8 Tips Memulai Bisnis Kafe Kopi Agar Sukses dan Kaya

Tips memulai bisnis kafe kopi – Memulai bisnis kafe kopi saat ini memang cukup menjanjikan, apalagi jika Anda punya ide unik yang membuat kafe kopi Anda berbeda dari yang lainnya. Faktanya, saat ini kafe kopi bukan hanya dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda. Akan tetapi juga sebagai tempat untuk agenda rapat atau meeting, spot foto, co-working space dan fungsi lainnya.

Itulah mengapa kafe kopi yang banyak bermunculan saat ini terkesan lebih rapi, berkonsep dan terkesan sudah punya target pasar tersendiri. Nah, untuk Anda yang ingin memulai usaha kafe kopi, berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis kafe kopi yang harus Anda perhatikan:

Pastikan Anda Punya Pengetahuan Soal Kopi

Tips memulai bisnis kafe kopi yang pertama dan paling utama adalah Anda harus memiliki pengetahuan tentang kopi. Pengetahuan kopi ini tidak terbatas pada jenis kopi saja, akan tetapi juga teknik pengolahan, penyimpanan, cara memilih biji kopi yang berkualitas dan sebagainya.

Sekuat apapun kafe kopi Anda jika hidangan utama kopi yang Anda tawarkan tidak enak maka sudah pasti orang enggan datang ke kafe Anda. Sebelum memulai bisnis ini ada baiknya Anda mencari referensi sebanyak mungkin tentang kopi dan juga penyuplai bahan baku kopi tersebut. Jika perlu lakukan testing rasa pada setiap jenis kopi, agar Anda punya gambaran tentang kopi mana saja yang cocok masuk dalam daftar menu kafe Anda.

Buat Konsep kafe Anda Sematang Mungkin

Ada banyak kafe kopi unik di luar sana,karenanya Anda juga harus jeli dalam menentukan konsep untuk kafe Anda. Tentukan apakah kafe Anda akan menggunakan konsep rumahan, modern atau yang lainnya. Tentukan juga bagaimana kafe Anda akan beroperasi. Apakah dengan sistem self service, ramah lingkungan dan sebagainya.

Konsep ini tentu berkaitan dengan target pasar Anda. Misalnya saja Anda menyasar target orang kantoran, maka buatlah konsep kafe kopi yang simpel tapi punya fasilitas dan menu yang cukup lengkap.

Pentingnya Rencana Bisnis

Tips memulai bisnis kafe kopi yang juga tak kalah penting adalah membuat rencana bisnis. Rencana bisnis ini mencakup semua hal mengenai bisnis Anda. Mulai dari bangunan, konsep kafe, detail produksi, operasional, target pasar, pemasaran dan lain sebagainya. Ibarat membangun rumah, maka rencana bisnis ini adalah pondasinya. Untuk itu Anda harus memikirkan dengan baik dan matang agar bisnis kafe kopi Anda dapat berjalan sesuai harapan dan target Anda.

Untuk merancang sebuah rencana bisnis kafe kopi, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan notaris. Karena tentunya ke depan Anda akan berurusan dengan hukum. Mulai dari urusan kontrak bangunan, kontrak karyawan, kontrak dengan penyuplai, pajak, dan sebagainya.

Membuat Desain Kafe Kopi

Menentukan desain untuk kafe kopi Anda juga merupakan salah satu tips memulai bisnis cafe kopi agar bisa sukses. Mengapa? Karena desain akan sangat berkaitan dengan tampilan, dimana ini akan menjadi daya tarik pertama kali bagi para calon konsumen.

Faktanya memang saat ini banyak orang yang memilih untuk mendatangi sebuah kafe kopi atau coffee shop karena memiliki konsep desain yang apik, unik dan menarik. Baru setelah itu mereka akan memutuskan untuk berlangganan atau tidak setelah mereka mencicipi menu yang Anda Hidangkan.

Tentu akan jadi perpaduan yang lengkap, jika Anda bisa menawarkan desain yang menarik didukung menu makanan dan minuman yang enak dan harga pun bersahabat.

Menyusun Menu untuk Kafe Kopi Anda

Apakah menurut Anda menyusun daftar menu adalah sesuatu yang mudah? Tentu saja tidak. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat menyusun menu dan juga harga. Misalnya mengenai harga bahan baku, ketersediaan bahan baku, pengolahan, tenaga yang mengolah dan sebagainya.

Belum Lagi Anda juga harus mempertimbangkan, apakah menu yang akan Anda sajikan adalah menu makan ringan saja, makanan berat, makanan Asia, Eropa atau ada menu khusus lainnya. Ha; ini membutuhkan pertimbangan yang panjang dan matang. Jangan sampai Anda asal dalam menyusun menu dan harga, sehingga nantinya justru membuat Anda rugi atau bahkan membuat pengunjung kecewa.

Anda Mungkin Membutuhkan Akuntan Handal

Ddalammenjalankans uatu bisnis Anda tentu butuh seseorang yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan baik. Hal ini supaya arus kas yang masuk dan keluar bisa terlaporkan dengan benar dan detail. Segala hal yang berkaitan dengan keuangan bisnis sifatnya adalah sangat krusial, sehingga harus dikerjakan oleh orang yang memang sudah handal dan berpengalaman.

Untuk itulah, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan tenaga akuntan handal untuk mengelola keuangan kafe kopi Anda. Jika Anda belum bisa membayarnya secara full, maka Anda bisa mencoba merekrut tenaga freelance.

Buat Ciri Khas 

Tips memulai bisnis kafe kopi yang selanjutnya adalah cobalah untuk membuat ciri khas pada kafe Anda. Sebagai contoh sederhananya,misalnya saja Anda ingin menyasar target mahasiswa sebagai calon konsumen Anda. Maka buatlah sebuah konsep kafe yang bisa memberikan kenyamanan pada mahasiswa.

Misalnya saja dengan memberikan fasilitas free wifi, stop kontak di setiap meja, pojok buku, music live, area instagramable, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Online yang Menguntungkan dari Nol

Ciri khas juga bisa dibangun dengan memasukkan beberapa signature menu di kafe Anda, dimana menu ini hanya bisa ditemukan di kafe anda dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Rekrutlah Pekerja yang Tepat

Tips memulai bisnis kafe kopi yang terakhir adalah rekrutlah pekerja atau karyawan yang tepat. Setidaknya pilihlah pekerja yang jujur, mau belajar, siap menerima tantangan pekerjaan dan juga memiliki sikap yang baik. Akan lebih baik bagi Anda menerima karyawan yang mau terus belajar dan memiliki attitude yang baik meski skillnya masih kurang.

Itulah beberapa tips memulai bisnis kafe kopi yang harus Anda perhatikan saat akan merintis bisnis kafe, semoga bermanfaat.

 

Tags: cara memulai bisnis kafe kopi memulai bisnis kafe kopi Tips memulai bisnis kafe kopi -

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar