5 Strategi Marketing Anti Mainstream yang Wajib Dicoba!

Strategi marketing anti mainstream ini sering terlihat dari iklan negara Thailand. Iklan mereka bisa membuat penonton menontonnya sampai akhir dan membuat penonton menerka-nerka produk apa yang mereka tawarkan dan khasiatnya bagaimana. Ide-ide iklan yang menarik itulah yang akan membuat pemasaran Anda menghasilkan hasil seperti yang diinginkan.  Pemasaran ini menjadi salah satu hal yang penting dalam memulai usaha. Jika marketing gagal maka tujuan dari pemasaran tersebut tidak akan bisa tercapai.

Strategi Marketing Anti Mainstream

Untuk bisnis B2B ini iklan atau marketing sering dianggap membosankan karena targetnya adalah perusahaan dengan berbagai skala. Untuk bisnis dengan tipe B2C atau C2C ini iklannya akan lebih variatif, lebih menarik dan juga lebih bombastis karena memiliki target pasar yang luwes dan juga lebih beragam. Supaya lebih menarik berikut ini adalah strategi marketing anti mainstream yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

Video Marketing

Strategi Marketing anti mainstream yang bisa dilakukan pertama adalah dengan menggunakan video marketing. Beberapa tahun belakangan ini 85% bisnis menggunakan video marketing untuk promosi. Hal itu karena dirasa lebih efektif dan juga unggul.  Penggunaan video untuk materi promosi B2B juga bisa Anda lakukan saat ini karena ada banyak software canggih yang bisa digunakan untuk membuat beraneka macam video yang menarik.

Anda juga bebas untuk mengunggah video ke berbagai macam platform online seperti YouTube, website atau media sosial untuk menarik viewers yang banyak. Anda bersama tim bisa menyajikan penawaran produk atau jasa ke dalam kemasan video. Durasinya cukup singkat saja 2 sampai dengan 3 menit supaya bisa disimak oleh calon konsumen.

Dalam video tersebut Anda bisa mencantumkan poin-poin penting seperti informasi kontak perusahaan Anda, cantumkan value produk atau jasa yang Anda tawarkan beserta kelebihan-kelebihan lainnya yang mana menarik untuk bisa ditampilkan. Video menjadi sarana marketing yang lebih jitu. Alasannya karena video itu lebih mengesankan dibandingkan format promosi teks maupun gambar yang bergerak.

Channel Podcast

Siapa yang tidak kenal dengan podcast? Saat ini podcast ini menjadi media hiburan yang sedang meroket di kalangan masyarakat yang modern. Format penyajiannya pun begitu unik yaitu berupa wawancara atau monolog. Podcast ini bisa menjadi bentuk hiburan yang segar namun juga informatif bagi lapisan masyarakat. Sering sekali orang dari kalangan mendengar podcast ini untuk mendapatkan hiburan yang tidak hanya segar dan menghibur namun juga untuk mendapatkan informasi yang informatif.

Alasan orang mendengarkan podcast adalah untuk memperoleh aneka tips, trik atau bahkan sekadar berbagai cerita inspiratif yang menghibur. Anda bisa memanfaatkan podcast ini untuk promosi marketing. Cobalah untuk membuat aneka konten yang informatif ke dalam bentuk podcast.

Jika memungkinkan jangan lupa untuk menyisipkan promosi dalam sesi rekaman. Hal itu supaya audiens mengetahui produk atau jasa dari Anda ketika menyimak podcast tersebut. Trik podcast ini membuat audiens akan lebih mudah ter persuasif dengan produk yang dijual.

Untuk podcast ini sebaiknya hindari melakukan hard selling atau penjualan langsung ke dalam podcast ini karena mereka akan justru terganggu dengan hadirnya iklan tersebut. Jika dilakukan dengan benar, menarik dan juga tekun Anda bisa melakukan branding positif bisnis melalui strategi konten ini.

Kuis Interaktif

Strategi marketing ani mainstream yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kuis trivia yang mana bisa disebarkan dengan cara online. Taktik promosi ini menyenangkan dan menjadi hal yang tidak biasa.

Strategi ini pernah dilakukan oleh perusahaan Adobe dimana kampanye promosi. Perusahaan ini juga melakukan survey berbentuk kuis dengan pertanyaan utama “Seberapa kreatif diri Anda?”. Adobe sukses besar mengenalkan produknya ke konsumen. Hal itu berkat kuis yang diadakannya tersebut. Cara ini bisa Anda tiru dalam mempromosikan bisnis Anda.

Kuis interaktif ini bisa Anda lakukan untuk survei konsumen dan bisa melakukan pendekatan yang lebih baik. Biasanya konsumen ini akan susah diminta untuk mengisi review yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi tertentu.

Kalkulator Interaktif

Strategi marketing anti mainstream yang bisa dilakukan selanjutnya adalah menggunakan kalkulator interaktif yang mana menjadi tool dan bisa sering muncul di website. Kalkulator ini bermanfaat untuk melakukan personalisasi konten marketing. Anda juga bisa sekaligus menghitung nilai atau value yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Baca juga : Pengertian dan Strategi Instagram Marketing untuk Kembangkan Bisnis Anda

Film Pendek

Tips marketing yang belum banyak orang tahu adalah menematkan iklan di tengah-tengah film pendek. Iklan atau marketing itu disisipkan di dalam adegan sebuah film sehingga tampak smooth dan natural dan tidak seperti iklan. Penonton yang tertarik dengan produk itu bisa langsung kepo atau ingin tahu dengan produk yang ada di dalam iklan.

Strategi marketing seperti ini sering terlihat dalam drama Korea. Produk yang sering muncul adalah kecantikan seperti cushion, lipstik atau lip tint. Minuman juga bisa dimasukkan ke dalam film pendek tersebut. Jika biaya produksi tinggi Anda cukup menjadi sponsor dari film yang sedang berlangsung namun mereka setuju dengan konsep iklan yang Anda maksudkan.

Demikianlah strategi marketing anti mainstream yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: Strategi marketing anti mainstream Strategi marketing anti mainstream 2021 Strategi marketing anti mainstream 2022

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar