6 Tips Hemat Membangun Usaha Cafe bagi Pemula

Tips hemat membangun usaha cafe – Saat mendengar kata cafe ingatan langsung mengarah ke bisnis prestisius yang harus mengeluarkan modal banyak. Cafe ini menjadi tempat nongkrong yang banyak disukai oleh anak-anak muda, selain tempatnya cozy cafe juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang nyaman seperti jaringan Wi-Fi, smoking area, spot foto, dan yang tidak kalah menarik adalah ada berbagai macam makanan lezat atau camilan yang bisa dinikmati saat nongkrong bersama dengan teman. Tidak hanya itu saja, banyak yang menjadikan cafe sebagai tempat untuk mengerjakan tugas. Jika dulu tugas kelompok dikerjakan di rumah teman namun tidak untuk saat ini dimana sering dikerjakan di cafe dengan alasan lebih santai dan nyaman.

Melihat beberapa penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa peluang bisnis cafe sangat potensial dan menjanjikan. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak dengan menjalankan tips hemat membangun usaha cafe seperti berikut ini:

Lokasi yang Strategis dan Nyaman

Tips hemat membangun usaha cafe pertama adalah pilihlah lokasi yang strategis dan nyaman. Karena target bisnis ini adalah anak muda maka penting bagi Anda untuk memilih lokasi yang benar-benar tepat. Salah dalam memilih lokasi akan membuat pemasaran Anda tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Untuk usaha cafe ini Anda tidak harus menyewa lokasi di mall namun lokasi di pinggir jalan pun juga bisa membuat bisnis ini akan bisa berjalan dengan lancar. Pilih lokasi di pinggir jalan utama yang ramai dikunjungi oleh banyak orang. Tidak hanya itu saja, penting bagi Anda untuk memilih tempat yang nyaman dan cocok untuk anak muda.

Menu Andalan

Meski bukan restoran namun penting untuk menyajikan menu makanan dan minuman yang lezat untuk cafe Anda. Utamakanlah kualitas dan higienitas agar banyak yang kembali lagi ke cafe Anda tersebut.  Agar menghemat modal dan juga biaya operasional penting bagi Anda untuk menyediakan beberapa menu terlebih dahulu kemudian tes bagaimana reaksi dari konsumen Anda. Jika bagus berarti menu tersebut bisa diterima oleh mereka begitu pula sebaliknya. Jika Anda langsung menyediakan banyak menu kemudian reaksinya kurang bagus justru hal ini akan merugikan Anda sehingga fokuslah terhadap beberapa menu terlebih dahulu.

Bahan Baku Secara Grosir

Tips hemat membangun usaha cafe yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah beli bahan baku secara grosir. Hal ini digunakan untuk menghemat pengeluaran dari menu yang Anda sajikan. Keuntungan membeli bahan baku secara grosir adalah harga yang ditawarkan jauh lebih miring dibandingkan dengan membeli secara eceran. Anda sebaiknya bertanya tentang syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pedagang grosir sebelum membeli dari mereka.  Jangan pernah takut tidak laku karena jika konsep bisnis cafe Anda bagus, Anda akan bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar dan bisa mendatangkan banyak pembeli.

Lesehan

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah konsep lesehan. Dengan konsep ini Anda akan menghemat budget untuk pembelian kursi. Kursi memiliki harga yang cukup mahal sehingga jika semua tempat digunakan menggunakan kursi tentu biaya yang dikeluarkan cukup banyak. Anda hanya menyiapkan budget untuk pembelian meja yang nyaman untuk lesehan saja. Selain itu Anda juga harus menyediakan tikar yang mana harganya tidak semahal dengan kursi. Konsep lesehan juga dianggap jauh lebih nyaman digunakan untuk mengobrol bersama.

Cari Perlengkapan Usaha yang Murah

Murah belum tentu murahan. Agar bisa menghemat budget pendirian cafe ini penting bagi Anda untuk memilih perlengkapan cafe yang murah namun tidak terlihat murahan. Sebenarnya banyak bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik cafe Anda seperti bahan anyaman, bahan daur ulang seperti lampu hias dari botol plastik, dan lain sebagainya.

Jadikan Anda Sebagai Karyawan

Tips terakhir untuk membuat usaha cafe Anda berjalan dengan lancar meski dengan budget yang minim adalah dengan menjadikan Anda sebagai karyawan. Jika usaha cafe masih sepi pembeli maka jangan mengeluarkan budget yang berlebih untuk menggaji karyawan. Jika Anda masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sendirian lakukanlah dengan mandiri, sehingga gaji atau budget yang Anda keluarkan tersebut bisa digunakan untuk promosi atau di bidang yang lainnya.

Tips Menjalankan Usaha Cafe dengan Budget Minim

Tidak hanya tips hemat membangun usaha cafe saja yang penting untuk diketahui, penting juga bagi Anda untuk tahu bagaimana tips menjalankan usaha cafe dengan budget minim. Dengan operasional tepat diharapkan penjualan terus meningkat karena yang namanya bisnis sangat erat dengan penjualan. Sebagus apapun bisnis yang dijalankan jika angka penjualannya rendah akan menyebabkan keuangan bisnis menjadi tidak sehat.

Agar menciptakan penjualan yang sesuai dengan harapan Anda bisa promosi melalui media sosial seperti Instagram yang hemat dan mudah. Anda hanya memerlukan keahlian berupa memotret foto dengan angle yang pas sehingga foto terlihat menarik. Dengan foto ini akan menyebabkan banyak orang untuk mengunjungi bisnis Anda. Jangan lupakan tagar pada setiap postingan agar pengguna medsos mudah menemukan postingan Anda.

Demikianlah beberapa tips hemat membangun usaha cafe yang sangat penting untuk diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: cara membangun usaha cafe kiat membangun usaha cafe membangun usaha cafe Tips hemat membangun usaha cafe

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar