnya modal yang diberikan masing-masing pihak, atau berdasar kontribusi yang diberikan.

Siapa yang Berhak Memberi Keputusan?

Salah satu tips menjalankan bisnis bersama teman yang tidak boleh Anda abaikan adalah menentukan siapa yang berkedudukan sebagai pengambil keputusan. Meski sebuah bisnis dijalankan bersama, seharusnya ada satu orang yang diberikan wewenang untuk mengambil keputusan. Sebab jika pengambil keputusan adalah dua pihak maka dapat diibaratkan satu kapal memiliki dua nahkoda. Hal ini tentunya tidak terlalu baik untuk perjalanan bisnis Anda.

Baca juga : 9 Bisnis Franchise Makanan Murah Dibawah 10 Juta!

Anda dan partner bisa berdiskusi dengan terbuka, tentu dibutuhkan kesepakatan antara kedua belah pihak. Sehingga nantinya apapunke[utusan yang diambil pemimpin dapat diterima dengan baik. Tentunya menjadi seorang decision maker juga tidak mudah. Anda harus memertimbangkan segala hal dan aspek dengan bijak, agar keputusan yang diambil memiliki resiko sekecil mungkin.

Pembagian Modal

Menjalankan bisnis bersama partner memang tidak selalu harus membagi modal dengan jumlah sama besar. Anda tetap bisa membuat kesepakatan, berapa persen pembagian modal berdasar kemampuan masing-masing pihak. Tentunya ini juga akan berpengaruh pada pembagian hasil. Untuk itu bicarakan baik-baik diawal agar nantinya tidak menjadi sumber masalah.

Merintis dan mengembangkan bisnis bersama teman memang terlihat cukup menarik, apalagi jika Anda berhasil menemukan partner yang sejalan dan seide. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa bisnis ini tidak selamanya mudah dan indah, jadi benar-benar dibutuhkan sikap yang profesional meskipun saling berteman. Beberapa tips menjalankan bisnis bersama teman di atas dapat Anda jadikan pedoman sebelum merintis bisnis Anda bersama sahabat.

 

Tags: cara menjalankan bisnis bersama teman Tips menjalankan bisnis bersama teman

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar