5 Peluang Usaha Jajanan Pasar dan Alasan Mengapa Harus Memulainya

Sektor kuliner menjadi alternatif terbaik untuk memulai bisnis. Sektor ini cenderung stabil dari waktu ke waktu dan sangat disukai oleh masyarakat. Lihat saja bagaimana jajanan pasar bisa bertahan meskipun dihimpit oleh berbagai inovasi kuliner. Jajanan pasar tetap dipilih oleh masyarakat karena memiliki ciri khasnya tersendiri. Lalu, bagaimana sih peluang usaha jajanan pasar ini? Untuk mengetahuinya Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Mengapa Harus Jajanan Pasar?

peluang usaha jajanan pasar

Dari sekian ide bisnis yang ada, mengapa harus jajanan pasar? Jajanan pasar sendiri punya beberapa kelebihan, seperti:

·         Permintaan Pasar yang Stabil

Pertama, jajanan pasar punya target pasar dan permintaan yang cukup stabil. Hal ini disebabkan karena makanan ini bisa dikonsumsi tanpa mengenal waktu. Baik di pagi hari hingga malam hari, jenis jajanan pasar tetap nikmat diminati. Alhasil banyak orang yang membutuhkan jajanan pasar ini, mulai dari individu, skala rumahan, kebutuhan acara dan lain-lain.

·         Skema Bisnis yang Fleksibel

Usaha jajanan pasar cenderung fleksibel dan mudah disesuaikan. Misalnya, Anda bisa membuat produk berdasarkan target bisnis, atau menerapkan sistem pre-order. Untuk sistem pre-order sendiri biasanya baru diterapkan saat ada pesanan dalam jumlah yang besar.

·         Bisnis Skala Rumahan

Peluang usaha jajanan pasar bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebab, bisnis ini merupakan jenis usaha rumahan dan sangat cocok untuk ibu rumah tangga. Anda bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu dan mengembangkannya secara perlahan.

·         Pilihan Menu yang Beragam

Yang menarik dari bisnis kuliner ini adalah punya banyak pilihan menu yang beragam. Anda dijamin tidak akan bingung dalam menentukan menu dan bisa berkreasi sepuas mungkin. Adapun beberapa menu jajanan pasar yang bisa dijual adalah pastel, onde-onde, klepon, nagasari, bolu kukus, kue cucur, cireng, pentol cilok dan lain-lain.

·         Modal yang Terjangkau

Kebutuhan modal dalam bisnis ini tergolong murah dan juga terjangkau. Misalnya, untuk membuat satu jenis menu makanan biasanya dibutuhkan modal sekitar puluhan ribu saja. Dengan jumlah modal tersebut Anda bisa mendapat untung berkali-kali lipat jika berhasil menjualnya.

Tips Memulai Usaha Jajanan Pasar

Untuk mengoptimalkan peluang usaha jajanan pasar ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti:

1. Menentukan Lokasi Jualan yang Strategi

Lokasi berjualan sangat mempengaruhi potensi penjualan jajanan pasar. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian. Beberapa tempat yang kami rekomendasikan adalah kios pinggir jalan, lapak pasar, atau lokasi lain yang dekat dengan keramaian. Kemudian jika rumah Anda berada di lokasi padat penduduk maka boleh juga untuk berjualan dari rumah.

2. Perhatikan Jam Penjualan

Kuliner jajanan pasar biasanya diincar pada jam-jam tertentu, seperti pagi hari. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk bersiap-siap lebih pagi dan harus berada di lokasi pada jam padat tersebut. Tidak disarankan untuk berjualan terlalu siang sebab jumlah konsumennya pasti lebih sedikit.

3. Jaga Kualitas Jajanan Pasar

Ketiga, jagalah kualitas jajanan agar disukai oleh konsumen. Caranya adalah dengan memilih bahan yang baik dan banyak dipakai oleh pelaku bisnis. Bahan berkualitas umumnya bisa meningkatkan cita rasa sebuah makanan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tempat dan juga jajanan yang Anda jual.

4. Berkreasi dan Berinovasi

Kreasi dan inovasi akan meningkatkan kualitas bisnis Anda. Calon pembeli umumnya tertarik mencoba kuliner baru yang sangat jarang ditemui. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah variasi baru di beberapa jenis jajanan pasar. Atau Anda pun boleh mengubah kemasan produk agar terlihat lebih menarik.

Baca juga : Memulai Bisnis Frozen Food di Masa Pandemi, Seberapa Menguntungkan?

5. Go Online

Meski bersifat tradisional, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba go online. Mulailah untuk mempromosikan jajanan pasar di beberapa akun media sosial. Contohnya, Anda bisa menawarkan produk di grup kuliner Facebook, promosi di status WA, atau membuat akun khusus di Instagram.

Untuk membuat konsumen tertarik, pasanglah foto-foto estetik dan gunakan foto tersebut untuk menghiasi halaman media sosial. Jika perlu Anda bisa bekerja sama dengan influencer sebagai strategi untuk mempromosikan produk Anda. Cara-cara tersebut akan membuat peluang usaha jajanan pasar menjadi lebih cepat berkembang.

 

 

Tags: peluang usaha jajanan pasar peluang usaha jajanan pasar terbaru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar