Intip Yuk 6 Trend Ide Bisnis Terbaru 2021-2022 yang Bisa Dilakukan di Rumah

Semenjak pandemi dimulai, orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Hal ini menyesuaikan dengan aturan work from home demi mencegah persebaran virus corona. Bekerja dari rumah membuat orang lebih mudah merasa bosan. Sebab, tak banyak aktivitas yang dilakukan sehingga semuanya terlihat sangat monoton. Situasi ini kemudian memicu timbulnya ide untuk memulai bisnis rumahan. Ada banyak trend ide bisnis terbaru 2021-2022 yang bisa dilakukan di rumah. Kami sudah menyiapkan 6 di antaranya untuk bahan referensi Anda.

trend bisnis 2022

Berjualan Online

Trend ide bisnis di tahun ini nampaknya masih bertumpu pada sistem online. Salah satu bisnis online yang banyak dilakukan adalah berjualan dan membuka toko sendiri. Sistem online memang bisa menekan banyak biaya dan anggaran. Misalnya, penjual tidak harus mengeluarkan uang sewa untuk menggunakan bangunan. Smartphone adalah toko itu sendiri, yang bisa diisi dengan berbagai barang pilihan.

Banyak pilihan barang yang bisa dijual online dan laku dengan cepat. Salah satu di antaranya adalah pakaian. Minat konsumen terhadap pakaian selalu stabil dan cenderung menanjak. Kemudian, barang-barang kesenian seperti lukisan, hasil crafting, dan sebagainya juga laris di pasaran.  Bahkan banyak juga yang menjualkan jasa mereka secara online demi bisa memperoleh pendapatan.

Bisnis Dropshipper

Menjadi seorang dropshipper adalah peluang usaha 2022 yang bisa dilakukan di rumah. Dropshipping memungkinkan Anda untuk menjual barang-barang tertentu tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan barang kepada konsumen saja. Urusan barang dan pengiriman akan ditanggung oleh produsen. Namun, barang yang sampai ke konsumen nantinya akan dikirim atas nama Anda sendiri.

Bisnis yang satu ini nampaknya akan terus menjadi trend yang populer. Sebab, tidak banyak modal yang dikeluarkan sehingga cocok untuk berbagai kalangan. Karenanya, bisnis ini sering disebut sebagai bisnis tanpa modal yang menguntungkan.

Bisnis Kuliner

Kuliner adalah bisnis yang terus berkembang dan selalu ramai. Orang lebih banyak menghabiskan uang mereka untuk membeli makanan ketimbang membeli barang. Hal inilah yang harus dilihat sebagai ide bisnis yang menjanjikan.

Perkembangan bisnis kuliner semakin maju karena bantuan media sosial. Banyak produk makanan atau minuman yang mudah sekali viral di sosial media. Jika sudah viral, maka bukan pedagang yang mencari  konsumen, melainkan konsumen yang mencari pedagang. Oleh karenanya, bisnis kuliner seperti makanan dan minuman menjadi peluang usaha 2022 yang perlu dipertimbangkan.

Buka Thrift Store

Trend ide bisnis terbaru 2021-2022 selanjutnya adalah membuka toko barang bekas. Barang-barang thrift mulai populer sekitar dua tahun ke belakang. Barang yang umumnya dijual adalah pakaian seperti kaos, jaket, celana, dan sebagainya. Selain pakaian, penjualan mainan bekas pun cukup populer dan banyak diminati konsumen.

Peminat barang-barang thrift didominasi oleh kaum muda yang sangat menggemari fashion. Mereka rela datang lebih pagi hanya demi berebut barang thrift yang diinginkan. Antusiasme seperti inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai ide bisnis yang menguntungkan.

Membuka thrift store tidak memerlukan modal yang banyak.  Sebab, barang-barang bekas yang dibeli sudah mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Masalah lapak pun bisa dikondisikan karena lebih fleksibel. Anda bisa memanfaatkan pasar online dan media sosial untuk berjualan dan promosi.

Ternak Ikan

Peluang usaha 2022 lainnya yang patut dicoba adalah memulai ternak ikan. Awalnya bisnis ini kurang dilirik karena dianggap tidak punya prospek bagus. Padahal, fakta di lapangan mengatakan hal sebaliknya. Banyak peternak ikan yang berhasil memperoleh pundi-pundi rupiah saat masa panen. Jumlahnya keuntungannya bahkan bisa puluhan kali lipat dari modal awal.

Bisnis ternak ikan bisa dilakukan di rumah tanpa modal yang begitu besar. Anda hanya perlu modal untuk membeli benih, membeli pakan, serta untuk membuat kolam ikan. Hasil panennya dapat dinikmati setelah 6 bulanan bisnis dijalankan.

Konveksi

Ide bisnis rumahan yang terakhir adalah membuka usaha konveksi. Kebutuhan masyarakat akan produk-produk konveksi bisa dikatakan cukup tinggi. Permintaannya selalu ada setiap tahun sehingga  kestabilan bisnis Anda lebih terjaga. Jika ingin merintis bisnis ini, Anda memerlukan dana untuk membeli mesin jahit, membeli bahan, menyewa penjahit dan lain sebagainya.

Baca juga : 6 Contoh Bisnis yang Tidak Terkena Dampak Covid 19

Kendala saat menjalankan bisnis konveksi adalah kondisi pasar yang tidak menentu. Kebanyakan orang yang bergelut di bidang ini terlalu mengandalkan permintaan dari konsumen. Sehingga, saat permintaan tidak ada maka bisnis pun akan berhenti.

Solusi untuk masalah ini sebenarnya cukup banyak. Misalnya, memanfaatkan platform online untuk melakukan promosi. Dengan begini, maka kebutuhan akan konsumen dan produsen pun menjadi lebih seimbang.

Itulah 6 trend ide bisnis terbaru 2021-2022 yang bisa dilakukan di rumah. Semoga informatif dan bisa memberikan Anda ide untuk memulai bisnis.

 

Tags: trend ide bisnis terbaru 2021 trend ide bisnis terbaru 2021-2022 trend ide bisnis terbaru 2022

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar