8 Cara Mendidik Anak Menjadi Entrepreneur yang Tepat

Cara mendidik anak menjadi entrepreneur perlu diketahui oleh orang tua. Hal itu dikarenakan dengan menjadi pengusaha kehidupan perekonomian akan menjadi lebih baik. Terlebih lagi orang tua ini menjadi andil yang sangat besar terhadap kesuksesan dan juga masa depan si anak. Yang harus diketahui oleh orang tua adalah perjalanan untuk menjadi seorang pengusaha ini tidak mudah dan juga tidak instan. Mental dan niat berbisnis ini perlu dibentuk sejak kecil agar nantinya bisa menjadi pengusaha yang sukses. Berikut ini adalah cara mendidik anak menjadi entrepreneur yang bisa Anda atau orang tua lainnya berikut ini:

Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, anak juga bisa belajar dan menyerap ilmu secara optimal. Anak di usia di bawah 7 tahun ini akan lebih pintar dalam belajar bahasa asing dibandingkan dengan orang dewasa. Dengan otak yang tajam dan dalam masa-masa emas anak akan mudah untuk mempelajari sesuatu. Alangkah baiknya jika Anda sebagai orang tua memancing rasa ingin tahu anak dengan menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan entrepreneur anak yang telah sukses dan menceritakan apa yang mereka lakukan untuk bisa sukses tersebut.

Rasa ingin tahu yang terus tumbuh dan baik akan membuat anak jadi bereksperimen, memupuk kreativitas, dan juga berinovasi dengan menciptakan produk-produk baru yang digemari dan dicari oleh banyak orang.

Menanggapi dengan Serius

Untuk mendidik anak serius menjadi entrepreneur adalah dengan menanggapi anak dengan serius. Anak akan merasa di dukung secara penuh jika orang tua serius memperhatikannya. Memang pikiran anak kecil masih muda berubah dan berkembang. Bisa saja hari ini ingin menjadi pengusaha dan bisa saja kemudian hari menjadi dokter. Namun hal tersebut tidak Anda jadikan untuk meremehkan anak karena justru menjadikannya sebagai celah untuk mengajaknya berdiskusi seperti bertanya mengapa anak memilih keputusan tersebut dan mengapa keputusannya berubah. Pancing anak agar dia berani mengutarakan pendapat. Dengan pancingan dan pertanyaan tersebut anak akan belajar public speaking terutama dalam mengutarakan pendapatnya.

Memahami Nilai Uang

Cara mendidik anak menjadi entrepreneur adalah dengan mengajarkan anak untuk memahami nilai uang. Selama ini anak hanya tahu jika uang digunakan untuk membeli barang namun anak belum bisa memahami nilai uang yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Dengan begitu tugas orang tua adalah menjelaskan tentang mata uang rupiah tersebut dari uang koin sampai dengan uang kertas 100 ribu agar dia tahu harga setiap uang tersebut. Anda pun juga bisa mengajari anak berhitung dengan menggunakan uang receh. Tidak hanya memahami nilai uang saja namun akan lebih baik jika Anda sebagai orang tua mengajari anak untuk menghargai uang tujuannya agar anak tidak berlaku boros dan tidak berperilaku terlalu konsumtif yang tidak bagus untuk financial bisnisnya kelak.

Bermain Jual Beli di Pasar

Anak yang usianya masih TK sampai dengan SD ini sudah bisa di ajak untuk bermain jual beli. Anak Anda bisa bertukar peran sebagai penjual dan juga pembeli di pasar. Dengan simulasi permainan ini Anda bisa mengajarkan tentang bagaimana menawarkan barang dan juga mempromosikannya kepada pembeli. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa mengajari anak untuk menghitung uang yang didapatkannya.

Berikan Uang Jajan Tambahan

Setelah anak Anda membantu Anda jangan sungkan untuk memberikannya uang jajan tambahan. Dengan hal ini anak akan bisa menghargai uang dan tahu bahwa untuk bisa mendapatkan uang ini dibutuhkan usaha terlebih dahulu. Sebagai contohnya Anda bisa menyuruh anak untuk membeli barang kecil di warung sebelah setelah itu uang sisa kembalian bisa menjadi miliknya.

Mencapai Goal Setting

Cara mendidik anak menjadi entrepreneur sejati adalah dengan mencapai goal setting bersama dengan anak. Anda bisa mencobanya dengan membuat daftar goal apa yang ingin anak capai. Goal setting sederhana seperti anak bisa tidur sendiri, mandi sendiri, cuci piring, dan lain sebagainya. Pastikan jika anak memiliki goal sendiri dan Anda hanya tinggal mengawasinya saja. Anda bisa menempelkan goal setting di dalam kamar anak dan lihat apakah anak berhasil melakukannya. Jika iya, berikanlah penghargaan.

Ajarkan Melihat Peluang

Cara mengajari anak untuk bisa menjadi entrepreneur adalah dengan mengajari peluang. Seorang entrepreneur haruslah jeli dalam menganalisa peluang dengan baik agar bisnis yang digeluti bisa berjalan dengan lancar. Mintalah anak untuk melakukan hal yang sulit misalnya adalah mengambil buku di rak tertinggi. Anda bisa menyediakan alat yang bisa membantu seperti kursi, meja, balok, dan lain sebagainya. Minta anak untuk menyusun sendiri peralatan tersebut sampai perintah Anda bisa terlaksana.

Mencatat Uang Keluar Masuk

Hal terakhir ajak anak untuk mencatat uang keluar dan masuk. Penting mendidik anak untuk mengenal dari mana uang datang dan ke mana uang tersebut keluar. Tujuannya adalah agar anak mampu mengatur keuangannya menjadi lebih mandiri.

Mengajari anak untuk menjadi entrepreneur memang susah-susah gampang. Lakukanlah beberapa cara mendidik anak menjadi entrepreneur yang telah disebutkan di atas satu per satu dan lakukan secara telaten sampai anak benarbenar memiliki minat untuk menjadi entrepreneur.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara mendidik anak menjadi entrepreneur Cara mendidik anak menjadi entrepreneur

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar