3 Penyebab Usaha Bangkrut dan Cara Mengatasinya Ini Perlu Dipertimbangkan

Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya – Hal yang paling menakutkan dari usaha yang Anda jalankan adalah kebangkrutan. Keadaan ini merupakan keadaan dimana pemasukan dan pengeluaran usaha Anda tidak seimbang atau dengan kata lain lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Sehingga biaya modal yang sudah Anda keluarkan tidak dapat kembali atau yang biasa disebut balik modal.

Anda tentu tidak mengharapkan hal tersebut terjadi pada usaha yang Anda jalankan. Tetapi mungkin Anda tidak bisa menghindarinya ketika hal tersebut terjadi. Sehingga Anda perlu untuk menyiapkan solusi terbaik untuk dapat mengatasinya untuk berjaga-jaga, karena Anda perlu memikirkan kemungkinan baik dan terburuknya. Berikut ini penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya.

Kurangnya Perencanaan Bisnis dan Solusinya

Bisnis plan

Bisnis plan

Suatu usaha haruslah memiliki perencanaan bisnis yang matang sebelum Anda berani untuk membuka usaha tersebut. Anda harus mempertimbangkan matang-matang detail perencanaanya terlebih dahulu secara sangat hati-hati dan strategis. Kebanyakan bisnis yang gagal adalah bisnis kecil karena kelemahan fundamental pada perencanaan bisnis mereka. Bisnis kecil biasanya lebih meremehkan kualitas perencanaan yang matang bahkan enggan untuk menuliskannya ke dalam bentuk proposal. Padahal perencanaan matang dibutuhkan di semua jenis bisnis baik besar maupun kecil.

Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memiliki perencanaan bisnis yang realistis dan berdasarkan informasi yang akurat dan terbaru serta proyeksi tentang masa depan. Hal ini harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis Anda. Beberapa hal yang dapat Anda siapkan dalam perencanaan yang dapat Anda tuangkan ke dalam proposal bisnis antara lain.

  • Deskripsi bisnis, visi dan misi dan kunci keberhasilan
  • Kebutuhan tenaga kerja
  • Solusi dan masalah potensial
  • Keuangan, alat modal, neraca keuangan, laporan laba rugi, analisa aliran dana, penjualan dan perkiraan pengeluaran
  • Analisa kompetisi
  • Pemasaran, iklan dan aktivitas promosi
  • Budgeting dan pertumbuhan manajamen perusahaan

Manajemen Buruk dan Solusinya

Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya yang berikutnya adalah manajemen yang buruk. Pebisnis yang masih baru dalam menggeluti dunia bisnis biasanya masih kurang memiliki keahlian dan manajemen di bidang-bidang seperti keuangan, penjualan, produksi, perekrutan dan pengaturan pegawai. Manajemen adalah hal yang penting di tubuh usaha Anda, jika Anda salah sedikit saja dalam hal ini maka kemungkinan usaha Anda bangkrut sangatlah besar.

Management Bisnis

Management Bisnis

Sebagai solusinya, selain Anda harus membentuk manajemen yang baik, Anda harus mampu cepat menyadari jika ada langkah yang keliru. Sehingga Anda dapat langsung mencari bantuan dan mengatasinya. Anda harus memiliki kewaspadaan terhadap manajemen yang berjalan di dalam usaha Anda sehingga diharuskan ada studi reguler, pengorganisasian, perencanaan dan kontrol terhadap semua aktivitas bisnis.

Anda harus mampu menjadi seorang manajer yang sukses menciptakan iklim kerja yang mendorong produktivitas. Anda harus mampu memiliki kemampuan untuk dapat merekrut orang yang kompeten dan melatih mereka dengan baik. Anda juga harus memiliki pemikiran strategis agar bisa membuat visi dan misi menjadi nyata dan mampu menghadapi perubahan yang akan terjadi, membuat transisi dan menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru yang positif di masa mendatang.

Mencampur Uang Pribadi Dengan Keuangan Usaha Dan Solusinya

Penyebab usaha bangkrut dan solusinya yang berikutnya adalah jika Anda mencampur adukan uang pribadi Anda dengan keuangan usaha Anda. Bagi Anda yang melakukan bisnis secara persoeorangan atau pemilik tunggal suatu usaha, terkadang memang sulit untuk dapat memisahkan antara uang modal dan uang untuk biaya hidup Anda. Hal tersebut dapat disebabkan oleh keterbatasan modal yang akhirnya mencampuradukkan uang pribadi dan uang perusahaan.

Uang Pribadi vs uang Bisnis

Uang Pribadi vs uang Bisnis

Jika Anda tidak mampu membagi antara uang pribadi dan uang perusahaan maka Anda akan terjadi tumpang tindih, sebab pengeluaran untuk biaya pribadi Anda cenderung tidak jelas digunakan untuk apa saja. Sehingga bisa saja pengeluaran biaya pribadi Anda justru telah melebihi uang pribadi Anda sendiri dan Anda secara tidak sadar menggunakan uang perusahaan untuk keperluan pribadi Anda.

Solusi yang dapat Anda lakukan adalah memisahkan keuangan pribadi Anda dengan keuangan perusahaan dan disiplin dalam mengatur keuangannya. Bahkan Anda perlu membuat dua rekening yang berbeda antara rekening pribadi Anda dengan rekening perusahaan Anda. Sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui mana uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya pribadi dan mana yang digunakan untuk membeli bahan baku produk Anda. Selain itu, Anda juga harus memisahkan laba yang Anda peroleh yang akan Anda gunakan sebagai tambahan modal dan biaya pribadi Anda.

 

Apabila Anda mampu menghindari ketiga hal diatas untuk terjadi maka kemungkinan usaha Anda terhindar dari kebangkrutan lebih kecil. Demikian artikel tentang penyebab usaha bangkrut dan solusinya, semoga bermanfaat untuk Anda dan sukses selalu dengan usaha yang Anda jalankan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

masalah dalam perusahaan yang menyebabkan bangkrut dan cara mengatasinya -penyebab perusahaan bangkrut dan solusinya -foto uang pribadi -

Tags: Apa saja Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya daftar Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya Penyebab usaha bangkrut dan cara mengatasinya 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Penyebab Usaha Bangkrut dan Cara Mengatasinya Ini Perlu Dipertimbangkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan