7 Strategi Meningkatkan Profit Usaha Tanpa Menaikkan Harga Produk

Para pengusaha harus tahu bagaimana strategi meningkatkan profit usaha. Hal tersebut harus dilakukan oleh para pengusaha agar bisnis yang dijalankannya  dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik. Untuk meningkatkan profit, Anda tidak bisa melakukannya hanya dengan menaikkan harga produk saja. Apalagi di zaman sekarang ini, dimana para konsumen sudah semakin cerdas dalam melakukan pembelian produk. Jika Anda ingin meningkatkan produk dengan cara menaikkan harga, maka para konsumen pun akan beralih ke kompetitor Anda. Karena itulah, Anda tak boleh sembarangan dalam mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keutungan dari bisnis yang Anda jalankan saat ini. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda coba lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan profit tanpa menaikkan harga produk secara langsung.

1.     Pertimbangkan Kapasitas Sumber Daya yang Dimiliki

Untuk bisa memperoleh profit yang besar, terlebih dulu Anda harus mempertimbangkan kapasitas sumber daya yang dimiliki, misalnya karyawan, peralatan yang digunakan, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda menggunakan sumber daya sampai melebihi batas kapasitas kemampuannya hanya demi meraup keuntungan yang lebih besar. Misalnya, saat perusahaan menerima pesanan dalam jumlah besar, namun Anda tidak memperhatikan kapasitas kemampuan para karyawan sehingga mereka harus lembur setiap harinya. Hal ini jelas akan berdampak buruk pada kesehatan para karyawan.

meningkatkan profit usaha

Untuk itu, Anda harus tetap memperhatikan kapasitas sumber daya yang dimiliki dengan cara mengatur kerja dengan sistem shift. Dengan begitu, Anda tetap bisa memenuhi pesanan customer tanpa harus menguras tenaga karyawan. Jadi, perusahaan akan tetap bisa memperoleh profit yang besar dan para karyawan pun tetap bisa bekerja sesuai kapasitasnya.

2.     Membuat Produk dengan Kemasan Ekonomis

Strategi meningkatkan profit usaha yang satu ini sangat cocok diterapkan bagi Anda yang menjalankan bisnis makanan maupun kosmetik. Dengan menjual produk dalam kemasan ekonomis atau satchet, para pembeli tidak akan menyadari kalau sebenarnya membeli dalam kemasan satchet justru relatif lebih boros dibanding dengan membeli dalam kemasan botol. Namun harganya terkesan lebih murah karena mereka membelinya dalam ukuran kecil. Jika Anda berhasil menjual produk dalam kemasan ekonomis tersebut dalam jumlah banyak, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga akan semakin besar.

3.     Meningkatkan Kualitas Produk dan Pelayanan

Meningkatkan kualitas produk serta pelayanan memang bisa jadi salah satu strategi meningkatkan profit usaha yang sedang Anda jalankan. Untuk itu, Anda harus mencari tahu produk seperti apa yang benar-benar sesuai dengan keinginan para konsumen. Jika konsumen sudah puas dengan produk serta pelayanan yang Anda berikan, maka loyalitas mereka sebagai konsumen pun akan terjaga dengan baik. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk memasarkan produk dan meningkatkan jumlah keuntungan.

4.     Tingkatkan Target Penjualan

Setelah Anda meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, selanjutnya Anda dapat meningkatkan target penjualan. Untuk itu, Anda harus mencari cara agar dapat meningkatkan target penjualan yang selalu update dan sesuai dengan trend yang ada di masyarakat saat ini. Salah satu cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan target penjualan adalah dengan melakukan promosi melalui media sosial. Cara ini memang cukup efektif untuk dilakukan di era digital seperti saat ini.

5.     Perluas Industri yang Telah Anda Kuasai

Memperluas industri yang telah Anda kuasai bisa jadi salah satu strategi meningkatkan profit usaha. Misalnya, Anda menjalankan bisnis di bidang penyedia jasa perjalanan atau travel, maka untuk menambah omzet, Anda dapat mencoba menjalankan bisnis lain yang masih ada kaitannya dengan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Untuk itu, Anda dapat mencoba merintis bisnis kuliner, bisnis penginapan, atau bahkan menjadi agen paket wisata.

Selain dapat meningkatkan omzet, Anda juga dapat meminimalisir resiko kegagalan dalam berbisnis karena Anda sedikit banyak telah menguasai bisnis-bisnis tersebut.

6.     Jangkau Lebih Banyak Konsumen Baru

Anda pun dapat meningkatkan profit usaha dengan cara menjangkau lebih banyak konsumen baru. Setiap usaha pastinya punya konsumen pasarnya tersendiri, baik dari segi demografi lokasi, kelompok usia, jenis kelamin, atau juga komunitas. Untuk mendongkrak keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan, cobalah memjangkau lebih banyak konsumen baru.

Anda dapat memanfaatkan internet untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen baru. Seperti kita ketahui, saat ini Internet dapat digunakan di seluruh dunia. Karena itulah, Anda akan lebih mudah membidik konsumen baru bahkan dari tempat yang jauh sekalipun.

7.     Perhatikan Ketersediaan Barang

Ketersediaan barang yang tersimpan di gudang harus benar-benar Anda perhatikan. Mungkin selama ini Anda berpikir kalau banyaknya stok barang yang tersimpan akan membuat bisnis Anda berjalan semakin lancar. Namun pada kenyataannya, jika Anda memiliki terlalu banyak barang yang menumpuk di gudang, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kelancaran operasional bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu, Anda harus menjaga ketersediaan barang tersebut agar jumlahnya tidak berlebihan. Dengan begitu, Anda pun akan mendapatkan profit secara lebih efisien.

Itulah beberapa strategi meningkatkan profit usaha tanpa menaikkan harga produk secara langsung. Semoga informasi ini dapat menambah referensi bagi Anda yang tengah berusaha untuk memperbesar bisnis yang Anda jalankan. Selamat mencoba!

Загрузка...

Tags: cara meningkatkan profit usaha meningkatkan profit usaha strategi meningkatkan profit usaha

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar