Bukan Hanya Soal Harta dan Pangkat, Inilah Definisi Sukses Menurut Pakar

Apa yang ada di pikiran Anda ketika pertama kali mendengar kata sukses? Apakah itu soal uang? Mungkinkah jabatan atau kekuasaan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses adalah berhasil atau beruntung. Jadi, kesuksesan dapat diartikan keberhasilan atau keberuntungan. Jadi, dapat disimpulkan kesuksesan adalah keberhasilan seseorang dalam mewujudkan impiannya. Itulah pengertian sukses secara teoritis. Lalu, bagaimana definisi sukses menurut pakar?

Richard Branson

Richard Branson

Richard Branson

Seorang pengusaha bernama Richard Brandson meyakini bahwa defisi sebuah kesuksesan berkaitan dengan keterlibatan. Dengan total kekayaan sebesar US$ 5 triliun, perintis Virgin Group ini tetap berkontribusi terhadap aktivitas bisnis perusahaannya. Melalui media website resmi Virgin Group, Ia menuliskan “Definisi kesuksesan? Makin Anda terlibat secara aktif dan praktis, maka Anda semakin merasa sukses”.

Thomas Edison

Thomas Edison

Nama Thomas Edison tentu tidak asing lagi di telinga Anda para pecinta sains. Ya, Ia merupakan orang pertama yang memperkenalkan lampu sebagai alat penerangan. Sebagai seorang ilmuwan, Ia memang terkenal memiliki etos kerja yang begitu luar biasa.

Bayangkan saja, Ia tak pernah lelah untuk bekerja bahkan hingga 72 jam sekalipun. Jadi, sangatlah wajar apabila pemilik 1.000 hak paten ini mendefinisikan sukses sebagai ambisius. Ia berpendapat bahwa sukses adalah 1% inspirasi dan 99% kerja keras.

Maya Angelou

Maya Angelou

Penulis terkenal ini memang baru saja wafat beberapa hari yang lalu di usia 86 tahun. Namun, Ia pernah mengatakan bahwa kriteria kesuksesan adalah apabila orang lain menyukai dirinya. Lebih jauh Ia kembali memperjelas pendapatnya dengan menerangkan bahwa definisi kesuksesan adalah orang lain menyukai apa yang dilakukannya. Selain itu, ketika orang lain menyukai bagaimana dirinya melakukan sesuatu itu juga disebut kesuksesan.

Deepak Chopra

Deepak Chopra

Deepak Chopra

Guru spiritual ini mempercayai bahwa sukses ditandai dengan sebuah perkembangan yang konstan. Dalam karyanya yang berjudul The Seven Spiritual Laws of Success, Ia menuliskan pandangannya tentang kesuksesan. Ia menuliskan bahwa kesuksesan hidup dapat diartikan sebagai ekspansi yang berkelanjutan atas kebahagiaan. Dengan demikian, terjadi realisasi positif guna mencapai tujuan yang berharga.

Arianna Huffington

Arianna Huffington

Pemimpin Huffington Post ini dengan tegas mengatakan bahwa ukuran kesuksesan bukan sekedar uang dan kekuasaan. Ia menambahkan bahwa masih ada aspek lain yang perlu ditambahkan seperti kesejahteraan, kebijaksanaan, impian dan berbagi. Menurutnya, keempat faktor itu akan mampu untuk menjaga psikologis kehidupan seseorang dan inilah kesuksesan yang sebenarnya.

Winston Churcil

Definisi sukses menurut pakar yang selanjutnya adalah keras hati. Definisi ini dikemukakan oleh politisi ternama Inggris yaitu Winston Churcil. Semesa berkarir di dunia politik, dirinya memang kerap menghadapi berbagai hal sulit termasuk era kebangkitan militer Hitler. Jadi, tidak mengherankan apabila definisi sukses menurutnya adalah menghadapi rangkaian kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

Tony Hsieh

Ia mendefinisikan sukses sebagai sesuatu sederhana yaitu hidup menurut nilai-nilai yang diyakininya. Lebih lengkapnya, CEO Zappos ini menguraikan definisi sukses dalam buku yang berjudul Delivering Happiness. Secara terstruktur, Ia berpendapat bahwa nilai dasar personal akan menjelaskan siapa individu tersebut.

Tony Hsieh

Sementara itu, nilai dasar perusahaan yang akan menentukan karakter beserta merk produknya. Lalu, Ia menyimpulkan bahwa bagi individu, karakter adalah takdir. Sementara, bagi perusahaan atau organisasi, budaya adalah takdirnya.

Brian Tracy

Dalam Million Dollar Habits, Brian Trancy memberikan pendapatnya soal kesuksesan. Ia mengatakan bahwa sukses adalah kemampuan Anda untuk menjalani kehidupan sesuai dengan keinginan. Lalu, Ia kembali menambahkan bahwa sukses juga bisa diartikan sebagai kebahagiaan ketika melakukan sesuatu paling Anda nikmati dan hidup bersama orang yang dicintai serta hormati.

Zig Ziglar

Zig Ziglar

Zig Ziglar

Kesuksesan memang bukan hanya persoalan materi khususnya uang. Hal ini sepertinya disetujui oleh seorang publik figur bernama Zig Ziglar. Ia berpendapat bahwa sukses adalah apabila Anda bisa mendapatkan banyak hal yang bisa maupun tidak dapat dibeli dengan uang. Sebagai contoh, kadang Anda bisa membeli sebuah kasur tetapi tidak dapat membayar tidur nyenyak dengan sejumlah uang.

Amber O’Neal

Seorang AmberO’Neal merinci kesuksesan menjadi tiga aspek penting. Pertama, menghabiskan waktu yang mencukupi bersama dengan anak-anak saya. Kedua, mampu untuk bekerja dimana saja misalnya pantai, gunung, kantor bahkan kamar tidur. Ketiga, memiliki kebebasan untuk terinspirasi ketika melakukan pekerjaan.

Chris Brogan

Ia mendefinisikan sebuah kesuksesan dengan sudut pandang yang cukup berbeda. Jika kebanyakan orang mendedikasikan sukses untuk diri mereka sendiri, maka tidak demikian halnya dengan Chris Brogan. Ia berpendapat bahwa sukses adalah bebas membantu orang lain mencapai kesuksesan mereka bukan mengutamakan diri sendiri.

Chris Brogan

Berdasarkan definisi sukses menurut pakar di atas, ternyata arti kesuksesan begitu luas. Selama ini, Anda mungkin hanya terpaku mengukur kesuksesan berdasarkan harta dan juga pangkat. Padahal, ada banyak sekali kriteria yang dapat menunjukkan kesuksesan seseorang. Jadi, apabila Anda belum mapan secara finansial dan jabatan bukan berarti Anda sepenuhnya belum sukses. Ini dikarenakan bisa jadi Anda telah mencapai kesuksesan lain misalnya kebahagiaan maupun kesejahteraan.

Загрузка...

Tags: Definisi Sukses Menurut Pakar Pengertian Sukses Menurut Pakar

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Bukan Hanya Soal Harta dan Pangkat, Inilah Definisi Sukses Menurut Pakar"

    Mempersiapkan Masa Depan? Ini Bisnis Kuliner Artis yang Populer
    Gemerlapnya dunia hiburan tidak membuat beberapa artis
    Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Digital Berbasis Online Shop
    Seiring dengan perkembangan teknologi, baik itu internet
    6 Contoh Bisnis E-Commerce Indonesia Paling Sukses
    Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, aktivitas jual

    Tinggalkan Balasan