Ingin Cepat Eksis? Simak Yuk 5 Tips Memilih Tema Podcast yang Menarik

Podcast adalah siaran berbasis audio yang banyak diminati orang. Podcast biasa dinikmati di waktu senggang atau menemani aktivitas yang sedang dikerjakan. Popularitas podcast yang menanjak banyak dimanfaatkan orang sebagai peluang usaha untuk menghasilkan uang. Apalagi, siaran podcast bisa dibuat oleh siapa saja hanya bermodalkan smartphone yang dimiliki. Nah, jika Anda tertarik ingin berkarir di bidang ini, kami akan berikan 5 tips memilih tema podcast yang menarik yang bisa membuat Anda cepat eksis.

Manfaatkan Tema yang Sedang Viral

Tips Memilih Tema Podcast yang Menarik

Pemilihan sebuah tema adalah aspek penting yang mempengaruhi kualitas sebuah podcast. Pemilihan tema yang tepat bisa menarik minat pendengar untuk sekadar meng­-klik atau bahkan mendengarkan siaran hingga selesai. Jadi, Anda harus bisa menentukan tema yang tepat, yang membuat pendengar merasa penasaran untuk mendengarkan siaran.

Salah satu tema populer dalam podcast adalah tema yang sedang viral. Pendengar sangat tertarik dengan hal update yang sedang banyak dibicarakan. Apalagi jika hal tersebut dibahas dari sudut pandang berbeda, maka akan memberikan referensi yang menarik bagi pendengar. Selain itu, membahas hal yang viral dapat juga menjaga eksistensi Anda tetap aman.

Pilih Tema yang Selalu Hangat Dibicarakan

Banyak ide bahasan yang selalu hangat untuk dibicarakan setiap waktu. Topik tersebut akan selalu ada dan tersedia, seperti yang bisa dilihat pada beberapa contoh berikut:

1.      Misteri

Di Indonesia, konten misteri adalah konten favorit yang selalu laris dan banyak peminatnya. Hal ini tidak terlepas dari karakter orang Indonesia yang memang suka terhadap hal-hal berbau mistis. Jika konten dikemas dan dinarasikan dengan baik, maka akan menambah nila jual tersendiri. Pendengar akan semakin penasaran dan setia menunggu cerita Anda selanjutnya.

2.      Percintaan

Percintaan adalah tema yang paling dekat dengan semua pendengar. Mulai dari remaja hingga dewasa, konten percintaan tetap menarik untuk dibicarakan. Nah, jika punya cerita percintaan yang menurut Anda menarik, maka cobalah untuk menyiarkannya.

3.      Karier

Podcast terkadang menjadi sarana motivasi untuk sebagian orang. Banyak pendengar mencari inspirasi dari obrolan-obrolan orang sukses. Pendengar untuk tema ini didominasi oleh orang-orang yang mulai beranjak dewasa. Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa yang cocok untuk orang di usia ini.

4.      Musik

Tips memilih tema podcast yang menarik selanjutnya berkaitan dengan musik. Musik adalah tema yang tidak pernah bosan untuk dibicarakan karena terus berkembang mengikuti zaman. Apalagi, sebagian besar pendengar podcast adalah penikmat music juga. Jadi, podcast yang membahas cenderung mudah untuk dijual ke pendengar.

5.      Politik

Beberapa orang juga menyukai isu politik yang sedang berkembang. Dinamika politik ini bisa dimanfaatkan sebagai ide untuk siaran Anda. Namun, jika ingin membahas politik sebaiknya jangan terlalu kaku dan serius. Pilihlah pembawaan yang santai namun berisi, supaya pendengar pun lebih mudah mencernanya.

Variasikan Tema Podcast

Supaya tidak membosankan, Anda harus menentukan tema yang bervariasi. Membahas tema yang sama akan membuat pendengar lebih cepat meninggalkan Anda. Pendengar butuh sesuatu baru untuk dibahas. Jadi, cobalah untuk berimprovisasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan pendengar.

Contohnya, jika terbiasa membahas tema musik, maka cobalah untuk membahas hal lainnya, misalnya karier. Tidak perlu secara gamblang mengganti gaya bahasa keseluruhan. Cukup mengombinasikannya saja agar tetap nyambung dengan karakter utama Anda.

Karakter memang wajib dimiliki oleh seorang podcaster. Namun, tidak ada salahnya untuk menggeser sedikit idealisme Anda untuk hal yang lebih penting. Mengorbankan idealism demi memenuhi kebutuhan penonton adalah hal yang layak untuk dipertaruhkan.

Obrolan Santai yang Menghibur

Menyiarkan obrolan santai yang menghibur menjadi tips memilih tema podcast yang menarik selanjutnya. Orang mendengarkan podcast sebagai sarana untuk hiburan saja. Mereka kurang suka dengan pembahasan yang serius sebab bisa membebani pikiran dan membuat jadi stress. Sebagai seorang podcaster, Anda harus mengerti dengan aspek psikologis seperti ini. Sebab, hal ini bisa menjamin kesuksesan siaran agar disukai oleh pendengar.

Baca juga : 8 Cara Mengatasi Stress Karena Banyak Hutang

Terkadang, mendengarkan cerita sehari-hari saja sudah cukup untuk memberikan gelak tawa. Oleh karenanya Anda boleh sesekali membahas hal-hal ringan yang cocok untuk pendengar. Bawakanlah cerita secara natural dan jangan terlalu memaksakan.

Ikut Sertakan Pendengar Anda

Sebuah podcast dibawakan oleh podcaster untuk kemudian disampaikan kepada pendengar. Namun, terkadang pendengar juga ingin terlibat langsung dalam sebuah podcast dan bercerita kepada seorang podcaster. Maka dari itu, cobalah untuk memfasilitasi mereka untuk bercerita, agar terjalin keakraban yang bisa saling menguntungkan.

Itulah 5 tips memilih tema podcast yang menarik untuk dibahas. Intinya, Anda harus mengerti kondisi para pendengar dan menyesuaikan tema sesuai dengan kebutuhan. Ingatlah bahwa podcast adalah platform hiburan yang bersifat santai, jadi sesuaikan pembawaan dan jangan terlalu serius.

Tags: bagaimana tips memilih tema podcast yang menarik tips memilih tema podcast yang menarik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar