Memahami Pengertian dan Jenis Saham di Indonesia

Jenis saham di Indonesia – Akhir-akhir ini Anda mungkin semakin sering mendengar tentang investasi, saham, trading, dan sejenisnya. Tak mengherankan, karena saat ini masyarakat Indonesia memang sudah mulai banyak yang terjun ke dunia investasi saham. Bukan tanpa sebab, banyak orang yang kini memang sadar bahwa mereka harus memiliki pasif income, maka investasi saham inilah yang menjadi salah satu alternatifnya.

Jika Anda juga berminat untuk melakukan investasi saham, maka pahami dulu apa itu saham dan apa saja jenis saham di Indonesia berikut ini.

Pengertian Saham

jenis saham di Indonesia

jenis saham di Indonesia

Selama ini saham dikenal sebagai salah satu instrumen investasi. Memang tidak salah, namun saham juga merupakan salah satu jenis surat berharga yang juga menjadi bukti akan kepemilikan perusahaan. Jika Anda memiliki saham di perusahaan A, maka bisa dikatakan bahwa Anda juga merupakan salah satu pemilik perusahaan tersebut meski persentasenya cukup kecil. Dengan memiliki saham, maka Anda juga berhak mendapatkan pembagian keuntungan atau dividen sesuai dengan jumlah saham yang Anda miliki.

Sejauh ini Anda sudah mengetahui bahwa saham dapat diperjualbelikan secara online melalui aplikasi trading. Namun ternyata jenis saham yang bisa diperjualbelikan ini hanya salah satu dari berbagai jenis saham di Indonesia. Masih ada beberapa jenis saham lain yang mungkin masih cukup asing bagi Anda.

Mengenal Berbagai Jenis Saham di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jenis saham yang perlu Anda ketahui untuk menambah wawasan Anda dalam dunia investasi saham.

1.      Preferred Stock atau Saham Preferen

Jenis saham ini memberikan prioritas bagi pemegangnya untuk mendapatkan hasil yang tetap apabila aset perusahaan dijual akibat bangkrut. Saham ini merupakan gabungan antara saham biasa dan juga obligasi.

Ciri lain dari saham ini adalah tidak memiliki hak suara, memiliki pengaruh di manajemen, mendapatkan prioritas saat pembagian dividen san memiliki hak terima atas pembayaran.

2.      Common Stock atau Saham Biasa

Jenis saham yang satu ini memiliki hak klaim berdasarkan rugi atau laba yang didapatkan oleh suatu emiten atau perusahaan. Jenis saham di Indonesia yang satu ini merupakan jenis saham yang sering diperjualbelikan baik secara ritek maupun korporat.

Apa keuntungannya jika Anda memiliki saham biasa ini? Anda tentunya akan mendapatkan hak atas pembagian dividen, memiliki hak suara dan juga bagi hasil penjualan aset namun setelah perusahaan menyelesaikan tanggung jawab hutang.

3.      Registered Stock atau Saham Atas Nama

Jenis saham ini merupakan saham yang terdapat nama pemiliknya, sehingga apabila akan dipindahtangankan harus melalui prosedur yang telah ditentukan oleh perusahaan.

4.      Bearer Stock atau Saham Atas Unjuk

Jenis saham ini merupakan jenis saham yang mana nama sang pemilik tidak dituliskan. Tujuannya adalah agar saham ini dapat dipindahtangankan dengan mudah dari investor yang satu ke investor yang lainnya. Siapa saja yang memegang saham ini maka diakui sebagai pemilik dan berhak mengikuti RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

5.      Counter Cyclical Stock

Merupakan jenis saham yang nilainya tak begitu terpengaruhi oleh kondisi bisnis maupun ekonomi makro. Ketika misalnya kondisi ekonomi makro sedang tidak baik-baik saja, maka nilai dari saham ini masih cukup tinggi. Apalagi jika emiten ini masih bisa membagikan dividen yang besar, maka nilainya juga pasti masih tinggi.

6.      Speculative Stock

Saham ini dimiliki oleh emiten atau perusahaan yang penghasilannya tidak menentu dari tahun ke tahun. Namun diperkirakan perusahaan atau emiten ini akan naik nilainya di masa yang akan datang, meskipun belum tentu juga seberapa besar emiten ini akan berkembang.

7.      Growth Stock

Growth stock merupakan jenis saham yang mana emiten atau perusahaannya memiliki pertumbuhan pendapatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan industri sejenisnya. Jika Anda ingin melakukan investasi maka indikator growth stock ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Baca juga : 5 Jenis Usaha yang Menjanjikan Passive Income Terbaik

8.      Income Stock

Income stock merupakan jenis saham yang memiliki nilai pembagian dividen lebih besar jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mengapa nilai dividen lebih besar? Ini karena perusahaan atau emiten tersebut dapat menghasilkan laba yang lebih tinggi secara teratur dibanding tahun sebelumnya.

9.      Bluechip Stock

Saham bluechip atau bluechip stock tentu sudah sering Anda dengar dibanding jenis saham di Indonesia yang lainnya. Saham bluechip disematkan pada emiten atau perusahaan yang memiliki kapitalisasi besar, setidaknya lebih dari 10 triliun.  Saham bluechip umumnya memiliki pendapatan yang cukup stabil dan juga selalu membagikan dividen pada investornya.

Setidaknya itulah beberapa jenis saham yang umumnya ada di Indonesia. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada saham, pelajari terlebih dahulu semua informasi mengenai saham agar Anda tidak kehilangan uang Anda. Semoga informasi mengenai jenis saham di Indonesia ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tags: Jenis -jenis saham di Indonesia Jenis saham di Indonesia

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar