Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Potensi Bisnis Properti yang Menjanjikan!

Meskipun belum banyak yang tertarik untuk menggelutinya, namun ternyata potensi bisnis properti di era modern seperti saat ini ternyata cukup menjanjikan. Pasalnya dengan perkembangan jaman yang semakin maju, lingkup bisnis juga semakin meluas hingga merambah ke dunia properti. Meskipun tak sedikit yang merasa ragu untuk memulai karena dinilai memiliki risiko yang cukup tinggi, namun ada baiknya Anda mengetahui mengapa potensi bisnis properti cukup meyakinkan dan apa saja contoh jenis-jenis bisnisnya?

Bisnis properti dapat menjadi bisnis yang sangat menjanjikan jika Anda benar-benar memiliki perencanaan yang matang dan sistematis. Karena salah satu kunci sukses dalam bisnis properti adalah dengan membangun rencana bisnis serta manajemen yang baik. Perencanaan yang matang dan sistematis contohnya dapat berupa menyusun pengorganisasian yang baik, bagaimana memilih sumber daya manusia yang tepat, bagaimana memanfaatkan sumber daya alam, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan jenis bisnis properti Anda yang dapat Anda susun dan rencanakan terlebih dahulu sedemikian rupa.

Lalu apa saja jenis bisnis properti yang memiliki prospek bagus dan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar?

1.      Menyewakan Apartemen

Apartemen

Potensi bisnis properti menguntungkan pertama adalah dengan menyewakan apartemen. Terlebih bagi keluarga-keluarga muda yang hidup di era modern yang segala sesuatunya harus serba “kekinian”, karena tak sedikit yang lebih mengedepankan gengsi dengan memilih untuk tinggal di gedung bertingkat yang mewah dan modern, seperti apartemen. Trend ini dapat Anda jadikan kesempatan untuk berbisnis, karena Anda dapat mencoba untuk membeli kamar apartemen yang selanjutnya dapat Anda sewakan. Anda dapat menyewakan dalam bentuk harian, bulanan, maupun tahunan, karena tak jarang pula orang-orang yang sedang berlibur memilih untuk menyewa kamar apartemen daripada kamar hotel. Tergantung dari lokasi apartemen yang akan Anda beli, jika berada di kota-kota besar maka menyewakan apartemen harian atau bulanan merupakan pilihan yang tepat.

2.      Menyewakan Kos atau Rumah

Jika Anda tak tertarik dengan apartemen, ada opsi lain yaitu menyewakan kos atau rumah. Terlebih jika tempat tinggal Anda berada di lingkungan strategis seperti dekat dengan kampus, maka potensi bisnis properti yang sangat menjanjikan di lingkungan Anda adalah membangun kos-kosan. Jika Anda memiliki lahan kosong, Anda bisa membangun kos-kosan di lahan kosong tersebut.

Menyewakan Kos

Menyewakan Kos

Namun lain cerita jika tempat tinggal Anda berada di lingkungan yang sering didatangi pelancong atau turis, maka membangun rumah kemudian disewakan sebagai homestay merupakan langkah yang tepat. Karena umumnya para pelancong yang membawa keluarga besar lebih memilih untuk tinggal di satu rumah daripada harus sendiri-sendiri di kamar hotel, untuk itu tak ada salahnya untuk membangun rumah dengan konsep yang modern dan menarik, sehingga nantinya banyak yang tertarik untuk menyewa homestay milik Anda.

3.      Bisnis Tanah

Tak hanya melulu berbentuk bangunan, namun bisnis tanah pun ternyata masuk ke dalam kategori potensi bisnis properti yang cukup menjanjikan. Mengingat kini sulitnya mencari lahan kosong terlebih bagi yang ingin tinggal di perkotaan. Karenanya pastilah banyak yang mencari tanah kosong untuk membangun rumah. Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis jual beli tanah, Anda dapat menjadi penyedia lahan yang bisa dibangun dalam bentuk kavling. Nantinya tanah tersebut dijual ke developer ataukah akan dijual putus kepada seseorang. Perbedaannya, jika Anda menjual ke developer maka tanah tersebut nantinya akan dibangun lalu dijual lagi dalam bentuk bangunan. Namun jika Anda menjual putus ke seseorang, maka tanah tersebut telah menjadi milik si pembeli tanah.

4.      Menjadi Agen Properti

 Agen Properti

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis di dunia properti namun belum ada modal yang cukup, tenang saja. Anda dapat memulai dari menjadi seorang agen properti, atau biasa disebut broker atau makelar. Menjadi agen properti berarti Anda harus dapat memasarkan bangunan atau tanah kepada pihak-pihak yang menurut Anda potensial. Menjadi agen properti merupakan langkah awal yang tepat sebelum terjun untuk berbisnis properti, karena secara tak langsung Anda dapat mempelajari bagaimana skema jual beli atau strategi apa yang harus dilakukan agar properti dapat berhasil terjual.

5.      Membuat Website Terkait Jual Beli Properti

Jaman dulu banyak orang yang menjual informasi mengenai lokasi kos-kosan, ruko disewakan, rumah dijual, maupun tanah dijual. Namun itu sebelum teknologi berkembang seperti saat ini. Karena saat ini segala sesuatunya dapat dengan mudah Anda cari melalui internet, oleh karena itu trend ini dapat Anda manfaatkan sebagai potensi bisnis properti menjanjikan dengan membuka situs pencarian atau website terkait jual beli properti. Anda dapat menyediakan informasi lengkap mengenai rumah, tanah, kos-kosan, ruko, atau bangunan lain yang akan dijual. Begitupun dengan orang-orang yang ingin membeli, dapat menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut. Kuncinya, website Anda harus ramai pengunjung, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan yang cukup besar.

Demikianlah 5 bisnis yang dapat menjadi potensi bisnis properti menjanjikan. Anda tertarik mencoba yang mana?

Загрузка...

Tags: berbagai macam Potensi Bisnis Properti Potensi Bisnis Properti

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar