Intip Ide Usaha dengan Modal 5 Juta Rupiah Saja!

Pernahkah Anda berpikir untuk memulai bisnis dengan modal Rp5 juta? Tenang saja, walaupun Anda hanya memiliki modal Rp5 juta namun Anda tetap bisa membuka bisnis Anda sendiri dan mendapatkan keuntungan besar. Tentu saja asalkan ada niat dan usaha untuk mempelajari cara berbisnis.

Lalu, apa sajakah ide usaha dengan modal 5 juta yang bisa dijalankan? Berikut ini rekomendasi bisnis dengan modal 5 juta yang bisa Anda jadikan referensi.

Buka Usaha Konter Pulsa dan Token Listrik

Pulsa, kuota internet, dan token listrik memang sudah bisa dibeli melalui aplikasi pembayaran digital, namun tidak sedikit pula orang yang masih memanfaatkan konter pulsa untuk membeli pulsa, pulsa internet, dan token listrik.

Untuk memastikan modal yang Anda keluarkan mencukupi, berikut ini estimasi modal usaha konter pulsa yang kami susun untuk Anda.

  • Etalase kaca: Rp1.500.000,-
  • Stok kartu: Rp1.000.000,-
  • Stok pulsa: Rp1.000.000,-
  • Dudukan display kartu: Rp50.000,-
  • Pemotong kartu: Rp20.000,-
  • Banner konter: Rp30.000,-

Total estimasi modal: Rp3.600.000,-

Ini adalah estimasi modal jika Anda memilih untuk membuka konter di rumah, berbeda lagi jika Anda menyewa ruko maka estimasi modal akan bertambah

Untuk estimasi keuntungan, Anda bisa menerapkan laba sebesar Rp2.000 per transaksi. Jika dalam satu hari terdapat 50 transaksi, maka keuntungan yang Anda peroleh dalam sehari adalah Rp2.000 x 50 =Rp100.000 atau sekitar Rp 3 juta per bulan.

Reseller Produk

Reseller adalah ide usaha dengan modal 5 juta yang cocok untuk Anda yang tidak ingin susah payah membuat produk usaha sendiri, karena pihak supplier akan mengirimi Anda produk dan Anda hanya tinggal menjual kembali ke konsumen.

Anda bisa memilih beraneka ragam produk yang Anda inginkan di marketplace kemudian dijual dengan harga yang bisa ditentukan sendiri. Misalnya, jika Anda reseller produk pakaian Anda bisa mengambil untung Rp20.000 per item, jika dalam satu bulan Anda mampu menjual 150 produk, maka besar keuntungan yang Anda peroleh minimal Rp3.000.000,-.

Bisnis Jus Buah dan Salad Buah

Masyarakat kini semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan konsumsi buah. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan memulai bisnis jus buah dan salad buah.

Modal 5 juta sangat cukup untuk membuka bisnis ini, berikut estimasi modalnya:

  • Blender es buah: Rp650.000,-
  • Pisau set + talenan + pengupas buah: Rp20.000
  • Cup plastik + tutup: Rp100.000,-
  • Aneka buah-buahan: Rp 350.000,-
  • Gula, susu,dll: Rp150.000,-
  • Gerobak es buah + Etalase kecil: Rp2.000.000,-

Total estimasi modal: Rp3.250.000,-

Estimasi pendapatan kotor per hari Rp750.000,- jika Anda berhasil menjual 50 jus atau salad buah dengan harga Rp 15.000 per hari.

Jasa Laundry Kiloan

Ide usaha dengan modal 5 juta selanjutnya adalah jasa laundry atau jasa cuci setrika pakaian. Mengapa Kami menyarankan untuk memilih bisnis laundry? Karena bisnis ini sangat menjanjikan dan memiliki peluang besar terlebih jika rumah Anda berada di kawasan pekerja kantoran yang umumnya malas mencuci baju karena kesibukan.

Estimasi modal yang Anda keluarkan cukup untuk membeli mesin cuci, deterjen, gantungan baju, setrika, parfum laundry, timbangan duduk, dan keranjang baju. Anda bisa gunakan barang-barang di rumah jika ingin menekan modal.

Estimasi keuntungan bisa dihitung dengan menghitung biaya per kilogram baju yang dilaundry. Misalnya jika Anda mematok harga Rp5.000/kg dengan minimal 20 kg baju/ hari maka Anda bisa mendapatkan Rp3 juta per bulan.

Budidaya Ikan

Khusus untuk Anda yang memiliki lahan tidak terpakai di pekarangan rumah, di belakang rumah, atau dimanapun, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan budidaya ikan sebagai ide usaha dengan modal 5 juta.

Ada beragam ikan yang bisa Anda budidayakan, namun budidaya ikan paling digemari adalah ikan lele karena harga bibitnya cenderung murah, perawatan mudah, dan harga pakan tidak begitu mahal.

Anda bisa membuat kolam terpal dengan estimasi dana Rp1 juta, kemudian membeli 5.000 benih lele dengan harga kisaran Rp500 ribu dan 150 kg pakan lele seharga Rp1.5 juta.

Baca juga : Syarat-Syarat Mendirikan Koperasi yang Wajib Anda Tahu!

Jika Anda berhasil membesarkan semua lele, Anda bisa menjual Rp17.000 per kilogram (biasanya berisi sekitar 8 lele). Keuntungan kotor bisa mencapai Rp10 juta. Namun Anda harus bersabar karena umumnya lele baru bisa dipanen pada usia 3 bulan.

Setelah melihat 5 ide usaha dengan modal 5 juta  datas, apakah Anda sudah memutuskan untuk memilih ide usaha yang mana? Jika sudah, kini saatnya Anda belajar menjalankan bisnis agar bisnis atau usaha Anda segera mendapatkan keuntungan.

  • Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan Anda sehingga Anda menikmati prosesnya dan mudah menemukan solusi saat mengalami masalah.
  • Melakukan riset pasar agar ide usaha dengan modal 5 juta tidak sia-sia. Lihat bagaimana supply dan demand pesaing terbesar Anda sehingga strategi bisnis dan perencanaan Anda mampu mendapatkan keuntungan besar.
  • Tentukan target Anda, tujuan usaha, kisaran pendapatan, usia konsumen, target jenis kelamin konsumen, hingga lokasi konsumen. Ini berkaitan strategi pemasaran yang perlu Anda perhatikan.
  • Teruslah berinovasi, jangan sampai konsumen bosan dan meninggalkan usaha Anda karena produk Anda ketinggalan zaman. Lakukan evaluasi setiap minggu atau bulan untuk mengetahui minat konsumen sehingga Anda bisa menemukan solusi terbaik.

Jangan lupa siapkan mental yang kuat saat memulai bisnis, karena berbisnis itu tentang bagaimana Anda bertahan dalam merintis usaha Anda sendiri. Anda harus siap menghadapi persaingan dan resiko yang mungkin muncul di depan. Taati pula peraturan terkait pajak dan lakukan secara legal agar bisnis Anda berjalan lancar. Semoga ide usaha dengan modal 5 juta ini bisa menginspirasi Anda.

 

Tags: daftar Ide usaha dengan modal 5 juta Ide usaha dengan modal 5 juta

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar