Tips Menjalankan Usaha Cetak Foto Digital dan Analisis Usaha

Usaha cetak foto digital – Dokumentasi menjadi sebuah kegiatan atau momen istimewa yang sangat penting terutama yang di dokumentasikan adalah moment yang tidak ingin terlupakan dan ingin terus diabadikan seperti pernikahan, wisuda, ulang tahun, dan lain sebagainya. Semua momen tersebut ingin dikenang seumur hidup sehingga dengan mendokumentasikannya peristiwa  penting nan bersejarah tersebut tidak akan lekang oleh waktu dan zaman.

Mengingat kebutuhan dokumentasi selalu tinggi, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis. Bisnis yang bisa Anda geluti adalah studio cetak foto digital. Meski usaha ini sudah banyak yang memulainya justru hal ini bisa Anda jadikan sebagai tantangan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha. Selain itu jangan lupakan promosi menggunakan online maupun offline seperti promosi dengan media cetak, menyebar brosur, atau menggunakan social media AdSense yang mana akan membuat bisnis Anda mudah diketahui dan dikenal oleh pengguna sosial media yang mana target marketnya sesuai dengan bisnis Anda.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan

Yang harus Anda ketahui adalah tidak semua orang bisa membuka bisnis atau usaha ini.  Agar usaha cetak foto digital Anda bisa sukses dan berkembang seperti yang diharapkan, Ada beberapa persiapan yang harus disiapkan. Persiapan yang pertama adalah Anda harus memiliki ilmu fotografi, desain foto, keahlian menggunakan komputer, dan lain sebagainya. Pengetahuan ini bisa Anda miliki dengan mengikuti kursus atau belajar secara otodidak. Tersedia berbagai macam bahan belajar di internet yang mana bisa Anda peroleh secara gratis. Jangan pernah takut mencoba dan takut gagal, karena hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai pengalaman dan sebagai langkah untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Usaha Cetak Foto Digital

Usaha Cetak Foto Digital

Kedua Anda harus menyiapkan alat-alat yang bisa menunjang operasional Anda. Alat yang Anda siapkan adalah komputer, camera digital, dan alat lainnya. Anda juga harus menyiapkan SDM yang andal dan cakap dalam melayani pelanggan. Di awal usaha Anda harus mengawasi karyawan atau SDM tersebut lebih intensif agar para karyawan tahu apa yang Anda harapkan dari bisnis ini.

Yang terakhir adalah Anda harus mengetahui issue tentang fotografi atau mendalami teknik fotografi terkini. Referensi ini bisa Anda lihat dari buku fotografi cetakan terbaru atau dari artikel-artikel di internet. Dengan mengetahui issue dan teknik terbaru tersebut Anda tidak akan kehilangan pelanggan karena mereka selalu ingin mendapatkan hal-hal yang baru, selain itu jasa Anda tidak terkesan monoton dan membosankan.

Tips Menjalankan Usaha

Setelah Anda tahu apa saja yang harus dipersiapkan, Anda juga harus tahu bagaimana tips menjalankan usaha cetak foto digital ini. Tips yang pertama adalah siapkanlah lokasi usaha yang memang sangat strategis dan sesuai dengan target market Anda. Lokasi di pinggir jalan besar menjadi tempat yang paling cocok untuk mendirikan usaha ini. Jika sudah mendapatkan lokasi yang tepat, agar cepat dikenal dan menarik pelanggan Anda bisa memberikan diskon pada awak pembukaan studio atau pada bulan-bulan tertentu untuk bisa mendongkrak penjualan. Buatlah pula kartu nama untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Usaha Cetak Foto Digital

Usaha Cetak Foto Digital

Yang kedua Anda harus membuat papan nama studio yang diletakkan di depan usaha Anda agar mudah di ingat dan menarik pelanggan. Jangan membuat nama studio yang sulit di ingat dan sulit dihafal karena hal ini akan membuat konsumen lupa dengan usaha atau bisnis Anda. Jangan lupa untuk membuat logo yang menarik. Biasanya pembuatan nama usaha ini disertai dengan logo. Jangan melakukan duplikasi logo karena menjadi pelanggaran hak cipta.

Analisis Modal dan Pendapatan

Untuk memulai usaha cetak foto digital ini Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal. Banyak pebisnis cetak foto yang mengatakan bahwa hanya dengan modal jutaan rupiah saja sudah bisa membuka usaha ini. Berikut adalah modal awal yang harus Anda keluarkan:

No Nama Biaya
1 1 set laptop Rp3,000,000
2 kamera Rp2,000,000
3 printer Rp1,500,000
4 alat transfer data Rp70,000
5 Meja Rp500,000
TOTAL Rp7,070,000

Selain modal awal, Anda juga harus menyiapkan biaya operasional. Besarnya biaya ini sangat tergantung dengan pelanggan atau konsumen yang datang ke usaha Anda. Semakin banyak konsumen yang datang maka semakin besar biaya operasional yang harus Anda keluarkan. Untuk operasional Anda membutuhkan 1 set tinta dengan kualitas bagus Rp200.000, kertas foto sebesar Rp300.000. Selain itu Anda juga harus mengeluarkan biaya listrik sebesar Rp100.000 sehingga total biaya yang harus Anda keluarkan sebesar Rp600.000. Untuk permulaan Anda tidak perlu menggunakan jasa karyawan karena bisa ditangani sendiri. Baru jika konsumen meningkat Anda bisa mencari karyawan untuk membantu Anda.

Demikianlah beberapa informasi menarik tentang usaha cetak foto digital dan analisis modal yang harus Anda siapkan, semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang berniat membuka bisnis cetak foto dalam waktu dekat.

Загрузка...

Tags: tempat usaha cetak foto digital usaha cetak foto digital

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar