Analisa Keuntungan Usaha Batik dan Prospeknya

Sebelum memulai usaha batik, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan analisa keuntungan usaha batik. Yang namanya usaha, Anda tentu ingin mendapatkan keuntungan bukan? Oleh karena itu, Anda harus memikirkannya dengan matang-matang sebelum terjun langsung pada usaha yang ingin ditekuni. Hal ini juga berlaku pada Anda yang ingin memulai usaha batik. Meski terlihat cukup menjanjikan, Anda juga harus memerikan kemungkinan keuntungan dan juga kerugiannya. Analisis seperti ini bisa dijadikan pondasi kuat untuk membangun bisnis.

Batik sendiri merupakan warisan budaya Nusantara yang keberadaannya tidak akan pernah mati. Usaha batik memang bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan karena akan selalu ada permintaan dari masyarakat. Tak seperti trend fashion yang selalu berubah-ubah, permintaan akan kain batik pada umumnya cukup stabil. Terlebih, peluang untuk bisa mengekspor batik juga makin tinggi. Untuk lebih bisa memberikan penjelasan kepada Anda, berikut ini adalah beberapa analisa keuntungan usaha batik yang wajib Anda ketahui.

Peluang Usaha Batik

Peluang Usaha Batik

Peluang Usaha Batik

Dalam memulai proses analisa keuntungan usaha ini, Anda tentu harus melihat seperti apa peluang bisnis ini. Peluang usaha ini berkaitan dengan target market, strategi pemasaran, hingga jenis-jenis batik yang akan Anda jual. Simak penjelasan lengkapnya pada poin-poin berikut ini.

1. Target market

Analisa keuntungan usaha batik dimulai dengan melihat target market. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, target market untuk bisnis batik sangat luas. Tak hanya orang tua atau kalangan PNS dan pejabat saja yang menggunakan batik. Hampir semua orang butuh batik. Terutama, karena budaya Indonesia masih membutuhkan batik untuk berbagai acara resmi. Target market yang cukup luas ini tentu memudahkan Anda dalam proses pemasaran produk.

Meski begitu, Anda juga bisa memilih apakah ingin menjangkau pasar yang laus atau fokus pada suatu target pasar tertentu. Misalnya, Anda menyasar pada kalangan elit untuk menjual batik. Jika demikian, Anda juga harus memilih jenis batik sesuai dengan selera target market Anda. Target market ini akan mempengaruhi banyak hal.

2. Strategi Pemasaran

Setelah mengetahui target market, Anda bisa menentukan langkah pemasaran apa yang nantinya akan Anda tempuh. Apakah Anda ingin membuka usaha dengan cara membuat toko di mall, membuat toko online, atau yang lainnya. Strategi pemasaran juga penting dipikirkan saat membuat analisa keuntungan usaha batik.

3. Jenis Batik yang ingin Dipasarkan

Target market juga mempengaruhi penentuan jenis batik. Negara tercinta kita ini mempunyai banyak sekali jenis batik. Dari proses pembuatannya, ada jenis batik tulis, batik cap, dan yang lainnya. Dari segi pola batiknya, setiap daerah punya pola batik masing-masing yang karakternya khas dan sangat filosofis.

Anda tak perlu menyediakan semua jenis batik. Cukup pilih beberapa jenis batik yang menurut Anda paling sesuai dengan target market Anda. Lalu, lakukan pemasaran dengan baik agar target market Anda bisa melihat nilai-nilai dalam batik yang Anda jual.

Ketiga poin di atas sangat penting diperhatikan sebagai cara memulai usaha batik. Untuk itu, Anda harus memikirkannya dengan matang.

Tips Sukses Bisnis Batik di Tengah Persaingan yang Ketat

Seperti yang kita tahu bersama, ada banyak sekali orang yang sudah lebih dulu terjun dalam bisnis batik. Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa ikut bersaing dan sukses dalam pasar yang sudah dimainkan oleh banyak orang ini? Jawabannya sebenarnya ada pada diri Anda sendiri. Saat Anda sudah yakin ingin memulai sebuah bisnis, Anda tentu harus punya mental sekuat baja untuk bisa memenangkan persaingan pasar yang ketat. Apa saja sifat yang harus Anda miliki jika ingin sukses usaha batik?

Pertama, jadilah lebih kreatif. Sebagian besar pengusaha yang sukses adalah mereka yang mempunyai ide-ide kreatif. Kreatif dalam hal ini bisa berupa kreatif dalam membuat model batik, kreatif dalam memasarkan, atau kreatif-kreatif yang lainnya. Anda harus punya pemikiran yang berbeda dari yang lain supaya bisa mendapatkan perhatian oleh calon konsumen Anda.

Kedua, gunakanlah teknologi. Di era yang sudah serba canggih seperti ini, segala kemudahan ditawarkan oleh internet. Dalam mengembangkan usaha, Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk membuat usaha lebih maju. Internet bisa dimanfaatkan untuk media pemasaran. Karena akses internet tak terbatas oleh batas-batas negara, usaha pemasaran pun bisa jadi lebih efektif.

Ketiga, usahakan untuk mengikuti perkembangan tren. Tren fashion selalu berkembang dari waktu ke waktu. Untuk Anda yang ingin membuka usaha batik, Anda wajib mengikuti perkembangan tren. Setelah itu, Anda bisa memutuskan sendiri apakah ingin mengikuti perkembangan tren atau justru menjadi trend setter. Lagi-lagi, dalam hal ini, jiwa kreatif Anda pun sangat diperlukan.

Demikian adalah penjelasan tentang analisa keuntungan usaha batik juga tips-tips singkat untuk bisa sukses berbisnis batik di tengah persaingan yang ketat. Sudah mulai ada gambaran untuk membuka usaha batik? Yuk mulai dulu saja dengan niat yang kuat.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara mempertimbangkan analisa keuntungan usaha batik mempertimbangkan analisa keuntungan usaha batik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar