Jangan Sampai Salah, Ini Dia Cara Klaim Asuransi Sebelum Jatuh Tempo!

Cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo – Saat ini semakin banyak yang menyadari betapa pentingnya jaminan di dalam kehidupan. Jaminan tersebut tidak hanya memberikan rasa aman saja dan juga terhindar dari kerugian besar. Tidak mengherankan jika saat ini semakin banyak yang mencari produk asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Cara Klaim Asuransi

Cara Klaim Asuransi

Maraknya pembelian produk asuransi yang dilakukan oleh masyarakat ini diakibatkan oleh semakin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam pilihan asuransi dengan premi yang lebih murah. Sayangnya banyak yang belum tahu pengetahuan mendasar yang berhubungan dengan asuransi. Misalnya saja adalah prosedur, pembelian, pengajuan klaim sampai dengan penutupan polis asuransi yang baik dan benar. Salah satu ilmu atau pengetahuan yang harus Anda ketahui adalah cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo. Simak caranya yang baik dan benar berikut ini:

Pastikan Polis Tidak Lapse

Ada banyak istilah dalam asuransi yang penting untuk Anda perhatikan. Salah satu istilahnya adalah lapse. Yaitu istilah yang menunjuk bahwa polis asuransi ini sedang tidak aktif. Jika polis Anda dalam keadaan lapse maka besar kemungkinan jika klaim asuransi Anda tersebut akan ditolak. Ada beberapa kondisi yang membuat polis ini lapse yaitu pembayaran premi asuransi jatuh tempo atau sedang masa tenggang. Setiap asuransi ini memungkinkan memiliki waktu tenggang yang berbeda.

Biasanya maksimal 45 hari. Jika kejadian terjadi pada masa tenggang tersebut asuransi akan bertanggung jawab terhadap kerugian apapun yang ditanggung oleh si pemegang polis. Bayarlah premi asuransi secara tepat waktu, setidaknya sampai dengan masa akhir tenggang.

Jika polis asuransi bentuknya adalah unit link, polis dianggap lapse saat nilai tunai asuransi tidak cukup dalam menutupi biaya asuransi. Penyebabnya dua macam yaitu tidak cukupnya nilai tunai seperti kinerja investasi yang tidak baik dan nilai tunai yang sering dicairkan. Untuk bisa menghindarinya sebaiknya Anda melakukan top up pada waktu tertentu saat investasi sedang buruk. Pastikan untuk tidak mencairkan nilai tunai kecuali jika Anda sewaktu-waktu dalam kondisi yang terdesak.

Hubungi Pihak Asuransi

Cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah segera hubungi pihak asuransi jika Anda mengalami kerugian. Banyak orang akan merasakan panik saat mengalami resiko yang menimbulkan kerugian. Saat ini yang terpikirkan adalah bagaimana bisa terlepas dan juga terbebas dari masalah tersebut hingga banyak yang luas bahwa mereka  bisa mengajukan klaim asuransi dan melaporkan kerugian yang diderita. Batas pengajuan klaim ini hanya 10 hari kerja.

Kumpulkan Bukti Kerugian

Cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo yang bisa dilakukan selanjutnya mengumpulkan bukti kerugian. Setelah pihak asuransi ini menerima laporan klaim pihak asuransi ini akan melakukan survei apakah benar laporan yang mereka terima tersebut.  Bisa saja klaim Anda ditolak meski Anda mengalami kerugian yang telah diasuransikan. Hal ini karena Anda tidak memiliki bukti yang menjadi syarat sebagai ganti rugi.

Agar bisa mengantisipasi hal tersebut setelah kejadian Anda harus mendokumentasikan bukti kerugian dari resiko yang Anda alami. Misalnya saja adalah Anda mengalami kecelakaan sampai dirawat di rumah sakit, Anda bisa mengambil foto kerusakan kendaraan Anda. Foto tersebut bisa Anda jadikan sebagai bukti untuk klaim. Untuk asuransi kesehatan sebaiknya Anda minta kwitansi pembayaran kepada pihak rumah sakit. Kwitansi tersebut bisa menjadi sebagai bukti yang otentik.

Isi laporan Klaim

Jika kerugian memang menimpa Anda maka pihak asuransi ini akan meminta Anda untuk mengisi dan juga menandatangani laporan klaim untuk penggantian ganti rugi. Hal yang harus Anda ingat jangan sampai memberikan tanda tangan laporan yang kosong. Untuk pengisian laporan klaim ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan sebelumnya. Pastikan jika tidak ada dokumen yang terselip supaya pengajuan klaim Anda ini menjadi tidak berbelit.

Sepakati Penggantian

Setelah semua syarat lengkap, tinggal satu langkah lagi bagi Anda untuk bisa melakukan penggantian ganti rugi. Cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo satu ini lebih alot dibandingkan dengan proses sebelumnya. Hal itu karena membicarakan kesepakatan dalam penggantian ganti rugi atas musibah yang Anda alami.

Anda tidak perlu takut atau ragu untuk membuat kesepakatan karena kesepakatan yang dibicarakan ini akan bersumber pada polis asuransi Anda. Jika Anda sudah melalui langkah ini Anda hanya tinggal menunggu uang penggantian ini cair dan bisa diberikan kepada Anda sebagai pemegang polis.

Baca juga : Mengintip Peluang Bisnis Asuransi di Masa Pandemi

Alasan Klaim Ditolak

Setelah Anda mengetahui cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo, penting bagi Anda untuk tahu apa saja yang menyebabkan alasan pengajuan klaim ditolak. Alasan tersebut adalah mengajukan klaim ketika masa tunggu. Kebijakan ini diberlakukan oleh semua perusahaan asuransi.

Masa tunggu asuransi ini 30 hari sampai dengan 60 hari setelah polis disetujui. Anda tidak dapat mengajukan klaim saat masa tunggu atau sebelumnya. Setelah itu Anda bisa ajukan klaim tepat waktu, sebelum mengajukan dokumen Anda harus menghubungi pihak asuransi yang mana asuransi ini memiliki tenggang waktu tertentu untuk bisa menentukan apakah klaim Anda akan diterima atau ditolak.

Demikianlah beberapa cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: bagaimana Cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo Cara klaim asuransi sebelum jatuh tempo

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar