6 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19 ini tidak mudah. Banyak pebisnis yang mengeluh dimana sulit untuk bisa mengembangkan atau sekedar mempertahankan bisnis yang digelutinya. Bahkan banyak pebisnis tidak bisa bertahan dan harus tumbang karena tidak bisa bertahan saat pandemi seperti saat ini.

Tidak hanya pebisnis kecil dan UMKM saja yang terkena dampak ini karena beberapa bisnis besar dan terkenal pun juga merasakan dampaknya seperti Zara dan Matahari yang mana mereka harus menutup gerai bisnis mereka karena terkena pandemi. Oleh sebab itu diperlukan tips khusus untuk bisa mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19 ini. Jika Anda merasakan hal yang sama ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Menjadi Pemimpin yang Diandalkan

Bisnis memang sedang tidak stabil karena terpaan corona atau Covid-19 ini namun selalu berusahalah untuk menjadi pemimpin yang selalu dibutuhkan banyak orang dan juga karyawan Anda. Tim Anda membutuhkan sosok yang bisa mengayomi dan juga bisa menjamin semua akan berjalan baik-baik saja bahkan di masa krisis sekalipun.

Yakinkan tim Anda bahwa Anda dan tim bisa melalui pandemi ini bersama-sama. Jika semangat tersebut hilang bisnis Anda akan bisa terkena dampaknya. Bisnis ini ada di tangan Anda dan Anda lah yang menjadi pemimpinnya sehingga lakukan organisasi dengan baik agar situasi di perusahaan Anda menjadi tetap kondusif.

Tingkatkan Transparansi

Tips mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan meningkatkan transparansi bisnis. Masa sekarang ini adalah masa yang sulit bagi semua orang sehingga transparansi bisnis ini sangat dibutuhkan. Sebagai pemimpin Anda harus bersikap jujur dan terbuka terhadap karyawan-karyawan Anda.

Apapun nantinya keputusan yang Anda ambil dan apapun kondisi bisnis Anda kedepannya karyawan Anda wajib tahu. Tidak hanya karyawan saja namun penting bagi Anda bersikap jujur kepada pelanggan dan mereka juga harus tahu perubahan apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda.

Fokus di Website

Tips mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda harus fokus pada website Anda. Memanfaatkan website untuk bisa mengelola bisnis ini merupakan keputusan yang tepat. Alasannya adalah adanya pembatasan sosial berskala besar dimana banyak yang lebih memilih untuk bertransaksi melalui website.

Jika belum memiliki website Anda bisa mulai untuk membuat dan mulai mengembangkannya. Tidak hanya sekedar website saja namun ada baiknya jika Anda memiliki website dengan nama domain yang menarik selain itu mudah diingat. Supaya terlihat lebih profesional Anda bisa menggunakan ekstensi yang tepat misalnya saja adalah bisnis Anda tujuannya adalah komersial maka Anda bisa menggunakan ekstensi yang belakangnya adalah .com.

Ada juga beberapa ekstensi bisnis Anda yang bisa digunakan seperti .store, .tech, .online dan masih banyak lagi lainnya. Untuk membuat bisnis Anda mudah diingat ada baiknya jika Anda menggunakan nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya saja adalah berkutat dalam fashion maka Anda bisa membuat nama domain seperti ini www.fashionforman. com dan sebagainya.

Evaluasi Keuangan

Saat pandemi ini sangat penting sekali bagi bisnis Anda untuk melakukan evaluasi keuangan. Kondisi keuangan harus terpantau dengan baik karena kondisinya akan banyak berbeda dibandingkan dengan sebelum pandemi. Pemasukan bisnis Anda mungkin akan berkurang sedangkan ada pengeluaran yang pasti untuk Anda keluarkan. Batasi pengeluaran bisnis Anda dengan melakukan evaluasi keuangan berkala.

Di sisi lain pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang aman ada hubungannya dengan kredit, pajak dan perekonomian lainnya di tengah wabah Covid ini sehingga hal ini akan meringankan bisnis Anda.

Hindari Banting Harga

Tips mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda lakukan adalah hindari untuk membanting harga karena hal ini tidak bagus untuk bisnis Anda dalam jangka panjang.  Jika Anda tetap melakukannya hal ini akan berdampak pada bisnis Anda dimana layanan bisnis Anda bisa menurun sehingga justru membuat pelanggan atau konsumen Anda merasa kecewa.

Misalnya saja adalah bisnis spa dan kecantikan menjadi bisnis yang sulit karena jumlah konsumen terus menurun setiap harinya. Daripada menurunkan harga bisa menyiasatinya dengan layanan spa dan kecantikan di rumah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Jenis-Jenis Bisnis Ritel Paling Umum yang Penting Anda Ketahui

Membuat Rencana Kerja Remote

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat rencana kerja remote. Sebelum Anda memulainya pastikan jika semua anggota Anda tahu apa yang harus dilakukan mereka saat WFH tersebut. Untuk mendukung kelancaran WFH tersebut Anda bisa membuat peraturan kapan karyawan harus online, berapa lama bekerja dan sebagainya.

Kenalkan karyawan Anda dengan deadline dan kelancaran komunikasi ini harus terjaga dengan baik. Komunikasi kurang lancar membuat proses bekerja juga tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Banyak bisnis tumbang akibat pandemi Covid-19 ini. Lakukan beberapa tips mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19 di atas untuk membuat bisnis Anda tetap bertahan meski di masa pandemi.

Tags: Mempertahankan bisnis di masa pandemi Covid-19

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar