Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Digital Berbasis Online Shop

Seiring dengan perkembangan teknologi, baik itu internet maupun gadget semua aktivitas seolah makin mudah. Kini, segala sesuatu yang Anda inginkan seolah berada dalam genggaman. Jika Anda jeli dalam memanfaatkan kemajuan ini, maka akan menyadari bahwa membuka online shop tentu akan menguntungkan.

Mengingat saat ini sebagian besar masyarakat lebih mengutamakan gaya hidup praktis tidak terkecuali soal berbelanja. Namun, sebaiknya Anda jangan hanya melihat peluang bisnis digital online shop hanya dari aspek keuntungannya. Sebaliknya, Anda harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan bisnis digital berbasis online shop ini.

Kelebihan Bisnis Digital berbasis Online Shop

 Online Shop

  1. Jangkauan pasar luas

Dalam berbisnis, aspek yang paling Anda perhatikan adalah kondisi dan juga jangkauan pasarnya. Ketika Anda memutuskan untuk berbisnis menggunakan sistem online shop, maka media pemasaran produk atau jasa akan semakin luas. Jadi, dapat dikatakan ketika Anda memasarkan produk atau jasa secara online seluruh pengguna internet di dunia akan melihatnya.

Kondisi tersebut tentu saja dipengaruhi oleh keberadaan internet sebagai sumber daya utama bisnis online shop. Pada akhirnya, aspek inilah yang menjadi daya tarik utama pebisnis untuk memasarkan produk maupun jasanya secara online. Bahkan para pebisnis yang sudah mempunyai toko fisik juga menggunakan sistem online shop guna menjangkau pasar.

  1. Proses monitoring mudah

Salah satu kelebihan bisnis digital berbasis online shop adalah mudah untuk dimonitoring. Mengapa bisa demikian? Ini disebabkan dalam bisnis online segala aktivitasnya tersentralisasi pada perangkat elektronik maupun komunikasi. Misalnya adalah smartphone, tablet, laptop maupun komputer PC. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk melakukan pengawasan seperti pada bisnis offline.

  1. Fleksibel

Kekurangan dan kelebihan bisnis digital dengan sistem online shop akan mudah Anda temui. Salah satu kelebihannya adalah fleksibilitasnya. Ketika Anda membuka toko offline, maka harus ada jam operasionalnya. Dalam artian, Anda harus menentukan jam berapa toko buka dan tutup. Ketika Anda menerapkan sistem bisnis digital berbasis online shop, waktu kerja akan lebih fleksibel. Misalnya Anda dapat memproses orderan konsumen ketika tidak sedang sibuk.

Selain itu, pada waktu luang juga Anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan pemasaran melalui sosial media dan market place. Tidak hanya itu, Anda sebaiknya memanfaatkan waktu senggang untuk membalas setiap chat yang datang dari konsumen. Melalui cara ini, kredibilitas bisnis Anda akan tetap terjaga meskipun jam kerjanya fleksibel.

Kekurangan Bisnis Digital Berbasis Online Shop

Kekurangan Bisnis Digital

Kekurangan Bisnis Digital

  1. Ketatnya persaingan pasar

Setiap bisnis tentu memiliki kelebihan maupun kekurangan tidak terkecuali online shop. Salah satu kekurangan dari bisnis ini yang kerap membuat pelakunya pesimis adalah ketatnya persaingan pasar. Meskipun internet dikategorikan berdasarkan regional akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisnis Anda akan bersaing dengan usaha di area lainnya.

Ketatnya persaingan secara regional hingga global tentu sangat wajar mengingat pelaku bisnis online bukan hanya Anda saja. Oleh karena itu, apabila Anda tidak cerdas dalam melakukan spesifikasi produk atau jasa, maka bisnis online yang dimiliki sulit berkembang. Bukan hanya itu, dalam bisnis online shop ketepatan pemilihan strategi digital marketing juga berpengaruh signifikan.

  1. Terlalu bergantung pada search engine

Satu lagi kelemahan yang dihadirkan oleh bisnis digital dengan sistem online shop adalah terlalu bergantung pada search engine. Memang pada faktanya ada beberapa bisnis online shop yang tidak terpengaruh hasil pencarian search engine. Akan tetapi, jumlah bisnis online shop yang dipengaruhi hasil mesin pencari justru lebih banyak.

Logikanya adalah bisnis online shop yang mempunyai traffic bagus maka akan muncul di daftar teratas pencarian pada search engine. Artinya, bisnis tersebut benar-benar populer diantara para pengguna internet. Sebaliknya, bisnis online shop yang memiliki traffic kurang bagus akan sulit untuk bersaing. Salah satu cara efektif meningkatkan traffic bisnis Anda di mesin pencari adalah dengan mengaktifkan blog atau website.

  1. Perlu pengetahuan dan skill khusus

Berbisnis digital melalui online shop memang fleksibel di waktu dan menguntungkan secara finansial. Namun, bukan berarti Anda akan mudah untuk menjalankan bisnis online shop. Hal ini dikarenakan untuk sekedar merintis hingga menjalankan bisnis ini membutuhkan pengetahuan dan juga skill khusus. Kabar buruknya lagi adalah pengetahuan serta skill itu tidak dapat dipelajari secara instan melainkan harus melalui proses yang berkesinambungan.

Online shop tentu mempunyai kekurangan dan kelebihan seperti bisnis digital lainnya. Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha online shop sebaiknya dipertimbangkan dulu untung dan ruginya. Tujuannya adalah agar tidak sia-sia dalam aspek waktu dan juga finansial. Ketika Anda bingung dalam menentukan indikator untuk dipertimbangkan, maka kekurangan dan kelebihan bisnis digital di atas dapat dijadikan referensi.

Загрузка...

Tags: Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Digital Kelebihan dan kekurangan Bisnis Digital

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar