Berapa Usia yang Ideal untuk Menjadi Wirausahawan Sukses?

Usia yang ideal untuk menjadi wirausahawan – Menjadi  pebisnis adalah impian bagi semua orang. Sayangnya menjadi pebisnis itu tidak mudah karena  ada beberapa risiko yang harus ditanggung, selain kerugian juga harus siap menanggung bangkrut terutama jika manajemen yang dimiliki tidak bagus. Dibutuhkan tips dan trik khusus supaya sesuai bisnis dengan yang diharapkan. Ternyata sukses atau tidaknya bisnis yang digeluti juga tergantung dengan usia saat menggelutinya, usia yang terlalu muda dan tua tidak bagus untuk bisnis. Lalu kapan usia yang ideal untuk menjadi wirausahawan? simak penjelasannya berikut ini:

Usia Pebisnis yang Ideal

Riset telah dilakukan untuk menemukan usia rata-rata pebisnis yang sukses dengan bisnis yang didirikannya.  Riset ini dipimpin oleh Profesor Pierre Azoulay yang mana membuat kesimpulan terhadap bisnis startup yang mana rata-rata dipimpin atau didominasi oleh kawula muda. Selain itu anak muda yang memiliki pengalaman dalam bidang industry berhubungan dengan startup yang didirikannya ini juga memiliki angka keberhasilan yang cukup besar pula. Setelah melihat beberapa fakta yang ditemukan di lapangan memang riset tersebut benar adanya dimana banyak startup yang sukses di Indonesia rata-rata didominasi oleh anak muda sebut saja Go-Jek dan Tiket.com.

Founder Go Jek

Founder Go Jek

Tidak hanya itu saja usia paruh baya pun mendominasi pebisnis yang sukses sebut saja Jack Ma, Jan Koum dan lain sebagainya. Mereka sukses dalam membangun perusahaan di saat usia mereka tidak lagi muda. Yang menyebabkan mereka sukses adalah karena banyaknya pengalaman yang mereka miliki. Dari riset yang dilakukan juga menemukan bukti bahwa belum ada pebisnis yang sukses di usia 20 tahun dimana mereka yang berusia paruh baya yang lebih dominan dalam mendulang sukses.  Bisnis yang dirintis oleh pebisnis paruh baya akan meningkat sesuai dengan pertambahan umurnya namun akan menurun saat usianya sudah menginjak 50 tahunan. Oleh sebab itu berbisnis sebelum tua dan di usia yang tidak terlalu muda sangat ideal untuk menciptakan kesuksesan.

Cara Sukses Merintis Bisnis di Usia 30 Tahun

bisnis di usia 30

Setelah tahu berapa usia yang ideal untuk memulai bisnis maka bisa disimpulkan bahwa usia 30 tahun menjadi usia yang tepat untuk merintis bisnis. Di usia ini ego sudah tidak besar lagi dan sudah matang untuk menghadapi risiko bisnis dengan kepala dingin. Pemikiran orang paruh baya pun berbeda dengan anak muda yang mana masih sering terburu-buru dalam menyimpulkan dan melaksanakan sesuatu. Selain itu bisnis lebih berisiko di usia 5 tahun pertama saat pendiriannya dimana risiko bangkrut dan gulung tikar lebih besar, sehingga di usia 30 tahun ini setidaknya masih ada 10 tahun lagi untuk bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih sukses. Jika bisnis gagal di 5 tahun pertama setidaknya masih ada 5 tahun selanjutnya untuk mengembangkannya supaya menjadi lebih baik lagi. Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merintis bisnis yang sukses di usia 30 tahunan:

  1. Jadikan kegagalan sebagai jalan kesuksesan

Jalan menuju kesuksesan tidak selalu mulus, sehingga ada aja hambatan yang harus dilalui pebisnis untuk meraih kesuksesan tersebut. Ada yang gagal kemudian bangkit lagi namun ada juga yang setelah gagal pebisnis tersebut terus meratapi kegagalannya. Pebisnis yang bisa bangkit kembali adalah mereka yang peka terhadap apa yang menyebabkan bisnis menjadi bangkrut dan mereka belajar pada kegagalan yang dialaminya. Mental pebisnis yang kuat akan bisa menghadapi berbagai macam risiko dan hambatan yang terjadi namun juga tidak mengulang kegagalan yang  pernah dilakukan.

  1. Tahu cara mengelola keuangan

Membicarakan usia yang ideal untuk menjadi wirausahawan ada beberapa perbedaan yang mencolok antara pebisnis yang sudah matang dengan yang berusia muda.  Pebisnis muda ada yang meningkatkan lifestylenya ketika dirasa bisnisnya sudah naik, sedangkan pebisnis yang usianya matang mereka tidak memiliki perubahan lifestyle yang drastis, jika bisnisnya ada keuntungan yang berlebih banyak digunakan untuk membangun aset bisnis. Hal inilah yang membuat pebisnis dengan usia di atas 30 tahun akan memiliki bisnis yang berkembang dan meningkat. Pada usia paruh baya yaitu usia 40 tahunan baru akan memetik hasil bisnis yang ditanamnya selama ini.

  1. Bisa bersosialisasi dengan baik

Yang membedakan pebisnis usia paruh baya dengan usia muda adalah bisa bersosialisasi dengan baik. Mereka paham jika untuk kesuksesan bisnisnya tidak akan lepas dari bantuan manusia lainnya. Mereka akan menjaga hubungan kemitraan atau relasi dengan rekan bisnisnya. Dengan memupuk sikap saling mempercayai satu sama lainnya sehingga hubungan bisnis akan selalu baik. Khusus untuk pebisnis muda banyak yang sering termakan dengan ego dimana jika ada keputusan mitranya yang tidak sesuai dengannya sehingga membuat hubungan yang dijalin selama ini renggang dan retak. Semakin bertambah usia banyak yang meyakini bahwa ego itu akan menghilang sedikit demi sedikit dan berubah menjadi rasa saling menghargai dan menghormati.

  1. Kritik yang membangun

Tips merintis bisnis supaya sukses di usia 30 tahun adalah kritikan yang membangun. Dibandingkan dengan pujian lebih dibutuhkan kritikan sehingga tahu apa yang kurang dari bisnis yang dijalani selama ini.

  1. Lebih fokus

Banyak pebisnis sukses yang mulai merintis bisnisnya di usia 30 tahun. Mereka fokus dengan apa yang ingin dilakukan. Sebelum tujuan dalam bisnisnya tercapai mereka tidak akan berhenti. Sikap kurang fokus akan membuat bisnis tidak seperti yang diharapkan. Contohnya adalah tujuan bisnis banyak yang belum tercapai namun berubah haluan atau mengubah tujuan dalam bisnis sehingga strategi dalam berbisnis pun harus diubah pula.

Usia yang ideal untuk menjadi wirausahawan tidak hanya sebatas angka saja, namun juga disertai dengan sikap positif-positif lainnya yang mana sangat dibutuhkan dalam berbisnis.

Загрузка...

Tags: rentan Usia yang ideal untuk menjadi wirausaha Usia yang ideal untuk menjadi wirausaha Usia yang ideal untuk menjadi wirausahawan

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Berapa Usia yang Ideal untuk Menjadi Wirausahawan Sukses?"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan