Keuntungan dan Kerugian Franchise Agar Selektif Dalam Berbisnis

Membangun bisnis awal memang bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, Anda terkadang berpikir lebih baik untuk memulai bisnis franchise. Menjalankan bisnis waralaba nyatanya lebih mudah dan menguntungkan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa bisnis ini juga berpotensi unuk menghadirkan kerugian? Jadi, sebaiknya Anda ketahui dahulu keuntungan dan kerugian franchise.

Apa itu franchise?

franchise

franchise

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba (franchise) adalah suatu sistem distribusi barang maupun jasa kepada pelanggan akhir (franchisor). Sistem ini meliputi pemberian hak kepada individu maupun perusahaan untuk melaksanakan bisnis. Hak yang diberikan dalam konteks bisnis franchise terdiri dari merk, nama, prosedur dan strandar operasional yang telah ditetapkan. Bisnis waralaba biasanya berlangsung dalam jangka waktu dan juga meliputi area tertentu.

Keuntungan Bisnis Franchise

Bisnis Franchise

  1. Manajemen bisnis telah terbangun

Aspek positif dari usaha franchise yang pertama adalah manajemen bisnis telah terbangun. Dengan demikian, ketika Anda berbisnis franchise maka keuntungan yang diperoleh adalah reputasi baik dari usaha. Ini dikarenakan ide, penamaan dan juga manajemen suatu bisnis telah mengalami berbagai uji coba sebelumnya. Oleh sebab itu, bisnis franchise selalu siap untuk diterapkan pada lokasi baru.

  1. Manajemen finansial lebih terjangkau

Keuntungan dan kerugian franchise adalah suatu hal yang wajar. Salah satu keuntungan saat Anda berbisnis franchise adalah manajemen finansial yang lebih murah. Disamping murah, manajemen finansial waralaba juga sudah kokoh dan jaringan pemasarannya cukup luas. Selain itu, Anda tidak perlu memusingkan manajemen finansial layaknya membangun bisnis baru. Ini dikarenakan dalam bisnis franchise manajemen keuangan telah diatur oleh pemilik utama.

  1. Telah dikenal masyarakat

Keuntungan lain dari berbisnis franchise adalah proses pemasarannya cenderung lebih mudah. Hal ini dikarenakan bisnis franchise sebelumnya telah dikenal oleh masyarakat. Dengan kata lain, biaya yang Anda gunakan untuk membangun reputasi bisnis ini tidak terlalu besar. Kemudian, tenaga yang Anda keluarkan juga tidak seperti merintis sebuah bisnis baru.

  1. Kerjasama bisnis telah terbangun

Jika Anda membeli bisnis franchise, maka akan mendapat banyak keuntungan. Salah satunya adalah memperoleh jaringan kerjasama dari pemilik utama waralaba. Sebagai contoh, dengan berbisnis franchise maka Anda bisa bekerjasama dengan pemasok bahan baku pemilik utama waralaba. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjalin relasi dengan pihak periklanan dan pemasaran mitra dari pemilik utama franchise.

  1. Dukungan keamana lebih kuat

Franchise dapat dikategorikan sebagai bisnis yang sudah mapan. Kemapanan bisnis ini dapat Anda lihat dari adanya berbagai pelatihan. Mulai dari manajemen finansial, pemasaran, periklanan dsb. Berbagai jenis pelatihan ini biasanya sudah termasuk ke dalam paket pembelian waralaba.

Kerugian bisnis franchise

  1. Pemotongan keuntungan

Salah satu kebijakan bisnis franchise yang dirasa memberatkan bagi Anda adalah adanya kebijakan pemotongan keuntungan. Dalam berbisnis walaraba, pemotongan keuntungan merupakan sesuatu yang lazim. Dikarenakan Anda wajib membayar royalti dari sejumlah keuntungan usaha yang Anda dapatkan. Apabila keuntungan yang diperoleh sedikit, maka profit tersebut biasanya akan digunakan untuk menutup biaya operasional.

  1. Kurang kendali

Seperti bisnis pada umumnya, keuntungan dan kerugian franchise juga akan Anda temui. Salah satu kerugian yang akan dihadapi adalah kurangnya kendali dari Anda sebagai pemilik franchise. Kondisi ini disebabkan semua sistem bisnis telah ditentukan sepenuhnya oleh pemilik utama waralaba. Jadi, meski Anda juga memiliki franchise tetapi ruang gerak sangat terbatas. Jadi, ide-ide kreatif terkadang tidak dapat diaplikasikan karena adanya perjanjian tertentu.

  1. Ketergantungan terhadap waralaba lain

Ketergantungan terhadap waralaba lain adalah kekurangan terbesar dari bisnis ini. Dalam konteks ini, reputasi franchise yang Anda jalankan akan bergantung pada cabang waralaba sejenis lainnya. Jadi, ketika waralaba lain melakukan kesalahan fatal yang merusak reputasi, maka bisnis franchise Anda juga akan terkena imbasnya.

  1. Kompleksnya pembiayaan franchise

Berbisnis waralaba ternyata tidaklah semudah dan semurah yang Anda bayangkan. Ini dikarenakan pemilik utama franchise akan mengajukan sejumlah biaya awal dari Anda. Tak hanya itu, pemilik utama juga akan meminta Anda untuk memenuhi biaya lanjutan. Diantaranya adalah dana pelatihan dan kontribusi dari para pemilik cabang franchise.

  1. Begitu terikat dengan supplier

Mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan menggunakan modal kecil adalah harapan setiap orang. Keuntungan besar dari modal kecil bisa Anda peroleh dengan mencari supplier termurah. Satu diantara beberapa kerugian bisnis waralaba adalah supplier telah ditentukan. Kesimpulannya adalah Anda tidak dapat leluasa untuk memilih supplier dengan harga termurah.

Sama seperti kebanyakan bisnis lainnya, keuntungan dan kerugian franchise juga akan Anda temui. Jadi, anggapan Anda bahwa berbisnis franchise lebih mudah dan murah dibanding membuka usaha sendiri tidak sepenuhnya benar. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis apapun termasuk waralaba Anda perlu mengetahui potensi keuntungan dan juga kerugiannya.

Загрузка...

Tags: Kerugian dan kelebihan Franchise Keuntungan dan Kerugian Franchise

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar