5 Peluang Usaha Lulusan TKJ yang Menjanjikan

Peluang usaha lulusan TKJ – Lulusan Teknik Komputer Jaringan atau yang dikenal dengan istilah TKJ diharapkan bisa membuka usaha atau bisnis untuk masyarakat dan orang banyak. TKJ ini tidak hanya ada di SMK namun juga ada di Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi yang memiliki fakultas yang berhubungan dengan IT memiliki jurusan satu ini. Peluang untuk berkerja khusus lulusan TKJ memang banyak, namun alangkah baiknya jika lulusan TKJ ini membuka usaha atau lowongan kerja untuk yang lainnya karena prospeknya yang bagus dan masih terbuka dengan lebar. Dengan membuka usaha jumlah pengangguran menjadi lebih sedikit sehingga hal tersebut tidak hanya membantu perekonomian diri sendiri namun juga membantu perekonomian orang lain. Bagi Anda yang lulusan TKJ dan ingin membuka usaha, simak beberapa peluang usaha lulusan TKJ yang bisa digeluti berikut ini:

Toko Komputer

Toko Komputer

Toko Komputer

Saat belajar di bangku kuliah atau sekolah, mahasiswa atau pelajar TKJ ini banyak berhubungan dengan hardware maupun software komputer. Oleh sebab itu peluang usaha yang bisa didirikannya adalah membuka toko komputer. Toko komputer ini tidak menjual netbook maupun notebook, namun lebih ke perangkatnya. Sehingga jika ada yang membutuhkan hardware tersebut mereka akan datang ke toko Anda. Dengan membuka toko komputer Anda bisa merekrut dua orang karyawan yaitu bagian cashier atau keuangan dan yang melayani pembeli. Usaha di awal tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan terlebih dahulu, lihat bagaimana prospeknya sebab jika toko tidak berjalan sesuai dengan harapan justru keuntungan hanya digunakan untuk membayar gaji karyawan. Berikut ini adalah tips membuka toko hardware komputer supaya laris manis:

1. Pastikan Tempat yang Strategis

Untuk bisa menggeluti peluang usaha satu ini Anda bisa memilih tempat yang strategis. Tempat yang strategis akan memudahkan konsumen untuk menjangkau toko Anda. Toko yang keberadaannya di dekat kampus atau sekolah IT lebih disarankan sebab ada pelajar atau mahasiswa yang disuruh untuk membawa hardware tertentu untuk digunakan sebagai praktik.

2. Lakukan Promosi

Toko yang baru didirikan tidak akan dikenal oleh masyarakat jika tidak melakukan promosi. Promosi ini penting untuk mengenalkan bisnis atau toko yang Anda buka kepada masyarakat. Strategi promosi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan potongan atau diskon kepada pembeli yang ikut meramaikan grand opening atau peluncuran toko Anda tersebut. Dalam acara grand opening jangan lupa untuk memberikan katalog harga yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat jika nantinya mereka akan membeli di toko Anda.

3. Berikan Harga Kompetitif

Harga sangat diperhatikan oleh masyarakat. Banyak yang ingin mendapatkan produk bagus namun harganya miring. Oleh sebab itu memberikan harga yang kompetitif untuk produk akan membuat masyarakat kembali lagi untuk datang ke toko Anda. Anda dikatakan sukses membuka toko komputer jika berhasil mengubah pembeli menjadi pelanggan.

4. Pentingnya Skill

Anda harus memiliki skill yang bagus dalam TKJ, hal itu dikarenakan jika ada pembeli yang mengeluhkan kendala komputernya Anda bisa memberikan solusi hardware apa yang sebaiknya diganti. Tidak jarang ada pembeli yang ingin memperbaiki komputer mereka sendiri dengan membeli hardware yang diperlukan. Oleh sebab itu skill dan pengetahuan Anda tentang hardware sangat diperlukan di sini.

Service Komputer

Service Komputer

Service Komputer

Peluang usaha lulusan TKJ yang bisa digeluti selanjutnya adalah dengan membuka service komputer. Semakin banyak pengalaman yang didapatkan dari kegiatan menyervis komputer tersebut maka akan berkembang ilmu yang dimiliki. Untuk membuka jasa servis komuter ini tidak perlu mendirikan toko fisik, cukup dengan datang ke kampus dan menawarkan jasa Anda tersebut kepada mahasiswa yang sedang kuliah. Jangan lupa untuk memberikan kartu nama Anda kepada mahasiswa yang ada di kampus tersebut supaya jika sewaktu-waktu membutuhkan jasa Anda bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia.

Les Perbaikan Komputer

Les Perbaikan Komputer

Les Perbaikan Komputer

Usaha yang cocok untuk lulusan TKJ yang bisa digeluti adalah les memperbaiki komputer. Banyak yang membutuhkan les ini. Les ini berhubungan dengan bagaimana cara membenarkan komputer yang mengalami kerusakan. Banyak masyarakat yang tertarik dengan kursus atau les ini karena nantinya sehabis mengikuti kursus dia bisa membuka bisnis service komputer yang bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan untuknya.

Penginstalan Sistem Operasi

Penginstalan Sistem Operasi

Penginstalan Sistem Operasi

Peluang usaha yang bisa dilakukan adalah dengan membuka jasa penginstalan sistem operasi. Masih banyak orang awam yang belum bisa menginstal sistem operasi tersebut sehingga masih banyak yang membutuhkan jasa ini. Sekali penginstalan jasa ini di banderol dengan biaya mulai dari 50 ribu rupiah. Anda bisa kalikan sendiri biaya tersebut dengan jumlah orang yang menggunakan jasa instalasi Anda. Semakin banyak yang menggunakan jasa ini, maka semakin banyak penghasilan yang didapatkan.

Flash Smartphone

Jasa Flash Smartphone

Jasa Flash Smartphone

Bisnis bagi lulusan TKJ yang bisa dilakukan adalah dengan membuka flash Smartphone. Untuk jasa ini di banderol dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah. Flash ini menjadi solusi bagi Smartphone yang error namun tidak tahu dimana letak kesalahannya. Memang Smartphone tersebut bisa dikembalikan ke pengaturan awal, namun hasilnya tidak akan semaksimal jika di flashkan.

 

Demikianlah beberapa peluang usaha lulusan TKJ yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

peluang usaha jurusan tkj -pekerjaan yang cocok untuk lulusan tkj -peluang usaha tkj -peluang usaha untuk anak tkj -https://carainvestasibisnis com/5-peluang-usaha-lulusan-tkj-yang-menjanjikan/ -peluang usaha di bidang tkj -contoh peluang usaha di bidang tkj -contoh Usaha Tkj -Pekerjaan yang cocok untuk jurusan tkj -Contoh jasa tkj -

Tags: Peluang usaha lulusan TKJ Peluang usaha lulusan TKJ 2018 Peluang usaha lulusan TKJ terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Peluang Usaha Lulusan TKJ yang Menjanjikan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan