Bolehkah Mendidik Anak Berbisnis Sedari Dini? Simak Jawabannya

Bolehkah mendidik anak berbisnis sedari dini – Di zaman yang semakin modern mengenalkan anak dengan berbagai macam pekerjaan atau profesi adalah hal yang penting. Orang tua dituntut tidak hanya mengenalkan anak dengan profesi polisi, dokter, maupun TNI saja, namun menjadi pengusaha juga bisa menjadi alternatif yang bisa diajarkan ke anak. Ada baiknya juga jika orang tua mendidik dan juga mempersiapkan anak agar bisa menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha anak tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri namun juga bisa bermanfaat untuk orang lain di sekitarnya.  Setidaknya dengan menjadi pengusaha akan mengurangi angka pengangguran di negeri tercinta ini.

Mendidik Anak Berbisnis Sejak Dini

Mendidik Anak Berbisnis Sejak Dini

Mendidik Anak Berbisnis Sejak Dini

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah bolehkah mendidik anak berbisnis sedari dini? Banyak orang tua yang khawatir untuk mengenalkan anak berbisnis sedari dini ini dengan berbagai macam alasan. Alasan yang sering dilontarkan adalah bukan masanya anak-anak untuk berbisnis dimana bisnis lekat dengan orang dewasa dan juga orang tua. Melihat kekhawatiran tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa masih sedikit orang tua yang mengajarkan anaknya berbisnis karena minimnya informasi yang diterima tentang bisnis di kalangan anak-anak.

Lalu bolehkah mendidik anak berbisnis sedari dini? Jawabannya adalah boleh bahkan menjadi suatu kewajiban. Sejak kecil anak harus diajarkan berbisnis agar mereka tahu bagaimana cara menghasilkan uang dan menghargai uang yang didapatkan. Jiwa bisnis yang ditanamkan kepada anak sejak kecil akan membuat mereka lebih kreatif dan inovatif dimana hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Bisnis ini juga bisa menjadi pintu kesuksesan bagi anak. Sudah banyak anak yang terbukti sukses dengan bisnis yang digelutinya sehingga orang tua tidak perlu ragu untuk mengajarkan anak menggeluti bisnis ini. Tampaknya saat ini pemerintah pun menyadari bahwa bisnis itu sangat penting diajarkan sejak dini. Hal tersebut terbukti dengan adanya program “Market Day” yang diselenggarakan di beberapa Sekolah Dasar di Indonesia. Dalam market day tersebut anak diajak untuk berbisnis dan mencoba untuk menjual barang dagangannya kepada orang lain di dalam lingkungan sekolah.

Mendidik Anak Berbisnis Sejak Dini

Setelah mengetahui jawaban bolehkah mendidik anak berbisnis sedari dini, tugas orang tua selanjutnya adalah mengetahui bagaimana mendidik anak berbisnis sejak dini. Mendidik anak ini harus dengan cara yang tepat mengingat anak ini berbeda dengan orang dewasa.

Diperlukan cara atau trik tertentu agar anak ini suka dan mau menggeluti bisnis. Hal pertama yang bisa orang tua ajarkan adalah mengajarkan pentingnya uang. Anda bisa mengajarkan kepada anak tentang pemasukan, pengeluaran, dan juga menabung. Hal ini bisa dilakukan jika anak paham tentang apa itu uang dan fungsinya untuk apa. Anda juga harus mengajarkan tentang nilai mata uang itu sendiri, kembalian, dan lain sebagainya. Meski terlihat sederhana namun anak akan merasakan efeknya saat sudah dewasa. Selanjutnya ajarkan anak bisa menghargai uang. Uang sangat berharga karena dengan uang tersebut bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan primer. Ajarkan anak bijak menggunakan uang dan tidak menghamburkannya, selain itu. ajak anak menabung sejak dini.

Yang menjadi PR orang tua adalah mengajarkan anak hemat tapi tidak untuk bersikap pelit. Ada anak yang dibiasakan hidup hemat sejak kecil menjadi pelit dan tidak mau berbagi dengan yang lainnya meski orang tersebut membutuhkan. Sikap pelit tidak bagus untuk anak. Yang dimaksud dengan hemat adalah membatasi pengeluaran dengan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan, sedangkan yang dimaksud pelit adalah tidak mau mengeluarkan uang untuk membantu orang lain atau hal-hal yang sifatnya kemanusiaan. Pelit bisa terjadi jika anak menganggap mengeluarkan uang untuk hal seperti itu bisa mengurangi pendapatan dan pemasukannya.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mendidik anak berbisnis sejak dini adalah membiarkan anak bertindak sesuai dengan ide dan biarkan mereka membuat kesalahan. Jika anak memiliki ide atau keinginan untuk mencari uang sendiri Anda bisa membantu mereka untuk menuangkan ide-idenya dan juga mewujudkannya.  Mendapatkan penghasilan dengan hasil jerih payahnya sendiri akan menjadi pengalaman yang terbaik dan tidak pernah anak lupakan. Hasil tersebut akan membuat anak tahu betapa pentingnya kerja keras dalam menghasilkan uang. Jika anak melakukan kesalahan maka biarkanlah, kemudian ajak untuk menganalisa kesalahannya. Dengan belajar dari kesalahan akan membuat anak lebih kuat. Anda bisa membantu mereka untuk mencari solusi yang tepat dari masalah yang dihadapinya.

Ide Bisnis yang Tepat

Ada beberapa ide bisnis yang tepat digeluti oleh anak-anak seperti menerima pesanan kue, membuat kerajinan tangan, menjadi guru tutor untuk teman lainnya, menjual barang preloved, menerima pesanan memasak, memproduksi camilan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kini Anda sudah tahu jawaban dari bolehkah mendidik anak berbisnis sedari dini, oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk mengajarkan anak berbisnis sejak dini karena akan banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti bersikap jujur, sportif, kreatif, inovatif, dan lain sebagainya yang mana sangat bagus untuk membentuk sikap dan kepribadian anak.

Загрузка...

Tags: bolehkah mendidik anak berbisnis sedari dini cara mendidik anak berbisnis sedari dini mendidik anak berbisnis sedari dini

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar