Tips Memilih Rumah dan Properti Yang Tepat Untuk Investasi

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi terbaik di tahun ini dan mampu memberikan keuntungan berlipat di masa depan. Namun tahukah Anda tidak semua jenis properti tsb mampu memberikan keuntungan yang maksimal? Untuk itu Anda perlu jeli dan cermat dalam memilih rumah atau properti yang tepat untuk investasi.

Sebelum Cara Investasi Bisnis membahas mengenai beberapa tips memilih rumah yang tepat untuk investasi masa depan, alangkah lebih baik bila Anda mengingat kembali beberapa keuntungan investasi properti yaitu risiko yang relative kecil, Anda memegang kendali atas investasi Anda sepenuhnya, tidak terlalu terpengaruh oleh faktor eksternal (misalnya suhu politik, dll), harga properti yang cenderung naik dari tahun ke tahun, dan dapat disewakan sehingga tidak hanya mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saja.

Baca juga: Mengenal Risiko dan Keuntungan Investasi Properti

Dari keuntungan-keuntungan investasi properti tsb maka sangat wajar bila investasi jenis ini memang selalu diminati para investor.

Tips Memilih Rumah dan Properti Yang Tepat Untuk Investasi Agar Mendapatkan Keuntungan Yang Maksimal

Seperti yang telah diulas sedikit di atas, walaupun keuntungan investasi properti sangat banyak namun tetap memiliki faktor risiko. Tugas kita sebagai investor adalah menekan faktor risiko tsb seminim mungkin agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih rumah dan properti yang tepat untuk investasi yang dapat Anda ikuti:

  1. Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis artinya lokasi tsb dapat diakses dengan mudah, dekat dengan fasilitas publik, dll. Rumah yang memiliki lokasi strategis biasanya akan mengalami kenaikan harga yang signifikan. Memilih rumah dan properti dengan lokasi strategis untuk investasi memang perlu mengalokasikan dana yang cukup tinggi. Sebagai alternatifnya, Anda dapat memilih lokasi di pinggiran kota yang sedang berkembang yang biasanya masih memiliki harga relative tidak terlalu tinggi.

  1. Fasilitas & Infrastruktur Yang Lengkap

Selain lokasi yang strategis, Anda pun sebaiknya memilih rumah dan properti untuk investasi yang memiliki rencana pembangunan fasilitas. Misalnya ada rencana pembangunan fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, jalan tol, dll. Semua fasilitas dan infrastruktur tsb dapat meningkatkan harga jual di tahun mendatang.

  1. Pengembang Properti / Penjual Yang Terpercaya

Tips berikutnya dalam memilih rumah dan properti yang tepat untuk investasi adalah memilih penjual atau developer yang terpercaya, memiliki “track record” yang baik, dengan dokumen-dokumen properti yang lengkap dan sah.

Baca juga: Mengenal Jenis Sertifikat Properti Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Kondisi Rumah Yang Baik

Saat memilih rumah dan properti yang tepat untuk investasi, sebaiknya Anda melakukan survey dan melihat kondisi rumah / properti tsb secara langsung. Beberapa poin yang perlu diperhatikan dan ditanyakan adalah:

  • Apakah rumah tsb memiliki pondasi yang baik? Perhatikan landainya tanah dari rumah tsb, segi kepadatan jalan, dll.
  • Apakah rumah tsb bebas banjir?
  • Bagaimana sumber air dan listrik rumah tsb? Apakah ada air sumur atau harus menggunakan air ledeng? Apakah dekat dengan sutet? Dll.
  • Apakah lingkungan rumah tsb aman dan memiliki suasana kondusif?
  1. Harga Miring

Untuk memaksimalkan keuntungan, sebaiknya Anda memilih rumah atau properti yang memiliki harga miring untuk investasi. Banyak para penjual yang menjual dengan harga miring, tinggal bagaimana Anda mencarinya dengan cermat. Atau alternative lainnya Anda dapat juga membeli lahan kosong untuk kemudian Anda bangun dengan model dan desain yang sesuai keinginan Anda.

Itulah 5 tips memilih rumah dan properti yang tepat untuk investasi agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

memilih properti untuk investasi -Parameter memilih investasi rumah -tips mencari investasi rumah -

Tags: Cara Investasi Properti Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Tips Memilih Rumah dan Properti Yang Tepat Untuk Investasi"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan