6 Jenis Usaha Sampingan yang Tidak Memakan Waktu dengan Income Lumayan

Jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu – Untuk menggeluti bisnis dengan baik penting bagi Anda untuk melakukan analisa dan mencari peluang bisnis yang tepat. Terutama jika Anda menggeluti bisnis sambil bekerja atau sambil menjadi ibu rumah tangga, maka penting bagi Anda untuk memilih usaha sampingan yang tidak banyak memakan waktu. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan:

Penyedia Jasa Usaha Sampingan

Jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu pertama adalah menyediakan jasa.  Jasa ini menjadi usaha yang fleksibel karena Anda bisa menjalankan bisnis ini sehabis menjalankan pekerjaan kantor. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis dalam bidang jasa yang bisa Anda lakukan:

  1. Desain grafis
Desain grafis

Desain grafis

Jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu pertama adalah desain grafis. Untuk menggeluti bisnis ini Anda harus menyiapkan laptop dan juga software seperti Corel Draw maupun Photoshop. Desainer grafis ini pekerjaannya membuat desain seperti kartu nama, logo, desain baju, brosur, poster, dan masih banyak lagi lainnya. Semakin banyak ide yang Anda miliki maka semakin beragam desain yang bisa Anda buat. Untuk membuat desain yang bagus penting bagi Anda untuk bisa memadukan warna dengan baik, membuat desain yang rapi dan terstruktur, serta masih banyak lagi lainnya.

  1. Les privat
Les privat

Les privat

Jika Anda bekerja tidak menggunakan shift maka les privat bisa menjadi usaha sampingan yang tepat, terutama jika background Anda pendidikan. Saat ini banyak orang tua membutuhkan jasa ini untuk membantu anak mereka dalam mempelajari pelajaran yang ada di sekolah karena pelajaran di sekolah sudah semakin susah akibat perubahan kurikulum pendidikan. Jika kemampuan Anda mumpuni maka akan banyak orang tua yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Sebagai langkah awal Anda bisa mendatangi rumah murid-murid Anda terlebih dahulu, barulah jika sudah semakin banyak murid yang tertarik bisa membuka tempat les sendiri. Modal yang dikeluarkan pun relatif kecil yaitu hanya transportasi, skill, dan juga ilmu pengetahuan Anda. Jika membuka les sendiri Anda membutuhkan kurang lebih 2 juta untuk menjalankan usaha ini. Selain itu berikanlah harga yang kompetitif jangan terlalu mahal dan terlalu murah. Namun jika Anda memiliki metode tertentu yang bisa membuat anak atau murid belajar lebih cepat Anda bisa memberikan harga yang lebih mahal daripada harga standar seperti metode penalaran matematika dan lain sebagainya.

  1. Penerjemah

Penerjemah

Jika menguasai bahasa asing Anda bisa menggunakan kelebihan tersebut dengan menawarkan jasa penerjemah. Khusus untuk penerjemah ini terbagi menjadi dua yaitu profesional dan juga penerjemah pemula. Untuk menjadi penerjemah profesional Anda harus melewati fase pemula dan hanya ada beberapa dokumen yang bisa diterjemahkan seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Modal untuk bisa menggeluti bisnis ini tidak terlalu mahal yaitu dengan menggunakan laptop dan internet. Jika membutuhkan hard copy maka Anda membutuhkan printer.

  1. Makelar

Jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu selanjutnya adalah makelar. Untuk bisa menggeluti bisnis ini Anda hanya membuat jadwal pertemuan dengan calon costumer Anda. Jika nanti terjadi deal Anda akan mendapatkan komisi. Untuk menggeluti bisnis ini diperlukan wawasan yang luas dan juga ilmu komunikasi yang baik agar Anda bisa memberikan penawaran dan juga negosiasi yang baik dengan konsumen. Salah satu makelar yang banyak peminatnya adalah properti.

Penawaran Barang

Selain jasa ada beberapa jenis usaha sampingan dalam hal penawaran barang. Untuk bisnis ini Anda harus terus aktif dalam melakukan promosi karena pendapatan dan penghasilan Anda akan sangat tergantung dengan promosi yang Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha sampingan dalam hal penawaran barang yang bisa Anda lakukan:

  1. Reseller dan dropshiper
mekanisme dropshipping

mekanisme dropshipping

Reseller menjadi usaha yang tepat bagi Anda yang ingin menambah pundi-pundi rupiah. Reseller adalah istilah untuk orang yang berbisnis dengan menjual barang yang di suplai produsen atau distributor besar. Modalnya pun cukup minim dimana Anda hanya perlu stock sedikit barang yang paling laris dengan permintaan konsumen. Reseller ini harus melakukan packing dan pengiriman ke pelanggan.

Bedanya dengan dropshiper adalah Anda tidak perlu stock barang. Anda hanya perlu membeli produk yang sudah dibeli konsumen ke supplier atau produsen Anda kemudian mereka akan mengirimkan ke konsumen atas nama  Anda atau toko Anda. Kekurangannya adalah Anda tidak bisa mengetahui bagaimana kualitas barang yang dikirim berbeda dengan reseller yang bisa melihat kualitas barang terlebih dahulu.

  1. Jual beli motor bekas

Jenis usaha sampingan terakhir yang tidak memakan waktu adalah jual beli motor bekas. Saat ini minat masyarakat akan motor bekas semakin meningkat karena harga sepeda motor baru yang tinggi. Selain itu motor akan mengalami penyusutan harga dari tahun ke tahun sehingga membeli motor bekas dianggap lebih aman dibandingkan harus mengalami kerugian akibat penyusutan harga kendaraan motor tersebut.

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik pilihlah jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu yang sesuai dengan background dan minat Anda, setelah itu lakukanlah promosi dengan sungguh-sungguh agar bisnis Anda bisa berjalan seperti yang diharapkan

Загрузка...

Tags: Jenis usaha sampingan yang tidak memakan waktu macam usaha sampingan yang tidak memakan waktu

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar