6 Kesalahan dalam Bisnis Online yang Fatal Dilakukan

Kesalahan dalam bisnis online – Bisnis online adalah salah satu cara yang tepat untuk memperbaiki finansial kehidupan. Akses internet yang mudah, dan banyaknya pengguna sosial maupun market place membuat pebisnis online bermunculan. Bisnis online yang dijalani asal-asalan tentunya tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal. Jika hanya mengikuti trend saja maka bisnis online tersebut akan mudah gulung tikar. Tentunya sebagai pebisnis tidak ingin bisnisnya menjadi bangkrut atau gulung tikar bukan?, salah satu penyebab kebangkrutan dari bisnis adalah melakukan kesalahan yang tidak disadari oleh pebisnis online tersebut. Simak beberapa kesalahan bisnis online yang harus dihindari pebisnis berikut ini:

Produk Lama Diluncurkan

Bisnis Online

Bisnis Online

Kesalahan dalam bisnis online yang pertama adalah produk lama diluncurkan. Banyak pebisnis online yang tidak mau meluncurkan produknya dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah mereka takut jika produknya tersebut tidak laku di pasaran.  Ketakutan tersebut membuat pebisnis memiliki negatif thinking yang justru tidak boleh dimiliki. Negatif thinking hanya akan membuat roda bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencananya. Sebagai pebisnis harus berpikiran positif yang mana sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan bisnisnya. Terlalu lama meluncurkan produk adalah kesalahan fatal di dalam bisnis karena tandanya pebisnis belum mampu atau siap menghadapi risiko tersebut. Dengan meluncurkan produk lebih cepat, pebisnis bisa menganalisa kesalahan apa saja yang dilakukannya, sehingga bisa belajar dari kesalahan tersebut. Belajar dari kesalahan inilah yang membuat pebisnis online menjadi sukses dan kemudian berkembang.

Slow Response

Slow Response

Slow Response

Salah satu kesalahan dalam bisnis online adalah layanan yang slow response. Ada pembeli yang sabar menanti jawaban seller, namun ada juga yang tidak menginginkan jawaban yang lambat atau slow response. Sebagai seller, seharusnya selalu tanggap dengan permintaan pembeli, sebab kebanyakan pembeli menginginkan fast response. Salah satu cara untuk membuat seller bisa memberikan tanggapan yang cepat kepada pembeli dengan memberikan fitur cs atau customer service. Jika memang pebisnis ingin menjalaninya sendiri pastikan untuk selalu membawa Smartphonenya.

Tidak Respek dengan Keinginan Pembeli

buyer and seller

buyer and seller

Salah satu kesalahan yang tidak boleh dilakukan oleh pebisnis adalah tidak respek dengan keinginan pembeli. Pebisnis menutup telinga dengan keinginan konsumen, dan tidak mau mendengarnya. Pembeli yang merasa tidak didengarkan keinginannya pun berhenti order, sehingga pebisnis kehilangan salah satu calon pelanggan. Jika hanya ada satu pelanggan mungkin tidak akan berasa, namun bagaimana jika ada puluhan atau ratusan yang berhenti tentu akan merugikan bisnis onlinenya. Oleh sebab itu kesalahan ini tidak boleh dilakukan pebisnis. Dalam berbisnis online banyak pebisnis yang mau mendengar testimoni atau keluhan pelanggan dengan produk yang dijualnya. Pebisnis online akan menjawab semua kritik dengan standar SOP yang sudah diberlakukan.

Tidak Mampu Bersaing dengan Pesaing

kompetitor

kompetitor

Kesalahan dalam bisnis online yang tidak boleh dilakukan oleh pebisnis online adalah tidak mampu bersaing dengan pesaing. Saat ini persaingan bisnis online semakin ketat, sehingga pebisnis harus semakin kreatif dan inovatif dalam mengelola bisnisnya. Yang bisa menyebabkan bisnisnya kalah saing adalah produk yang dijual mirip dengan kompetitor lainnya sehingga tidak ada nilai plus dari produk yang dijualnya. Oleh sebab itu dalam menggeluti bisnis ini sikap kreatif dan inovatif sangat diperlukan agar mampu bersaing dengan pesaing. Untuk membuatnya berbeda dari kompetitor bisa dengan membuat produk maupun payment yang berbeda yang mana akan bisa menarik pembeli.

Salah Mengidentifikasi Masalah

buyer and seller problem solving

buyer and seller problem solving

Dalam berbisnis selalu ada masalah yang akan dihadapi baik itu masalah besar maupun kecil. Untuk bisa mengembangkan bisnis sesuai dengan harapannya pebisnis harus bisa mengidentifikasi masalah mana yang penting untuk dipecahkan dan mana yang tidak penting. Untuk bisa melakukannya diperlukan proses eliminasi, proses inilah yang sering membuat pebisnis salah kaprah dimana mengeliminasi masalah yang sebenarnya penting untuk dipecahkan.

Perfectionist

Setiap pebisnis memiliki sifat dan mentalnya masing-masing. Sayangnya ada beberapa sifat dari pebisnis yang tidak boleh dilakukan karena akan merugikan dirinya sendiri. Salah satunya adalah sifat perfectionist. Sikap yang ingin membuat bisnisnya menjadi sempurna justru akan merugikan dirinya sendiri. Tidak ada yang sempurna di dalam bisnis online ini, yang ada adalah terus melakukan perbaikan demi perbaikan agar ke depannya menjadi lebih berkembang lagi.

Demikianlah beberapa kesalahan dalam bisnis online yang tidak boleh dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

kesalahan fatal pebisnis Online dan cara memperbaikinya -salah kaprah bisnis internet -

Tags: beberapa Kesalahan dalam bisnis online daftar Kesalahan dalam bisnis online Kesalahan dalam bisnis online Kesalahan dalam bisnis online 2018 Kesalahan dalam bisnis online terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Kesalahan dalam Bisnis Online yang Fatal Dilakukan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan