Perbedaan Asuransi Mobil TLO vs All Risk Yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan asuransi mobil tlo vs all risk – Menggunakan asuransi mobil memang menjadi salah satu cara ampuh agar terhindar dari masalah dikemudian hari. Hal tersebut yang membuat banyak orang menggunakan berbagai jenis asuransi mobil. Namun, terkadang banyak yang dibuat kebingungan saat akan menggunakan layanan dari sebuah perusahaan asuransi mobil, mereka biasanya kebingungan apakah akan menggunakan asuransi mobil TLO atau asuransi mobil All Risk. Lalu apa yang membedakan dari kedua jenis produk asuransi tersebut? Berikut perbedaan asuransi mobil TLO dan All Risk.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi Mobil TLO

Asuransi Mobil TLO

Asuransi Mobil TLO atau biasa disebut dengan kerugian total. Asuransi jenis ini akan memberikan jaminan ganti rugi hanya ketika kendaraan mengalami kehilangan atau kerusakan total akibat berbagai resiko yang sudah dijamin didalam polis.

Kerugian total  yang dimaksud disini ialah nilai kerugian sama atau bahkan lebih besar dari 75 persen dari harga kendaraan yang sebenarnya. Berarti klaim asuransi hanya dapat diajukan jika terjadi “kehilangan secara total”. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud dengan kehilangan total ialah kerusakan yang terjadi diatas 75% atau kehilangan akibat pencurian ataupun karena perampasan.

Jika kerusakan yang dialami kurang dari persentase yang sudah ditentukan, Anda tidak akan bisa melakukan klaim atau mendapatkan ganti rugi atas semua kerusakan yang Anda alami. Patokan 75 persen diambil karena mobil dipastikan tak bisa digunakan lagi. Kelebihan asuransi TLO adalah biaya premi asuransi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan All Risk

Lalu kenapa bisa lebih murah? Hal tersebut dikarenakan kerusakan yang dicover harus benar-benar kerusakan atau kerugian yang membuat Anda harus membeli baru atau mempperbaiki hingga seharga mobil baru. Oleh karena itu, Anda tidak akan dibebankan dengan biaya premi yang mahal setiap bulannya. Karena kerusakan atau kehilangan secara total tidak serta merta Anda alami.

Banyak yang menganggap TLO ini bisa mengcover semua kerusakan sehingga mereka mengambil jenis asuransi jenis ini. Padahal, jenis asuransi ini tidak bisa mengcover semua kerusakan yang dialami oleh mobil mereka. Selain itu, terkadang pihak sales atau marketing asuransi tidak menjelaskan secara lugas apa yang dimaksud dengan asuransi TLO. Oleh karena itu, selalu perhatikan dengan cermat apa saja yang tertulis di premi sebelum Anda mengambil asuransi mobil dari sebuah perusahaan asuransi. Itulah perbedaan asuransi mobil TLO dan All Risk.

Asuransi All Risk Atau Comprehensif

Asuransi All Risk merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan  jika kendaraan yang Anda miliki mengalami kehilangan atau kerusakan sebagian maupun secara total akibat berbagai resiko yang sudah dijamin didalam polis.

foto mobil Klaim Asuransi Mobil

 Klaim Asuransi Mobil

Misalnya, Anda mengalami tabrakan, tergores, benturan, jungkir balik, tergelincir, terperosok, mengalami kecelakaan lalu lintas, menjadi korban perbuatan jaha, pencurian, perampasan atau bahkan mengalami kebakaran.

All Risk bisa diartikan sebagai “semua resiko”, asuransi jenis ini juga banyak disebut sebagai comprehensive atau keseluruhan. Hal ini berarti pihak asuransi akan membayar klain untuk berbagau jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan mobil Anda. Berbeda dengan asuransi TLO, lecet sedikit saja yang dialami mobil Anda, pihak asuransi akan langsung membayarkan klaim.

Hanya saja, biaya preminya jauh lebih mahal daripada asuransi TLO. Akan tetapi, Anda jangan salah paham, tidak semua kejadian akan ditanggung oleh jenis asuransi ini. Ketentutan asuransi All Risk ini berbeda-beda antara perusahaan asuransi satu dengan yang lain. Hal tersebut tergantung dari kemampuan finance mereka.

Biasanya perusahaan asuransi besar akan membayarkan klaim untuk banyak kejadian kepada pemegang premi All Risk. Berbeda dengan perusahaan asuransi menengah ke bawah yang biasanya mereka menentukan kejadian apa saja yang akan mereka cover bagi pemegang asuransi All Risk yang mereka sediakan. Anda sebaiknya perhatikan klausul pada premi All Risk yang akan Anda ambil apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau apakah memberikan banyak keuntungan pada Anda atau tidak.

Perbedaan asuransi mobil TLO dan All Risk yang mencolok adalah pada biaya preminya. TLO biasanya tidak membebankan biaya premi yang besar kepada pelanggannya. Sedangkan All Risk akan memberikan biaya premi yang cukup besar. Namun, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berbeda pula sesuai dengan biaya premi yang Anda keluarkan setiap bulannya.

Sebelum Anda mengambil produk asuransi TLO dan All Risk, sebaiknya cari informasi secara lengkap agar kedepannya Anda tidak mengalami masalah saat akan melakukan klaim. Karena tidak sedikit orang yang terkecoh dengan dua produk asuransi ini. Pelajari dengan baik apa perbedaan asuransi mobil TLO dan All Risk sehingga Anda bisa menentukan jenis asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Загрузка...

Tags: asuransi mobil tlo vs all risk Perbedaan asuransi mobil tlo vs all risk

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar